- Beranda
- The Lounge
Beberapa Industri Karoseri di Indonesia
...
TS
ki2djoaz
Beberapa Industri Karoseri di Indonesia
Assalamualaikum wr wb
Ane mau berbagi informasi ke agan an sist sekalian...Insya Allah ngga repost ya..kalo emang repost mohon maaf...
Spoiler for Apa Itu Karoseri:
Karoseri berasal dari bahasa Belanda Carrosserie adalah rumah-rumah kendaraan yang dibangun di atas rangka/chasis mobil atau chasis khusus bus ataupun truk. Pada awalnya karoseri di Indonesia menggunakan rangka kayu, yang dilapisi dengan plat logam tipis. Industri ini berkembang dengan sangat pesat pada tahun 1970an, dan pada saat itu banyak mobil penumpang ataupun minibus yang dibangun dari pickup, termasuk juga pembuatan bus dari chasis truk. Sekarang hanya bus dan truk yang banyak diproduksi oleh industri karoseri disamping kendaraan khusus seperti ambulans, pemadam kebakaran. Teknologi baru dalam pembangunanan karoseri adalah Monocoque yang mempunyai tingkat keselamatan yang lebih tinggi serta kenyamanan yang lebih baik, dan penggunaan bahan-bahan ringan dan kuat seperti aluminium, kaca serat termasuk serat arang (Carbon fibre) (wikipedia.com).
Berikut ini beberapa industri karoseri yang terdapat di Indoensia :
Spoiler for 1. Adi Putro, Malang-Jawa Timur:
AdiPutro pada saat ini telah meraih apa yang tidak terbayangkan pada tahun 1973. Sedikit yang tahu bahwa bisnis karoseri ini dirintis sejak tahun 1973 oleh kakak beradik yang pada saat itu bekerja di salah satu dealership otomotif. Melihat tingginya permintaan pasar akan alat transportasi penumpang, kakak beradik ini memutuskan untuk merubah mobil pick-up menjadi kendaraan transportasi penumpang dengan bantuan pengerjaan oleh karoseri lain. Strategi ini mendapat respon yang sangat baik karena mereka dapat memenuhi kebutuhan pasar pada saat itu. Kejelian mereka dalam meresponi permintaan pasar tersebut membuat mereka berani memanfaatkan semua sumber daya yang mereka miliki untuk membangun bengkel karoseri kecil sendiri pada tahun 1973. Melalui karoserie kecil ini mereka merintis usaha karoseri dengan memproduksi mini bus dalam skala kecil. Kegigihan mereka yang didukung permintaan pasar membuat usaha karoseri mereka berkembang dalam waktu 2 tahun saja.
Akhirnya pada tahun 1975, AdiPutro resmi berdiri di Malang, di mana sampai sekarang masih menjadi pusat operasional AdiPutro. Atas kesadaran untuk terus mempertahankan kualitas yang baik dalam setiap produksinya, maka AdiPutro mulai mempertajam skill yang ada, serta menambah alat bantu permesinan. Pada tahun 1982, AdiPutro memutuskan untuk berinvestasi dalam permesinan yang kemudian dikenal dengan kualitas FULL PRESSED BODY. Penyempurnaan kualitas produk-produk AdiPutro terus ditingkatkan sehingga pada tahun 1986 AdiPutro mulai menggunakan pengecatan sistem OVEN. Upaya mengembangakan pemasaran menjadi lebih besar, di tahun 1989 Adiputro mendirikan divisi pemasaran di Jakarta dan kemudian sebuah pabrik perakitan untuk produk Adiputro di Bekasi.
Pengembangan terus dilakukan sehingga pada tahun 1994 AdiPutro menjalin kerja sama dengan salah satu produsen bus terbesar dan terkemuka di Jerman. Hal ini membuka pintu bagi AdiPutro untuk menggapai pasar Asia Tenggara. Melalui kerja sama ini para tenaga ahli AdiPutro dikirim untuk belajar ke Jerman untuk mencapai standar perakitan yang bertaraf internasional. Sejak saat itu, AdiPutro pun berkembang menjadi perusahaan karoseri terpercaya dan menerima pengakuan untuk kualitas bus produk yang mereka produksi, serta memperoleh kepercayaan dari para pengusaha-pengusaha besar transportasi otomotif di Indonesia.
web: http://adiputrogroup.com/
Spoiler for 2. Laksana, Ungaran-Jawa Tengah:
Didirikan pada tahun 1967 Laksana dimulai tendangan pertama sebagai toko mesin di Semarang. Toko awalnya difokuskan pada mesin otomotif.
