Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kenapa Kecelakaan Lalu-lintas Sering Terjadi????Inilah Penyebabnya

dhityatammaAvatar border
TS
dhityatamma
Kenapa Kecelakaan Lalu-lintas Sering Terjadi????Inilah Penyebabnya
Kenapa Kecelakaan Lalu-lintas Sering Terjadi????Inilah Penyebabnya

foto/teks : kapsulpintar.com

Kecelakaan lalu lintas menjadi sesuatu yang paling menakutkan ketika kita sedang berada dalam perjalanan. Karena kecelakaan tidak hanya menimbulkan kerugian secara material, tetapi juga mengakibatkan korban berjatuhan baik luka-luka maupun meninggal dunia. Menurut WHO, kecelakaan menjadi penyebab kematian ketiga di dunia setelah HIV/AIDS dan TBC dengan korban jiwa sekitar 2,4 juta jiwa manusia setiap tahunnya. Jika dicermati sebenarnya ada beberapa faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas yaitu:

Faktor Manusia

Faktor manusia adalah faktor yang paling dominan jika terjadi peristiwa kecelakaan lalu lintas. Banyak kondisi dimana pengemudi menjadi penyebab kecelakaan seperti melanggar rambu lalu lintas baik disengaja maupun tidak, memaksakan diri berkendara padahal kondisi tubuh tidak memungkinkan misalnya mengantuk dan sakit. Untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat faktor manusia, sebaiknya Anda meningkatkan kesadaran akan pentingnya tertib berlalu lintas dan tidak memaksakan diri bila kondisi tidak memungkinkan. Jika Anda mengantuk ketika diperjalanan sebaiknya menepilah di tempat yang aman dan beristirahat (tidur) untuk mengembalikan kondisi tubuh.

Faktor Kendaraan

Faktor kendaraan juga menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. Misalnya adalah pecah ban, rem blong, dan komponen mobil yang seharusnya diganti tetapi tidak diganti sehingga komponen tersebut tidak berfungsi sebagaimana seharusnya. Untuk meminimalisir kecelakaan yang disebabkan karena faktor kendaraan, sudah sepatutnya Anda melakukan perawatan dan perbaikan kendaraan secara berkala. Dan jangan lupa selalu memeriksa kondisi kendaraan sebelum berpergian.

Faktor Jalan

Kecelakaan lalu lintas pun bisa dipengaruhi oleh faktor jalan. Seperti permukaan jalan yang tidak rata, lampu jalanan yang kurang memadai, pagar pengaman jalan, dan jalan yang berlubang. Memang ini menjadi tanggung jawab pemerintah untuk menyelesaikannya. Namun kita sebagai pengguna jalan lebih baik mengantisipasinya dengan lebih waspada agar tidak terjadi kecelakaan di jalan.

Faktor Cuaca

Kondisi cuaca juga dapat menjadi biang keladi kecelakaan, misalnya ketika hujan maka jarak pengereman akan lebih jauh karena jalan licin terkena guyuran hujan. Kabut juga dapat menggangu kita dalam berkendara karena jarak pandang menjadi terbatas. Untuk itu jika dihadang cuaca buruk sudah sepatutnya Anda meningkatkan kewaspadaan agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas.

sumber:http://www.kapsulpintar.com/2013/07/05/582/faktor-penyebab-kecelakaan-lalu-lintas.html
0
4.2K
33
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.