Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

alfryanotAvatar border
TS
alfryanot
Semangka Cegah Penyakit Jantung!
Assalamualaikum gan
Ane hanya sekedar membagi info tentang semangka dan khasiatnya
Semoga aja gak repost emoticon-Sorry



Semangka ternyata baik bagi kesehatan jantung dan berat badan Anda. Para ilmuwan yang memberikan makanan tinggi lemak pada tikus menemukan akumulasi low-density lipoprotein (LDL) yang membentuk kolesterol yang penyumbat arteri dan penyebab penyakit jantung turun separuh dengan teratur makan semangka. emoticon-Matabelo

Spoiler for Segarr:


Peneliti dari Universitas Purdue di Amerika Serikat juga menemukan bahwa teratur makan semangka membantu Anda mengontrol berat badan dan menurunkan timbunan lemak dalam pembuluh darah, seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (4/10). Para peneliti percaya bahwa rahasia semangka meningkatkan kesehatan terletak pada sifat citrulline, bahan kimia yang ditemukan dalam jus semangka.

Penelitian sebelumnya berpendapat citrulline berperan mencegah penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah.

Memang penelitian terbaru ini tidak menemukan efek yang signifikan pada tekanan darah. Meski begitu, studi mengungkapkan semangka memiliki dampak yang kuat pada faktor risiko penyakit jantung lainnya.

Penyakit jantung adalah pembunuh terbesar di Inggris. Sekitar 270.000 orang per tahun menderita serangan jantung dan hampir satu dari tiga tewas sebelum mencapai rumah sakit.

Di Indonesia, data Kemenkes Riskesdas 2007 menunjukkan penyakit jantung adalah pembunuh nomor dua, setelah stroke, yang kemudian diikuti oleh hipertensi.

Menyantap makanan berlemak, kurang olah raga, dan merokok adalah faktor-faktor risiko utama penyakit jantung. Dan, kolesterol adalah sejenis lemak yang diproduksi oleh hati yang sangat penting untuk membantu tubuh memproduksi hormon, menyerap vitamin D, dan membuat empedu mencerna makanan. Lemak dalam itu diangkut dalam “kurir” kecil yang disebut lipoprotein.

LDL membawa kolesterol dari hati dan membuangnya ke dalam pembuluh darah utama sehingga dapat menyebabkan penyumbatan yang mengancam jiwa. Sedangkan, High-density lipoprotein atau HDL bertugas mengangkut kolesterol dari hati kemudian membuangnya.

Diperkirakan sebanyak 20 persen pasien dengan kadar LDL berlebihan diklasifikasikan sebagai tahan terhadap statins, obat yang diminum sekitar tujuh juta orang di Inggris untuk mengontrol kolesterol. Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Nutritional Biochemistry, menunjukkan jus semangka dapat membantu mengikis LDL tadi.

Di laboratorium, para peneliti membagi dua kelompok tikus. Satunya diberi diet tinggi lemak tapi diberi air putuh dan yang lain diberi jus semangka.

Beberapa bulan kemudian di akhir percobaan, peneliti menemukan tikus yang diberi jus semangka mengalami penurunan LDL hingga 50 persen dibandingkan yang minum air. Berat badan tikus yang minum jus semangka juga berkurang rata-rata 30 persen, tetapi tekanan darah mereka tidak berbeda.


Spoiler for Segarr:

Spoiler for Segarr:


"Kami tidak melihat penurunan tekanan darah. Tapi perubahan yang lain menjanjikan,” kata pemimpin riset Dr. Shubin Saha. "Kita tahu bahwa semangka baik untuk kesehatan karena mengandung citrulline. Kita belum tahu berapa persis tingkat molekuler yang bisa bekerja dan itu menjadi langkah berikutnya."

Beberapa studi menunjukkan bahan kimia penting itu juga meproduksi oksida nitrat, gas yang memperlebar pembuluh darah.

Penelitian ini mengikuti studi lain yang diterbitkan Journal of Functional Foods, baru-baru ini, yang mengatakan makan apel setiap hari secara signifikan dapat meningkatkan kesehatan jantung para manusia usia lanjut hanya dalam satu bulan. Mereka yang makan sebuah apel setiap hari selama empat minggu menurunkan kolesterol 'buruk' dalam darah hingga 40 persen.

Mengambil kapsul yang mengandung polifenol, jenis antioksidan yang ditemukan dalam apel, juga bermanfaat, tapi efeknya tidak besar.

Kolesterol jahat dapat berinteraksi dengan radikal bebas menjadi teroksidasi, yang dapat memicu peradangan dan dapat menyebabkan kerusakan jaringan..



Kalo yang satu ini buat ente jantungan ganemoticon-Ngakak
Spoiler for Bonus Bikin jantungan:



Sekian ya gan emoticon-Malu (S)
Ane gak maksa buat agan2 kasi ane cendol, tapi mohon gan jangan kasi ane emoticon-Blue Guy Bata (L)untuk kedua kalinya emoticon-Sorry
emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
4.8K
111
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.