Dalam tiga tahun pertama toko tumbuh sangat bahwa pada tahun 1970 itu harus pindah ke lokasi yang baru diperluas. Beberapa divisi yang didirikan dalam beberapa tahun berikutnya dan pada tahun 1977 Laksana diperluas untuk divisi auto-manufaktur dengan produk utama pertama:
Mitsubishi T-120 minivan.Pesatnya pertumbuhan divisi auto-manufaktur membutuhkan lokasi yang lebih jauh lebih besar. Dalam satu tahun yang pada tahun 1978, divisi ini dipindahkan ke Ungaran (pabrik produksi kami saat ini). Dalam baru dibangun tanaman ini 5.000 m2, bus serta kendaraan komersial dan swasta berkumpul. Tanaman ini kemudian lebih lanjut menambahkan beberapa kali dalam tahun-tahun berikutnya.
Hadir hari itu sekitar 70.000 m2, dan masih terus berkembang. Ekspansi ini pernah berkembang memungkinkan pengembangan beberapa divisi yang mendukung produksi utama, serta peningkatan kapasitas produksi kami untuk 1000 bus per tahun yang membuat Laksana pembangun bus terbesar di Indonesia sampai saat ini.Kebutuhan Anda Comes First.Sebuah kata untuk menggambarkan fokus utama kami untuk memberikan pelanggan pengalaman kami yang terhormat, dari awal sampai akhir, seperti yang kita telah sejak toko pertama kami terbuka. Kami bekerja sangat keras memperhatikan detail sekecil apapun dalam rangka membantu meningkatkan 'keselamatan serta pelanggan penumpang dan kepuasan penumpang.
Pemilihan macam Produk untuk Penawaran Kompetensi inti kami adalah bus Menengah dan Besar. Kami memiliki jangkauan terbesar dari produk yang meliputi bus Touring, bus antarkota, bus kota, dan bus Tujuan Khusus. Laksana menempatkan penekanan yang sangat besar pada penyediaan produk berkualitas tertinggi mungkin terhadap pelanggan, yang saat ini berkisar dari operator lokal bus kota, operator bus antarkota lokal, operator bus wisatawan lokal, dan badan-badan pemerintah untuk International Corporate (Chevron Pacific Indonesia, Schlumberger, Saipem Indonesia, YKK Zipper, Theiss Indonesia). Kami juga sudah mulai mengekspor bus kami ke wilayah Asia Pasifik sejak 2009.
web: http://www.laksanabus.com/
Spoiler for 3. Rahayu Santosa, Cibinong-Jawa Barat:
Rahayu Santosa, perusahaan yang bergerak di bidang karoseri, menitikberatkan pada penyediaan peralatan operasional yang terbaik bagi para pelanggan kami.
Berdiri sejak 1961 di Bogor, Indonesia , kami mendedikasikan sumber daya dan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan kami, yang telah memberikan kepercayaan pada Rahayu Santosa.
web: http://www.rahayusantosa.com/home-id.php
Spoiler for 5. New Armada, Magelang-Jawa Tengah:
PT. Mekar Armada Jaya didirikan pada tahun 1974 oleh Bp. David Herman Jaya, dengan dimulai dari sebuah bengkel rumahan di Jl.Prawiro Kusuman no.3 Magelang. New Armada yang bergerak dibidang karoseri, pada tahun 1976 menempati areal seluas 9000 m2 di Jl. Raya Mertoyudan Magelang dengan karyawan 200 orang. Pada tahun 1977, Areal tanah diperluas menjadi 2 Ha dengan kapasitas produksi 200 unit/bulan Merk New Armada pun menjadi semakin terkenal hingga keluar pulau jawa.
