Kaskus

Entertainment

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jet21Avatar border
TS
jet21
7 Makanan yang hanya bisa dijumpai saat Ramadhan
7 Makanan yang hanya bisa dijumpai saat Ramadhan


selamat pagi agan2 semua.. ane mau sedikit share ni tentang makanan yang biasanya cuman ada kalo pas puasa aja, ya walopun makanan tertentu ada juga si yg dijual pas hari2 biasa emoticon-Peace

moga2 tread ane yg masih acak2an ini kagak emoticon-Repost

tolong juga bantu emoticon-Rate 5 Stargan, biar ane makin semangat bikin tread emoticon-Ngakak

bagi agan2 sekalian yg udah ISO boleh lah ane bagi sedikit emoticon-Blue Guy Cendol (L) buat isi kulkas ane, tapi jangan emoticon-Blue Guy Bata (L) ane gan...

langsung aja noh gan
Berikut 7 Makanan Yang Hanya Bisa dijumpai Saat Bulan Ramadhan:

1. Jongkong , Medan
7 Makanan yang hanya bisa dijumpai saat Ramadhan

Makanan unik ini berasal dari Provinsi Sumatera Utara gan, lebih tepatnya berada di Kota Medan. Untuk agan yang masih belum mengetahui makanan ini, makanan ini merupakan makanan yang paling sering dicari saat berbuka puasa. Biasanya dijadikan menu tajil di daerah sana, walo ane belom pernah nyobain juga rasanya gan emoticon-Ngakak.


2. Pakat, Tapanuli
7 Makanan yang hanya bisa dijumpai saat Ramadhan

Nama makanan ini mungkin sangat asing bagi agan yg bukan asli orang tapanuli. Makanan ini merupakan makan khaas dari masyarakat tapanuli gan. Biasanya makanan ini cuman bisa agan temukan di bulan ramadhan saja, dan dijadikan sebagai makanan berbuka puasa.
Pakat ini berasal dari rotan muda, rotan-rotan muda yang telah dipotong berukuran 1 meter ini dibakar diatas tungku selama 1 jam. Setelah rotan muda ini masak, rotan ini dikupas dan diambil bagian dalamanya yang berwarna putih.Setelah itu kemudian daging ini dipotong-potong sebesar 5cm. Untuk menambah kenikmatan, rotan muda kemudian dibubuhi dengan santan kelapa serundeng. jadi penasaran juga ane gan emoticon-Ngakak

3. Kicak, Yogyakarta
7 Makanan yang hanya bisa dijumpai saat Ramadhan

Untuk agan yang lagi liburan ato kuliah di jogja,cobalah untuk mencicipi makanan berbuka yang satu ini. Kicak ini terbuat dari beras ketan yang diberi campuran parutan kelapa dan potongan buah nangka. Yang menjadikan makanan ini cocok dijadikan menu buka puasa karena makan ini memiliki rasa gurih dan manis.
kalo agan mau nemuin makanan ini, agan haruslah datang ke Yogyakarta disaat bulan ramadhan. Dan tempat yang menjajakanya pun cuma satu yaitu di daerah kauman, Yogyakarta. kalo kagak tau kauman tanya aja sama supir taksi, tukang becak ato pake GPS kalo perlu, biar kagak nyasar emoticon-Ngakak

4. Bongko Kopyor, Gresik

7 Makanan yang hanya bisa dijumpai saat Ramadhan

Hidangan berbuka khas gresik ini bernama Bangka Kopyor gan, nama panjang dari makanan ini adalah bubur nangka dan kelapa kopyor. Menu ini memiliki bahan dasar dari tepung terigu, pisang,buah kelapa ,santan kelapa,buah nangka, dan roti tawar. Selain rasanya yang lezat, hidangan yang di bungkus daun pisang ini dipercaya berkhasiat memulihkan stamina tubuh, setelah seharian menahan diri dari lapar dan dahaga karena rasanya manis, legit dan segar.

5. Kue Bingka, Banjarmasin

7 Makanan yang hanya bisa dijumpai saat Ramadhan

agan yang lagi main2 di Banjarmasin dan belom ernah nyicip makanan yang biasanya laris manis dijual di bulan ramadan?cobain noh gan,namanya kue Bingka. Kue ini merupakan kue dari ciri khas suku banjar di kalimantan. Kue ini biasa dibuat dalam bentuk bunga berkelopak enam. Bentuk yang menarik ini biasanya segera menarik perhatian calon pembeli. Di daerah asalnya, Suku Banjar biasa menyantap kue ini sebagai hidangan berbuka puasa.
Rasa dari kue ini lebih dominan ke rasa manis. Untuk varian toping, kue ini memiliki macam-macam toping, contoh saja nangka, pisang, coklat, keju dan lain-lain.

6. Sotong Pangkong, Pontianak

7 Makanan yang hanya bisa dijumpai saat Ramadhan

Makanan khas bulan puasa di kota Pontianak ini merupakan makanan berbahan dasar cumi-cumi gan. Untuk dijadikan makanan yang bernama Sotong pakong ini, cumi-cumi yang menjadi bahan dasar dari makanan ini di keringkan lalu kemudian dibakar. Setelah dibakar, cumi ini lali dipukul-pukul menggunakan palu. Nah inilah yang menjadikan makan ini unik, karena ada prosesi memalu cumi yang membuat cumi ini menjadi gepeng atau tipis. emoticon-Takut juga ane gan pake acara pukul memukul segala. Untuk rasa, sotong ini memiliki rasa yang gurih gan.
agan pengen nyoba cari sotong pakong? Agan hanya bisa menemukannya di sepanjang Jalan Merdeka, kota Pontianak. Ingat, harus dibulan puasa ya gan. Karena kalo agan datang dibulan lain, bisa dipastikan anda kan gigit jari karena tidak menemukan makanan ini.

7. Pisang Ijo, Makassar

7 Makanan yang hanya bisa dijumpai saat Ramadhan

kalo makanan yang satu ini bisa dibilang sudah terkenal di seluruh indonesia. namanya es pisjo. Es Pisang ijo ini merupakan makanan khas dari Makassar, Sulawesi Selatan. Dinamakan pisang ijo karena, pisang ini dilapisi dengan lembaran dadar yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diberi pewarna hijau dari air daun suji atau pandan gan.

hadeh, jadi pengen makan lagi ane gan emoticon-Ngakak. emoticon-I Love Indonesia (S) emang banyak makan yg lezat2 gan.. sekian tread ane gan.. kalo ada yang mau nambahin silakan.. ane terima dengan senang hati. besok kalo ane udah ISO ane tampolin pake emoticon-Cendol (S) deh gan emoticon-Shakehand2 emoticon-Salaman

jangan lupa budayakan komeng gan emoticon-Toast
0
2.2K
15
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
KASKUS Official
924.4KThread88.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.