Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Beberapa Analisa dan Cara Mendapatkan TIket Kereta Api Mudik Lebaran 2013

mastodoxAvatar border
TS
mastodox
Beberapa Analisa dan Cara Mendapatkan TIket Kereta Api Mudik Lebaran 2013
Prakata

Melihat banyaknya pemudik yg memanfaatkan kaskus ini buat jual beli tiket khususnya kereta, ane merasa terpanggil utk berbagi sedikit info hasil pengalaman ane dalam berkeretaapi selama ini.

Contoh kasus:

Satu tiket mudik lebaran dijual di fjb kaskus seharga 250rb. Di tiket tertera harga 200rb. Kata penjualnya memang dilebihin karena ongkos antri, macet dsb. Lalu penjual menjanjikan akan dipinjami KTP cowok sesuai nama penumpang yg tertera di tiket, ini artinya yg beli (calon penumpang) pun harus cowok juga.

Analisa ane:

Dari sisi penjual, sangat diuntungkan. Situasi mudik membuat orang rela membayar dgn harga berapapun asal bisa pulang. Keuntungan bagi penjual secara nominal pun sangat jelas. Dari kasus diatas, margin sebesar 50rb, plus terhindar dari kerugian kalo dibatalkan (25% dari 200rb yaitu 50rb) Ini artinya penjual malah untung 100rb. Apa gk kayak calo ini?

Namun resiko terlalu besar bagi pembeli. Mungkin pembeli sudah gk ngitung lg dari sisi nominal. Dia akan rela bayar 250rb dan dipinjami KTP. Dia pikir masalah selesai. Tapi?

Bagi yg berpengalaman, ane kira gk mau cara sperti ini. PT KAI skrg jauh lebih ketat. Resiko terburuk adalah gk boleh masuk peron jika ketahuan ktp pinjaman. Mungkin memang bisa lolos, tapi itu hanya cerita2 yg setelah reformasi PT KAI ini blum dibuktikan baik ane sendiri maupun temen2 ane komunitas pemudik mingguan (tiap seminggu sekali JKT-Solo/jogja). Kan bisa tuh di"suap". Ane juga gk tau gan klo skrg. Tp klo mau coba ya silakan, nanti dibagi pengalaman disini.

Ada juga yg tetep beli, tapi di "balik nama". Cara ini lebih manusiawi, resikonya jadi minim. No matter mau cowok apa cewek gk masalah jadinya. Walopun pastinya masih kena biaya administrasi pembatalan sebesar 25% dari harga tiket.

Itung2an rupiahnya jadi begini gan:
harga beli 250rb dikasih ke penjual,
50rb (25% selisih pembatalan) bayar ke PT KAI karna ganti nama penumpang.
Jadinya 300rb.

Jika nilai ini tak jadi masalah buat pembeli, berarti masalah selesai, agan bisa pulang dgn nyaman. Semua suka. Pembeli untung 100rb, PT KAI dpt tambahan 50rb, agan pun bisa pulang nyaman. Buat seller pun KTP bs langsung dikembalikan setelah pengurusan balik nama di stasiun. Maka dari itu ajak COD di stasiun buat transaksinya.

Self Opinion

Yang paling bijak (menurut ane) seperti ini gan:
Prinsipnya berbagi keuntungan. Apalagi ngakunya bukan calo. Seharusnya tuh penjual cuma dpt 150rb kalo tiket itu gk laku lalu dia batalkan. Malah ruginya bisa 200rb hangus klo dia gk sempet mbatalkan ke stasiun, soalnya antrinya ndubilahi gan apalagi menjelang lebaran bgini. Pernah ane liat gara2 antri di loket pembatalan, dia kehabisan waktu, kata mbak CS nya maksimal satu jam sebelum kereta berangkat, padahal baru kelewat 5 menit, itu pun gara2 antri. Si embak jg gitu bgt sih (batin ane). Protesnya gk dilayani. Aplikasi gk mendukung pembatalan karna kelewat waktu katanya.

Nah, dari situ pembeli bisa nego harga gan, soalnya dia harus balik nama lagi dgn biaya 25% nya (50rb). Misal dgn harga 175rb, sebenarnya sudah untung tuh penjual. Untung gk jadi hangus dan masih dpt 25rb. Pembeli pun diuntungkan seharunya 250rb cuma bayar 225rb.. ato harga yg lain silakan diitung sendiri asal cocok. Yg penting perhitungkan juga sebesar 25% dari harga tiket untuk biaya ganti nama. (prinsip ganti nama sama dengan pembatalan).

Buat seller dont be angry, lepas dari ini semua, masalah harga adalah murni hak penjual emoticon-Big Grin peace!!!

CARA ANE:

Nih kasus real. Jauh hari sudah ter rencanakan klo tanggal 2 agustus ini ane mau mudik. ane pesen tiket sudah sejak JUNI 2013. buktinya di pic gan.