Pada tahun 1980, PT. Mekar Armada Jaya mulai membuktikan diri sebagai perusahaan karoseri dengan sistem "Press Body" yang terkemuka di Indonesia. Pada tahun 1982, PT. Mekar Armada Jaya dipercaya pemerintah untuk menyelesaikan Mobil-mobil pemilu yang digunakan diseluruh Indonesia, sehingga dapat mengembangkan diri menjadi 400-500 Unit/bulan Meliputi Minibus dan Smallbus. jumlah karyawan yang ditingkatkan menjadi 1000 orang dan fasilitas-fasilitas penunjang ditambahkan dengan mesin canggih seperti cat oven (Spray booth), mesin press, spot welding, dan lain-lain. Tahun 1986,
PT. Mekar Armada Jaya mendapatkan kepercayaan lagi untuk memproduksi mobil puskesmas untuk seluruh Indonesia sebanyak 1000 Unit. Dan dengan menggandeng ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek). New Armada berhasil menaikkan kapasitasnya secara berlahan tapi pasti sampai mencapai puncaknya dengan kapasitas 1000 Unit/bulan ditahun 1996 dengan are tanah seluas 20 ha dan dengan karyawan berjumlah kurang lebih 3500 orang. Sedangkan produksi yang dihasilkan selain mini bus dan small bus juga dikembangkan ke bus besar, bus medium, box, dump truk, loadbag, car carrier dan lain-lain. Dari berbagai merk seperti: Mitsubishi, Hino, Toyota, Suzuki, Daihatsu, Nisan dan berbagai jenis merek lain. Pada tahun 1992, pasar export diajamah sampai Brunai Darusalam, Cyprus, Sri Lanka dan Arab Saudi. Pada tahun 1994, PT. Mekar New Armada Jaya mendapatkan kepercayaan dari PT.Kerama Yudha tiga berlian motor (KTB) sebagai ATPM Mitsubishi di Indonesia untuk merakit kendaraan Colt T 120 SS yang sampai sekarang dikenal dengan nama MOC (Mitsubishi Original Component). Dan memperoleh pengakuan dari PT. KTB pada tahun 1995. Pada tahun 1996, Divisi Teknik dirubah menjadi Divisi Stamping & workshop Plant yang didukung teknologi yang lebih maju dengan fasilitas CAD, CAM & CNC Milling yang diinstal pada awal tahun 1997.
Pada tahun 2002, Divisi ini berubah menjadi divisi stamping & tool karena fungsinya dalam pembuatan "dies". Dalam perkembangan ini PT. Mekar Armada Jaya mendapatkan order pembuatan dies dari berbagai perusahaan bersekala internasional seperti:
PT. Astra Daihatsu Motor (ADM)
PT. Indomobil Suzuki International (ISI)
PT. Mitsubishi Krama Yudha Manufacturing (MKM)
PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMI)
PT. Gema Kempa Daya (GKD)
PT. Isuzu Inti Panca Press Indonesia (IIPPI)
Selain di bidang otomotif New Armada juga mengembangkan usaha bidang lain seperti perbankan, properti dan lain-lain. Semua unit usaha ini disatukan, dimonitor dan dikonsolidasikan oleh sebuah perusahaan holding Manajemen PT. Mekar Armada Investama.
web: http://www.newarmada.co.id/maj/maj/home
Spoiler for 8. Tentrem, Malang-Jawa Timur:
Karoseri Tentrem merupakan salah satu perusahaan karoseri di Indonesia yang cukup diperhitungkan. Kami selalu inovatif dengan desain-desain yang tidak pasaran sehingga tidak membosankan dan menjadi ciri khas tersendiri bagi kami, juga bagi jajaran armada yang berada dalam perusahaan Anda.
Dahulu kami hanya menyuplai kebutuhan untuk armada kami sendiri, Po. Tentrem. Namun seiring dengan semakin banyaknya pengusaha transportasi yang tahu mutu pengerjaan Karoseri Tentrem maka kami memberanikan diri untuk melesat jauh, dengan membuka karoseri umum.
Tentrem merupakan 1 dari 8 karoseri di Indonesia yang telah memperoleh sertifikat rancang bangun bus dari Mercedes-Benz, sehingga mutu kami semakin tidak dapat diragukan lagi. Kami juga merupakan karoseri pertama di Indonesia yang membangun bodi untuk Scania K380 dengan klien pertama 2 unit dari Po. Harapan Jaya dan 2 unit dari Po. Shantika. Tentem menerima pembuatan bodi baru baik untuk bus besar, medium bus, micro bus, hingga minibus dengan mutu dan harga yang bersaing.
web: http://www.tentrembus.com/index.php/karoseri
Spoiler for 10. Restu Ibu Pusaka, Bogor-Jawa Barat:
Restu Ibu Pusaka secara resmi memperkenalkan website baru mereka, tepatnya pada Oktober 2012. Go Public, Kemudahan, dan Kepuasaan merupakan tiga hal yang diusung oleh salah satu perusahaan karoseri terbesar yang ada di Indonesia.
