Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ganzo20Avatar border
TS
ganzo20
Siomay Ternyata Berasal Dari Suku Mongolia?


DREAMERSRADIO.COM - Siomay menjadi salah satu makanan favorite yang paling umum di berbagai negara. Terutama di negara Asia, kaya akan beragam jenis somay. Di Cina, somay merupakan salah satu jenis dimsum dengan nama shaomai.Di Indonesia sendiri siomay dikenal sebagai makanan khas daerah bandung yang dimakan dengan bumbu kacang dan ditambah dengan sayur rebus seperti kol, kentang ataupun tahu.

Faktanya, siomay pertama kali dibuat dan dikonsumsi oleh bangsa mongol. Suku Mongolia mempunyai jenis siomay yang paling tua. Jenis somay tersebut bernama Huhhot Shaomai. Siomay telah menjadi makanan khas turun temurun bangsa Mongolia. Pada awalnya siomay dibuat dari bahan daging babi cincang yang dicampur dengan bahan bawang merah dan jahe, kemudian dibungkus dengan kulit yang terbuat dari tepung.

Suku Mongolia dalam telah mengkonsumsi siomay jauh sebelum bangsa China mempopulerkannya. Jenis huhhot shaomai ini bentuknya sangat unik dibungkus dengan sejenis kulit pangsit yang amat tipis dan bagian atasnya dibentuk seperti kelopak dengan cara diikat. Bangsa Mongolia sendiri mempunyai tradisi yang khas dalam menyajikannya.

Siomay biasanya disajikan di sebuah pan atau piring besar bernama Liang, sebanyak 8 buah. Bisa dinikmati dalam bentuk goreng atau kukus. Kalau siomay khas bandung disajikan bersama bumbu kacang berserta saos dan kecap manis, Huhhot shaomai sendiri disajikan dengan cuka asam dan ditemani dengan secangkir teh hangat.

Sekarang siomay telah bertransformasi kedalam beragam jenis bahan dasarnya serta bentuknya. Ada yang berbahan ikan tenggiri, ayam, udang ataupun kepiting. Nah, Dreamers kalau kamu sendiri suka siomay jenis apa nih?

Spoiler for Pic bikin laper:


Spoiler for Pic bikin laper:


Spoiler for Pic bikin laper:


Spoiler for Pic bikin laper:


Spoiler for Pic bikin laper:


Sumber

salah satu makanan favorit ane nih emoticon-Genit


Spoiler for Komeng dari kaskuser:


Spoiler for Kalo berkenan:


Spoiler for Monggo mampir dithread ane yang lain gan:


Tolong bantu agan ini, isi Quisioner untuk SKIPSI ( NO JEBMEN !!! )
Diubah oleh ganzo20 12-08-2013 10:13
0
14.8K
226
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.