Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

LadiessMan217Avatar border
TS
LadiessMan217
Google lawan aksi FBI yang memata-matai penggunanya
Google lawan aksi FBI yang memata-matai penggunanya
Langkah pemerintah AS melalui FBI yang akan memeriksa satu-satu data pribadi di internet agaknya akan menghadapi perlawanan sengit. Salah satunya, perlawanan terbesar akan dilakukan oleh Google.

Seperti yang dilansir oleh Wired (4/4), untuk melawan gerakan pemerintah ini, Google melayangkan sebuah petisi yang isinya menentang pelaksanaan kebijakan yang tertuang dalam NSL (National Security Letter). Demi memuluskan keberadaan petisi ini, Google pun mendaftarkannya dalam pengadilan negara bagian di California Utara pada 29 Maret lalu.

Hal ini dilaksanakan sejurus usai sebuah gugatan terhadap keberadaan NSL dilayangkan kepada U.S. District Judge di California. Permohonan tersebut sendiri awalnya tidak dilakukan oleh Google karena yang memperkarakan adalah sebuah perusahaan yang tidak diketahui namanya yang disokong oleh Electronic Frontier Foundation.

Kabarnya, setelah permohonan ini disetujui, akan ditunggu hingga 90 hari untuk memutuskan apakah gugatan ini bisa dilanjutkan ke pengadilan atau tidak. Jika ternyata tidak disetujui, akan dilakukan peninjauan kembali dari putusan hakim sebelumnya.

Google sendiri selama ini diketahui menjadi salah satu sasaran FBI dengan NSL-nya. Seperti yang dilansir oleh Bloomberg, diketahui bahwa FBI sudah kerap mengunjungi Google untuk meminta berbagai data pribadi dari para penggunanya.

Hal ini dilakukan secara berkala sejak 2009 hingga 2012. Memang, sejak kejadian 9/11, pemerintah AS sangat berhati-hati dengan segala gerak-gerik siapapun yang memiliki kepentingan dengan negaranya.

Meski begitu, Google yang selama ini dimintai datanya pun akhirnya gerah juga. Bersama dengan beberapa perusahaan lain, Google akhirnya mengeluarkan petisi untuk melarang keberadaan NSL ini.

Untuk diketahui, NSL saat ini memang merupakan alat yang sangat kuat yang dimiliki FBI untuk menggeledah data di mana pun mereka mau. Saking kuatnya surat ini, FBI tidak perlu meminta persetujuan persidangan untuk melaksanakan penggeledahan data-data pribadi pengguna tersebut.

http://www.merdeka.com/teknologi/goo...nggunanya.html
0
2K
26
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.