Mengusung untuk Go Public, website memberikan informasi mengenai kualitas juga mutu yang diterapkan oleh Restu Ibu Pusaka mulai dari pemilihan bahan sampai tahap finishing dengan tenaga ahli yang kompeten. Hal itulah yang membuat Restu Ibu Pusaka mendapatkan sertifikat ISO 9001 untuk Quality Management dari TUV Rheinland Corprate.
Kemudahan yang didapat costumer adalah informasi mengenai produk unggulan yang ditawarkan Restu Ibu Pusaka. Website ini tidak hanya dapat diakses melalui PC dirumah atapun kantor, namun dapat diakses dimanapun dan kapanpun melalui PC Tablet, IPad, Black Berri, handphone berbasis Android, dan lainnya. Costumer bisa juga berkomunikasi langsung dengan pihak Restu Ibu melalui layanan chat yang diberikan saat mengunjungi website ini sebelum bertatap langsung. Kepuasaan pelanggan yang selalu ingin dicapai oleh perusahaaan karoseri ini yaitu Restu Ibu Pusaka.
web: http://www.restuibu.com/content/laun...stu-ibu-pusaka
Spoiler for 11. Tugas Anda, Pasuruan-Jawa Timur:
Tugas Anda merupakan industri transportasi dalam bidang pembuatan mini bus maupun small bus yang sesuai kebutuhan spesifikasi pemesan.
Bermula pada tahun 1974 di Surabaya, berdiri sebuah usaha yang bergerak di bidang jasa bengkel kendaraan bermotor dengan nama "Selamat Djaja Motor", kemudian di tahun 1982 berkembang menjadi unit usaha autobody manufacturing sekaligus berganti nama menjadi PT KARYA TUGAS ANDA atau lebih dikenal dengan nama TUGASANDA.
web: http://www.tugasanda.com/index/
lainnya :
Spoiler for karoseri lainnya:
6. Trisakti, Magelang-Jawa Tengah
Karoseri Tri Sakti, berlokasi di Magelang adalah sebuah perusahaan manufacturing yang memproduksi bus besar, bus medium, bus gandeng / articulated bus dan bus tingkat.
web: http://www.yellowpages.co.id/directory/cv-trisakti
7. Morodadi Prima, Malang-Jawa Timur
P.T. Morodadi Prima bermula dari sebuah kemitraan usaha yang dipimpin oleh Lie Bapak Bambang Gunawan, seorang pengusaha yang lulusan dari Akademi Fine Arts. Pada tahun 1964, perusahaan ini dibangun di lokasi pertama yang terletak di Jl. Peltu Sujono, Malang dengan area yang relatif kecil dilengkapi dengan fasilitas sederhana, yang memproduksi bus model lama, Minibus T 100 dan klasik L300.
Fasilitas minimal dan sistem operasional yang sederhana tidak menahan kemajuan perusahaan. Pada tahun 1978, perusahaan kecil ini resmi menjadi menjadi sebuah perusahaan yang independen dan diberi nama Karoseri Morodadi. Namanya "Morodadi" berarti "Kepercayaan" antara pelanggan dan perusahaan. Jika Anda datang (Moro) dan mempercayai perusahaan untuk membangun kendaraan Anda, Anda akan mendapatkan produk yang berkualitas tinggi (Dadi). Logo singa yang kami gunakan diambil dari simbol yang melambangkan Kerajaan Singosari yang melambangkan semangat tinggi dan etika kerja yang baik.
Pertumbuhan ekonomi Indonesia memungkinkan bagi Karoseri Morodadi berubah menjadi sebuah perusahaan terbatas (PT). Pada Desember 1993, perusahaan ini resmi berubah menjadi PT yang bernama Morodadi Prima. Rentang produk yang terus berevolusi dengan memproduksi berbagai kendaraan seperti ambulans dan mobil siaran. Spesifikasi desain dan teknologi juga berkembang, sebagaimana dapat dilihat dari produksi bus "Banteng" dan "Patriot", yang mewakili merek dagang yang kuat dan kokoh dari Morodadi Prima.
Selama lebih dari tiga dekade pertumbuhan, banyak kepercayaan telah diperoleh dari masyarakat serta pemerintah Indonesia. P.T. Morodadi Prima terus bekerja untuk menghasilkan kendaraan yang kuat, aman, dan nyaman.
web: http://www.morodadiprima.com/?lang=id
9. Trijaya Union, Tangerang-Banten
Karoseri Trijaya Union merupakan salah satu karoseri tertua di Indonesia dan sangat berpengalaman di bidang industri karoseri sejak tahun 1982.
