Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BYAKAvatar border
TS
BYAK
Begini Perbedaan Airsoftgun dan Airgun
Jakarta - Beberapa aksi penembakan misterius marak terjadi di Jakarta. Baru-baru ini rumah mewah seorang perwira pertama Polri Andreas Tulam di Cipondoh, Tangerang, ditembaki orang tidak dikenal.

Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikhwanto menduga pelaku menggunakan senjata air soft gun.

Direktur Keamanan Negara (Kamnag) Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri, Brigjen Pol Setyo Wasisto menerangkan, perbedaan dua jenis senjata tersebut. Meski salah satunya, air soft gun (senjata angin berdaya rendah), masuk dalam golongan senjata mainan berskala 1:1 dengan senjata asli.

Perbedaan tersebut terdapat dalam teknis kerja dua senjata tersebut. Bila air soft gun memiliki tekanan angin lebih rendah, 0,5 sampai 1,5 joule sementara air gun (senjata angin tekanan tinggi) memiliki tekanan dua kali dari air soft gun, yaitu mencapai 3-5 joule. Dan bisa lebih tinggi lagi tekanannya bila dimodifikasi.

Selain itu, peluru yang digunakan kedua jenis senjata itu berbeda. Air soft gun menggunakan peluru plastik bulat dengan bobot 0,4 sampai 0,4 gram. Sedangkan air gun menggunakan peluru timah bulat atau biasa disebut gotri dengan bobot 1 sampai 1,5 gram.

"Air gun ini bisa memecahkan kaca, triplek, serta membahayakan kalau disasar ke tubuh seseorang walaupun jaraknya mencapai 6 meter," kata Setyo saat ditemui di ruang kerjanya, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (13/8/2013).

"Air gun dilarang, karena ini mematikan," imbuhnya.

Secara regulasi, aparat tegas melarang penggunaan air gun tersebut., selain karena bentuk dan bobot menyerupai senjata api sesungguhnya.

Regulasi ini diatur di dalam Undang-undang tentang Senjata Api tahun 1936 dan diturunkan dalam Undang-undang 12/Darurat/1951 tentang senjata api, yang berbunyi benda menyerupai senjata dan digunakan untuk mengancam termasuk ke dalam golongan senjata api.

Adapun air gun diperkenankan hanya untuk mereka yang tergabung dalam klab menembak. Namun itu pun hanya sebatas air gun untuk keperluan atlet dan perburuan.

Lalu apakah air soft gun bisa terkena pelanggaran undang-undang?

Selama ini pihak kepolisian belum memiliki landasan hukum tegas terkait penggunaan air soft gun. Mereka dapat dijerat pelanggaran ketika senjata tersebut digunakan untuk mengancam ataupun tertangkap tangan membawa air soft gun tanpa kejelasan.

Di Amerika, meski air soft gun dijual bebas, namun terdapat ciri khusus yang menandakan bila senjata dengan skala sama dengan senjata asli itu adalah mainan. Mereka menggunakan orangetip (benda orange yang diletakan di moncong senjata) untuk membedakan senjata yang dipegang tersebut adalah mainan.

"Kalau tidak ada itu (orangetip), polisi berhak menembak untuk melakukan Pembelaan diri bila sewaktu-waktu senjata itu diarahkan dan mengancam," tuturnya.

Sumber: [url]http://news.detik..com/read/2013/08/13/175423/2328841/10/begini-perbedaan-air-soft-gun-dan-air-gun[/url]

Setelah baca ini... jangan samain lagi Airgun dan Airsoftgun ya gan....
kalo ada yg berkenan bagi emoticon-Blue Guy Cendol (L) ane ucap terima kasih....
Diubah oleh BYAK 15-08-2013 04:59
0
21.7K
57
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.