Spoiler for pic:


Namun rasanya waktu pulang terlalu malam. jam 20:20. Prinsip ane sih yg penting murah dan sampai rumah paling cepet. Pada saat itu (JUNI) tiket yg tersedia tinggal yg itu gan, ekonomi gk cocok jam nya, bisnis habis. Wadepak bgt lah, masih 3 bulan udah habis. Jd y sudah, yg penting dpt tiket dulu.

Nah kemarin 1 agustus, iseng2 ane cari lagi jadwal pada tgl itu (2 agustus). Ada 3 alternatif yg lebih cepat. (jadwal ini muncul hanya pada saat lebaran) yaitu
- BIMA jam 17.00
- Matarmaja lebaran jam 17.15 ato
- Argo Sindoro (via semarang) jam 16.45.
Cabut absen dari kantor jam 16.30 lari ke gambir (jarak 1km) ato ke Senen (1km juga) masih keburu.

Yang ane lakukan adalah cuman mantengin aplikasi pesen tiket aja gan. ane refresh secara berkala. Hasilnya hanya itungan se jam aja ane dapet yg Argo Sindoro. Iseng2 lagi ane refresh lagi, beberapa menit dapet lg Argo Sindoro lagi dengan kursi yg lebih tengah (10A). Dengan kecepatan jempol ane (HP ini gan), ke booked tuh sama ane. Walopun akhirnya gk ane bayar (jarak satu jam otomatis lepas dari bookingan klo gk dibayar).

Spoiler for bukti pemesanan sudah expired:


Ini belum yg jurusan lain, yg ke solo ane liat ada tuh BENGAWAN, MATARMaja reguler, dan bnyk lainnya yg available 1 ato 2 kursi gantian bermunculan. Iseng jurusan Jogja pun demikian, Fajar, bogowonto dll. Trus klo di refresh lagi ilang lagi (udah diambil orang). Beberapa menit kemudian muncul lagi Argo Lawu (klo yg ini udah punya). dan seterusnya.

Ini juga skrincrot yg pagi ini

Spoiler for kosong:


ARTINYA:::

Agan hanya butuh kesabaran untuk dapat tiket resmi dengan jam pulang yg diinginkan, tentuanya asal tau caranya. Juga kecepatan responsibility dibutuhkan emoticon-Big Grin.

Mendekati hari keberangkatan, banyak tiket yg di cancel gan. Tapi banyak jg yg sudah menunggu untuk merebut jatah itu. Makanya harus sabar refresh dan cepet booking nya saat ada yg available. Agan bisa juga sih dateng ke stasiun trus tanyai satu2 yg antri pembatalan, siapa tau ada jurusan yg sesuai. Tinggal diajak tukar nama aja. Itu teorinya. Prakteknya agan harus ngalamin sendiri. Kalo ane sih pernah liat orang2 kyk gitu, nanya2 jurusan mana. Klo cocok mau diambil. Itu kalo agan ada waktu dan sempet ke stasiun (Gambir).

Kalo tidak? pake cara online.

Kalo pake browser, agan bisa kunjungi:
1. tiket.kereta-api.co.id
2. tiket.com
3. paditrain.com

Ato kalo pake aplikasi, paditrain namanya, aplikasi ini gratis, dan bisa utk platform Android, iOS, BB OS dan WIndows Phone.
Mengenai cara pemakaian, agan pelajari sendiri aja, gampang. DOnt ask about it.

Keunggulan n ketidakunggulan:

1. situs KAI plus 7,5rb, bisa pilih kursi tapi gk tau sisa berapa kursi. Gak bisa utk kereta ekonomi.
2. tiket.complus 10rb an tergantung alat bayarnya, klo browsing nya pake indosat malah dpt potongan (promo indosat). bisa lihat berapa yg available dan bs pilih kursi.
3. paditrain 7,5rb bisa lihat berapa yg available dan bs pilih kursi. Klo bayar pakai XL-tunai dapet potongan 50rb perhari utk satu transaksi diatas 60rb (s.d. akhir agustus)
4. Indomaret plus 6ribu. GAK bisa pilih kursi, bisa lihat sisa kursi
5. Alfamart plus 6ribu. GAK bisa pilih kursi, bisa lihat sisa kursi
6. Datang langsung ke Gambir. bebas biaya, kecuali perjalanan n macet emoticon-Stick Out Tongue dan jg jelas ngantri.

Lainnya blum coba.

Ingat gan, batas waktu pemesanan online maksimal 7 jam sebelum jam berangkat. Dan batas penukaran tiket maks 1 jam sebelum jam berangkat. Kalo sudah dibawah 7 jam, lari aja ke Gambir dah...

Cara online ini powered by: speed internet, speed jari2 ente dan luck. Maka dari itu jangan lupa disertai DOA. Niatkan buat silaturahmi lebaran mengunjungi sanak famili emoticon-Big Grin
*halah

Semoga membantu. Happy Hunting...
Salam Kereta Api!!!

Bonus:
Spoiler for bonus:


Quote:


Diubah oleh mastodox 02-08-2013 07:45
0
14.3K
46
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.