Beralamat di jl.raya gatot subroto km.9 tangerang 15810 phone: 021 59302312 fax; 021 59302402 email: trijaya_union@cbn.net.id
web: http://www.trijayaunion.com/
blog bose : http://baloghelmi.blogspot.com
12. Delima Jaya, Bogor-Jawa Barat
13. Gunung Mas, Madiun-Jawa Timur
Karoseri Gunung Mas didirikan oleh Ir. Hari Prajitno, MBA pada tahun 2000 untuk perbaikan armada kami sendiri yaitu PO. Gunung Mas. Tingkat ketelitian dan kerapian pekerjaan kami membuahkan hasil, yaitu permintaan pengerjaan perbaikan bis dari PO lain. Ini adalah cikal bakal Karoseri Gunung Mas berdiri.
Dengan berjalan nya waktu kami memiliki sumber tenaga kerja yang handal dan terlatih, untuk memperbaiki dan merubah bentuk tampak depan / belakang kendaraan dengan tingkat kerapian yang memuaskan.
Karoseri Gunung Mas saat ini telah memiliki cukup banyak pelanggan PO besar seperti AKAS, AM SHANTIKA, ASYACO, DALIMAS, EKASARI, HARAPAN KITA, KALISARI, MANDALA, RAJAWALI, RESTU, SEMI, dan masih banyak lagi.
Kami adalah pembuat kendaraan bis dan khusus serta rekayasa komponen dan bagian pembentukan model / bentuk kendaraan bis. Layanan kami sangat bervariasi untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan disesuaikan dengan memastikan hasil yang memuaskan para pelanggan.
Karoseri Gunung Mas sudah mengerjakan berbagai kendaraan dengan hasil yang memuaskan dan dengan layanan terbaik kepada pelanggan. Kami memiliki sumber daya yang sangat handal di dalam merancang dan membentuk dengan kualitas produk yang terbaik.
16. Piala Mas, Malang-Jawa Timur
Kebanyakan dari produk Karoseri Piala Mas dimiliki oleh perusahaan otobus di luar Jawa. karoseri ini banyak memproduksi bis 3/4 untuk angkutan kota.
DAMRI merupakan salah satu konsumen setia dari Piala Mas dengan berbagai model seperti model Jet Bus. Karoseri Piala Mas beralamat di Jl .Raya Randuagung 202 Singosari Malang Jawa Timur.
web: http://www.yellowpages.co.id/directo...a-mas-karoseri
21. Tugas Kita, Semarang-Jawa Tengah
Karoseri ini terletak di Jalan Raya Mangkang,Semarang.Produksinya kebanyakan Bus 3/4 dan Elf.Dulu kalau tidak salah pernah memproduksi bus besar namun sekarang sudah tidak lagi.
web: http://semarang.yellowpages.co.id/di...-kita-karoseri
Karoseri Tri Sakti, berlokasi di Magelang adalah sebuah perusahaan manufacturing yang memproduksi bus besar, bus medium, bus gandeng / articulated bus dan bus tingkat.
web: http://www.yellowpages.co.id/directory/cv-trisakti
7. Morodadi Prima, Malang-Jawa Timur
P.T. Morodadi Prima bermula dari sebuah kemitraan usaha yang dipimpin oleh Lie Bapak Bambang Gunawan, seorang pengusaha yang lulusan dari Akademi Fine Arts. Pada tahun 1964, perusahaan ini dibangun di lokasi pertama yang terletak di Jl. Peltu Sujono, Malang dengan area yang relatif kecil dilengkapi dengan fasilitas sederhana, yang memproduksi bus model lama, Minibus T 100 dan klasik L300.
Fasilitas minimal dan sistem operasional yang sederhana tidak menahan kemajuan perusahaan. Pada tahun 1978, perusahaan kecil ini resmi menjadi menjadi sebuah perusahaan yang independen dan diberi nama Karoseri Morodadi. Namanya "Morodadi" berarti "Kepercayaan" antara pelanggan dan perusahaan. Jika Anda datang (Moro) dan mempercayai perusahaan untuk membangun kendaraan Anda, Anda akan mendapatkan produk yang berkualitas tinggi (Dadi). Logo singa yang kami gunakan diambil dari simbol yang melambangkan Kerajaan Singosari yang melambangkan semangat tinggi dan etika kerja yang baik.
