Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

putiiraAvatar border
TS
putiira
Pilot Sriwijaya Air Menolak Ditumpangi Tuna Netra
TANGERANG, BeritaKedaulatan – Pery, Captain Pilot Maskapai penerbangan Sriwijaya Air menolak membawa penumpang penyandang disabilitas tuna netra Deny Yen Martin Rahman. Deny diminta turun.

Deny pun akhirnya pasrah tak bisa berbuat apapun ketika mendapatkan kenyataan bahwa dirinya diminta turun dari cabin pesawat Sriwijaya Air oleh sang pilot. Pery berkilah dengan alasan bahwa, Deny tak punya pendamping untuk menumpang pesawat.

Deny adalah penumpang resmi maskapai Sriwijaya Air tercatat sebagai passenger pada nomer penerbangan SJ 268, dengan rute penerbangan Jakarta-Surabaya, Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (31/7/2013).

Tak ingin berdebat, Deny pun mencoba menghubungi kontak daruratnya Rina Prasarani, seorang yang diyakininya dapat membantu menyelesaikan permasalahan, Rina juga aktif dipengurusan sebuah organisasi penyandang disabilitas, dan menjabat sebagai Sekertaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat (DPP) Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni).

Rina memaparkan kronologi rangkaian kejadian yang dituturkan Deny, dikatakannya tak pernah hal ini terjadi sebelumnya di maskapai penerbangan Sriwijaya Air. Ia tak mengerti, “Deny sudah duduk di cabin tapi diminta turun oleh pilot (Pery), padahal sejak awal di counter check-in hingga ke cabin tidak ada masalah,” kata Rina, lewat sambungan lewat telpon kepada BeritaKedaulatan, di Jakarta.

Captain Pilot Pery meski sudah coba dibujuk, lanjut Rina, salah seorang Deputy Manager bernama Henry dari manajemen Sriwijaya Air, tetap saja Pery bersikeras menolak, bahkan Pery lebih nyata mengatakan, bila penumpangnya tidak turun juga maka, “Pery bersikeras menolak terbang membawa semua penumpang,” kata Rina lagi.

Akhirnya dari pihak Sriwijaya Air membantu meberikan solusi dengan menjadwalkan Deny untuk diterbangkan dengan tujuan Surabaya dengan penerbangan berikutnya, pada nomer penerbangan SJ 224 dengan rute Jakarta-Surabaya lewat Semarang sekitar pukul 08.05 WIB, tetap menggunakan maskapai Sriwijaya Air.

Rina mengingatkan bahwa, “Ini adalah sebuah pelanggaran Undang-undang No.1, Tahun 2009 tentang Penerbangan, kita akan tetap coba mengajukan keberatan atas perlakuan pilot, serta meminta agar diberikan tindakan keras atas pelanggaran yang dilakukan pilot,” tandas Rina. (AJS/BK)

www.beritakedaulatan.com
email: redaksi@beritakedaulatan.com
twitter: @BKindonesia

sumber

Update Kamis, 01/08/2013

Sriwijaya Air Minta Maaf ke Penumpang Tuna Netra yang Ditolak Pilot

Jakarta - Pihak Sriwijaya Air menyesali adanya peristiwa penolakan terhadap penumpang tuna netra. Menurut Senior Manager Coorporate Communication, Agus Sujono, Sriwijaya Air sudah menyatakan permintaan maaf kepada penumpang tuna netra tersebut.

"Kita sudah meminta maaf. Dan masalah pun sudah selesai," uajr Agus saat dihubungi detikcom, Kamis (1/8/2013).

Agus mengatakan, pihaknya saat itu juga langsung mengurus penjadwalan ulang terhadap penumpang tuna netra tersebut agar bisa terbang menuju Surabaya.

Penumpang tuna netra itu terbang dengan pesawat SJ 268 pada Rabu (31/7) tujuan Jakarta-Surabaya. Sang pilot menolak terbang karena Deny tak ada pendamping. Pihak manajemen Sriwijaya sudah membujuk, tapi pilot bergeming. Akhirnya pihak Sriwijaya menerbangkan dengan SJ 224

"Dia berangkat sendiri, jadi langsung kita urus dan kemarin sudah berangkat pada penerbangan berikutnya," ujar Agus.

Agus mengatakan, pihak Sriwijaya air menolak jika dikatakan melanggar undang-undang no.1 Tahun 2009 tentang peraturan penerbangan. Menurutnya, pihak tidak sama sekali menolak untuk menerbangkan penyandang tuna netra tersebut.

"Kan kita langsung tindak, jadi kita tidak melanggar. Lain hal kalau kita benar-benar menolak," imbuh Agus.

[URL="http://news.detik..com/read/2013/08/01/100433/2320901/10/sriwijaya-air-minta-maaf-ke-penumpang-tuna-netra-yang-ditolak-pilot?nd771104bcj"]sumber[/URL]
Diubah oleh putiira 01-08-2013 05:59
0
5.6K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.