Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ichigocoolAvatar border
TS
ichigocool
Banjir Ancam Jakarta pada Idul Fitri
Banjir Ancam Jakarta pada Lebaran Besok
07 Agustus 2013 21:40 WIB

Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat.


REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Hujan yang mengguyur wilayah Puncak, Bogor, Jawa Barat, pada malam takbiran atau Rabu (7/8) membuat ketinggian air permukaan Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa, Bogor, meningkat menjadi 70 sentimeter.
"Air baru datang pukul 19.30 WIB, dan ketinggiannya 70 sentimeter," kata Kepala Pelaksana harian Bendung Katulampa Andi Sudirman.
Hujan turun mengguyur kawasan Puncak mulai pukul 16.30 WIB dengan intensitas sedang. Hujan merata turun di kawasan Puncak dan berlangsung hingga pukul 19.40 WIB.
Selain di Puncak, hujan juga mengguyur wilayah Kota Bogor, dan hingga lepas magrib hujan masih membasahi kota. "Situasi saat ini di Puncak sudah reda, tapi masih gerimis. Kemungkinan air bertahan tidak ada kenaikan," kata Andi.
Andi mengatakan, kenaikan permukaan air diBendung Katulampa telah diinformasikan ke Pemerintah DKI Jakarta, petugas pintu air Depok dan Manggarai. Diperkirakan air akan tiba di Jakarta Kamis (8/8) pagi dini hari. Sehingga masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung harus mewaspadai datangnya air.
Bendung Katulampa terletak di Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor. Bendung yang dibangun sekitar 100 tahun lalu oleh pemerintah penjajah Belanda ini, menjadi 'alarm' peringatan bagi warga di hilir Sungai Ciliwung akan adanya kenaikan permukaan air. Ketinggian air di Bendung Katulampa menjadi indikator banjir di wilayah hilir Sungai Ciliwung.

Red:Karta Raharja Ucu


Sumber: http://m.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/13/08/07/mr60qz-banjir-ancam-jakarta-pada-lebaran-besok

Bogor-Depok Hujan, Jakarta Siaga Banjir Tengah Malam
Rabu, 7 Agustus 2013 | 19:09WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Hujan deras mengguyur wilayah Jakarta, Bogor, dan Depok, Rabu (7/8/2013) petang. Kondisi tersebut menyebabkan peningkatan debit air di sejumlah pintu air Sungai Ciliwung, Pintu Air Katulampa, Bogor, dan Depok. Peningkatan debit air tersebut diprediksi menyebabkan banjir di Jakarta pada tengah malam nanti.
Petugas penjaga kontrol pintu air Manggarai, Heri, mengatakan, debit air di Katulampa, Bogor, pada pukul 17.00 meningkat menjadi setinggi 60 cm dengan status Siaga IV dan masih terjadi hujan lebat. Adapun di pintu air Depok, ketinggian air sudah mencapai titik 200 cm dengan status Siaga III pada kondisi hujan lebat.
"Sekitar enam jam lagi air akan mengalami peningkatan. Kemungkinan wilayah Jakarta yang akan banjir seperti di wilayah Kampung Melayu, Kampung Pulo," kata Heri saat dihubungi Kompas.com, Rabu malam.
Heri mengatakan, saat ini kondisi permukaan air di Pintu Air Manggarai masih berada pada titik normal dengan ketinggian 680 cm. Dengan prediksi kedatangan air enam jam lagi, dia mengatakan permukaan air di sana akan mencapai ketinggian 750 cm atau berada pada status siaga III. Wilayah yang diperkirakan terkena dampak banjir adalah Kampung Pulo dan Kampung Melayu di Jakarta Timur. "Kita akan pantau terus ini dari ruangan," ujar Heri.
Sementara itu, akun twitter @TMCPoldaMetro menyebutkan, sebagian wilayah DKI Jakarta telah diguyur hujan. Pengendara kendaraan diimbau untuk berhati-hati dengan jarak pandang terbatas dan bahaya reklame serta pohon tumbang.

Penulis: Robertus Belarminus

Editor: Laksono Hari Wiwoho

sumber: http://megapolitan.kompas.com/read/2013/08/07/1909265/Bogor-Depok.Hujan.Jakarta.Siaga.Banjir.Tengah.Malam
emoticon-Mewek sumpah baru kali ini ane ngerasain kebanjiran di malam takbiran & idul fitri ini (Ane tinggal di bantaran kali ciliwung/Kampung Pulo gan emoticon-Malu)
Diubah oleh ichigocool 07-08-2013 21:16
0
2K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.