Pertumbuhan ekonomi Indonesia memungkinkan bagi Karoseri Morodadi berubah menjadi sebuah perusahaan terbatas (PT). Pada Desember 1993, perusahaan ini resmi berubah menjadi PT yang bernama Morodadi Prima. Rentang produk yang terus berevolusi dengan memproduksi berbagai kendaraan seperti ambulans dan mobil siaran. Spesifikasi desain dan teknologi juga berkembang, sebagaimana dapat dilihat dari produksi bus "Banteng" dan "Patriot", yang mewakili merek dagang yang kuat dan kokoh dari Morodadi Prima.
Selama lebih dari tiga dekade pertumbuhan, banyak kepercayaan telah diperoleh dari masyarakat serta pemerintah Indonesia. P.T. Morodadi Prima terus bekerja untuk menghasilkan kendaraan yang kuat, aman, dan nyaman.
web: http://www.morodadiprima.com/?lang=id
9. Trijaya Union, Tangerang-Banten
Karoseri Trijaya Union merupakan salah satu karoseri tertua di Indonesia dan sangat berpengalaman di bidang industri karoseri sejak tahun 1982.
Beralamat di jl.raya gatot subroto km.9 tangerang 15810 phone: 021 59302312 fax; 021 59302402 email: trijaya_union@cbn.net.id
web: http://www.trijayaunion.com/
blog bose : http://baloghelmi.blogspot.com
12. Delima Jaya, Bogor-Jawa Barat
13. Gunung Mas, Madiun-Jawa Timur
Karoseri Gunung Mas didirikan oleh Ir. Hari Prajitno, MBA pada tahun 2000 untuk perbaikan armada kami sendiri yaitu PO. Gunung Mas. Tingkat ketelitian dan kerapian pekerjaan kami membuahkan hasil, yaitu permintaan pengerjaan perbaikan bis dari PO lain. Ini adalah cikal bakal Karoseri Gunung Mas berdiri.
Dengan berjalan nya waktu kami memiliki sumber tenaga kerja yang handal dan terlatih, untuk memperbaiki dan merubah bentuk tampak depan / belakang kendaraan dengan tingkat kerapian yang memuaskan.
Karoseri Gunung Mas saat ini telah memiliki cukup banyak pelanggan PO besar seperti AKAS, AM SHANTIKA, ASYACO, DALIMAS, EKASARI, HARAPAN KITA, KALISARI, MANDALA, RAJAWALI, RESTU, SEMI, dan masih banyak lagi.
Kami adalah pembuat kendaraan bis dan khusus serta rekayasa komponen dan bagian pembentukan model / bentuk kendaraan bis. Layanan kami sangat bervariasi untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan disesuaikan dengan memastikan hasil yang memuaskan para pelanggan.
Karoseri Gunung Mas sudah mengerjakan berbagai kendaraan dengan hasil yang memuaskan dan dengan layanan terbaik kepada pelanggan. Kami memiliki sumber daya yang sangat handal di dalam merancang dan membentuk dengan kualitas produk yang terbaik.
16. Piala Mas, Malang-Jawa Timur
Kebanyakan dari produk Karoseri Piala Mas dimiliki oleh perusahaan otobus di luar Jawa. karoseri ini banyak memproduksi bis 3/4 untuk angkutan kota.
DAMRI merupakan salah satu konsumen setia dari Piala Mas dengan berbagai model seperti model Jet Bus. Karoseri Piala Mas beralamat di Jl .Raya Randuagung 202 Singosari Malang Jawa Timur.
web: http://www.yellowpages.co.id/directo...a-mas-karoseri
21. Tugas Kita, Semarang-Jawa Tengah
Karoseri ini terletak di Jalan Raya Mangkang,Semarang.Produksinya kebanyakan Bus 3/4 dan Elf.Dulu kalau tidak salah pernah memproduksi bus besar namun sekarang sudah tidak lagi.
web: http://semarang.yellowpages.co.id/di...-kita-karoseri
Sebenarnya masih ada beberapa Industri karoseri yang ada di Indonesia, tapi ane ga masukkin semua gan...takut kebanyakan kalo harus dimasukkin di sini.
Demikian Informasi dari ane...semoga bermanfaat, jikalau tidak ada manfat bagi agan2 or sista2 semua, paling ga bisa jadi sekedar tambahan informasi aja.
Terima kasih...Wassalamualaikum Wr Wb
Maap kalo berantakan
0
13.7K
Kutip
30
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
923.4KThread•84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya