Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

novriplaymateAvatar border
TS
novriplaymate
Ketika Partai 'Menumpang' Para Pemudik
Sejumlah partai politik menggelar mudik bersama dari Jakarta ke sejumlah lokasi. Pengamat politik Universitas Indonesia Andrinof Chaniago mengatakan partai politik yang menggelar mudik gratis seharusnya tidak memanfaatkan kegiatannya sebagai upaya politisasi.



Andrinof mengatakan seharusnya pemberian atribut cukup pada kendaraan bus pengangkut jika ingin menunjukkan penyelenggara kegiatan mudik gratis tersebut. "Menjadi tidak wajar ketika menyeragamkan peserta mudik dengan kaos bergambar tokoh partai," ujar Andrinof ketika dihubungi Tempo, Sabtu 3 Agustus 2013.

Sabtu, 3 Agustus 2013, Partai Golkar memberangkatkan 1.947 pemudik secara gratis ke 18 kota di Jawa Barat, Tengah dan Timur. Sebanyak 33 bus disediakan untuk mengangkut penumpang bertuliskan "Mudik Gratis Partai Golkar, ARB Presidenku".

Pemudik diberikan kaos bergambar Aburizal Bakrie Ketua Umum Partai Golkar yang mencalonkan sebagai Presiden pada pemilihan umum 2014. Susanti, 40 tahun, mengatakan senang dengan program mudik gratis ini. Ia spontan tepuk tangan ketika Ical mengangkat bendera kuning tanda melepas pemudik gratis.

Tak hanya Golkar, Partai Amanat Nasional juga 'menumpangi' pemudik. Ketua Umum PAN Hatta Rajasa melepas keberangkatan 12.548 peserta mudik gratis dengan 248 bus eksekutif, Sabtu 3 Agustus 2013. Jumlah ini memang lebih sedikit dari pada jumlah yang tercatat di panitia yaitu 13.548 peserta dengan 225 armada bus.

Panitia sendiri mencatat, 50 persen peserta tahun ini adalah peserta mudik gratis tahun-tahun sebelumnya. PAN pertama kali menggelar mudik gratis pada 2011 dengan 5.000 peserta dan 2012 sebanyak 10.250 peserta.


SUMBER
0
2K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.