Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

shundi7agtAvatar border
TS
shundi7agt
Waspadai Bahaya Konsumsi Sayuran Mentah
Waspadai Bahaya Konsumsi Sayuran Mentah

SUMBER

VIVAlife - Jika sayur kerap disebut sebagai asupan nutrisi terbaik, tidak demikian saat Anda kurang memperhatikan kebersihannya. Sayur ternyata juga dapat menyebabkan keracunan pada tubuh. Kasus ini bahkan ada di angka 46 persen. Sedangkan daging dan unggas menyebabkan 22 persen kasus keracunan karena jarang sekali dikonsumsi mentah.

Hasil penelitian ini diungkap oleh U.S. Centre for Disease Control and Prevention. Para peneliti mengatakan bahwa setiap tahunnya, satu dari enam orang di Amerika jatuh sakit akibat keracunan makanan. Jumlah totalnya mencapai sekitar sembilan juta orang.

Dikutip Daily Mail, kebanyakan kasus keracunan ini disebabkan oleh sayuran berdaun, seperti bayam dan selada yang disajikan segar.

Dr Michael Doyle, direktur bidang keamanan pangan dari Universitas Georgia menjelaskan kepada petani modern bahwa bakteri yang ada pada selada mampu membentuk jaringan tanaman. Sehingga membersihkan dengan cara mencucinya saja tidak cukup.

Ia menambahkan, meskipun bakteri yang tumbuh dalam usus kerap disebabkan oleh daging, namun sayuran juga bisa membawa bakteri E. Coli, salmonella, dan listeria. Ini karena pupuk yang digunakan pada pertanian berasal dari kotoran hewan. Hingga memungkinkan tanaman tercemari bakteri. Atau juga bakteri salmonella yang tertiup angin dan menempel pada sayuran.

Satu-satunya cara aman untuk membebaskan bakteri dari sayuran adalah dengan sterilisasi menggunakan desinfektan, sesaat setelah sayuran dipetik. Kasus keracunan sayur lainnya disebabkan oleh plastik yang digunakan untuk mengemas sayuran. Dikatakan Doyle, sayur dengan kemasan plastik dapat memicu gagal ginjal.
Diubah oleh shundi7agt 07-08-2013 07:06
0
2.4K
33
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.