Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

terunikAvatar border
TS
terunik
Konsumsi Daging Orang Indonesia Masih di Bawah Filipina Dan Malaysia
Jakarta - Tingkat konsumsi daging masyarakat Indonesia masih terbilang rendah di Kawasan ASEAN. Indonesia belum bisa sejajar dengan Malaysia, Singapura, Thailand bahkan Filipina dalam hal konsumsi daging secara umum, termasuk daging sapi.

"Kalau dilihat, perhitungan angka konsumsi daging rakyat kita hanya 1,8 kg/kapita/tahun atau dinaikkan menjadi 2 kg/kapita/tahun. Dibandingkan negara tetangga seperti Filipina yang sudah 7 kg/kapita/tahun dan Malaysia 15 kg/kapita/tahun," ungkap Direktur Pemasaran Internasional Kementerian Pertanian Messah Tarigan saat berdiskusi dengan media di Kantor Pusat Kementerian Pertanian Jakarta, Kamis (1/8/2013).

Kementerian Pertanian berambisi untuk mengejar peningkatan konsumsi daging sejajar dengan masyarakat Filipina pada tahun 2014. "Kita harus menuju angka 7 Kg dan agar terjadi peningkatan konsumsi yang cukup tinggi. Kalau mau memperbaiki gizi, asupan protein harus meningkat," imbuhnya.

Ia meminta instansi terkait tidak mudah membuka kran impor daging khususnya daging sapi. Kran impor hanya akan membuat devisa Indonesia tergerus dan menipis dari tahun ke tahun.

"Ada selisih konsumsi daging sebesar 5 kg. Jika dikalikan saja dengan 240 juta orang maka peringkat kita akan bergeser. Pemerintah jangan mengejar pasokan hanya dari impor karena berpengaruh pada persediaan devisa kita. Jadi harus dikejar dari produksi dalam negeri," cetusnya.

Sementara itu, Direktur Pengolahan Hasil Kementerian Pertanian Anjar Rohani mengatakan masyarakat Indonesia harus bisa mengganti kebiasan mengkonsumsi daging sapi. Potensi produksi ikan yang melimpah ditambah kaya protein seharusnya bisa dimanfaatkan.

"Daging tidak hanya daging sapi, tetapi ada daging ayam, kelinci dan daging lainnya. Ikan juga kita banyak. Protein ikan juga cukup bagus kok," kata Anjar.

[url]http://finance.detik..com/read/2013/08/01/130830/2321241/4/konsumsi-daging-orang-indonesia-masih-di-bawah-filipina-apalagi-malaysia[/url]

Gak tau diri banget nih yg ngomong, turunin dulu harga daging baru habis itu ajak orang konsumsi daging rame2 emoticon-Marah
0
1.9K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.6KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.