jakartapeduliAvatar border
TS
jakartapeduli
Gebrakan Fasilitas Taman ala Jakarta Baru
Jakarta - Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) merealisasikan janjinya saat kampanye cagub DKI lalu untuk menghijaukan Jakarta. Hampir seluruh taman di Jakarta 'disulapnya' dan termasuk juga fasilitasnya.

Tujuan menghijaukan Jakarta sudah pasti untuk mengatasi polusi udara. Selain itu, Jokowi ingin menata Jakarta agar tampak cantik.

Berikut fasilitas taman yang direalisasikan Jokowi seperti dirangkum detikcom, Senin (29/7/2013):

1. Bangku

344 Bangku taman sudah tersedia di berbagai sudut kota Jakarta. Bangku tersebut merupakan sumbangan rekan pengusaha Jokowi di Solo.

Sejak bulan Juni, warga Jakarta sudah bisa menikmati fasilitas publik tersebut. Beberapa jalan yang dipasangi bangku taman tersebut yakni sepanjang Sudirman - MH. Thamrin - Medan Merdeka - Kebon Sirih - Ridwan Rais - Taman Suropati - BKT dan Waduk Pluit.

Bahkan, 1.000 bangku akan didatangkan lagi. Bangku taman tersebut adalah sumbangan CSR sebuah perusahaan. Namun, masuknya bantuan ini bukan melalui Dinas Pertamanan melainkan langsung ke Jokowi.

"Katanya akan ada 1.000 unit lagi yang akan masuk," kata Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman, Widiyo Dwiyono Budi kepada detikcom, Minggu (28/7/2013).

Perintah untuk membuat peta lokasi penempatan bangku diterima Widiyo dari Jokowi sejak minggu lalu. Namun, saat ini masih dalam tahap pengerjaan.

Nantinya, bangku-bangku tersebut akan ditempatkan di sejumlah jalan besar di Jakarta seperti Jl Gajah mada, Jl Majapahit, Jl Pemuda, seputar Senayan dan beberapa tempat keramaian yang sering dilalui masyarakat.

Apakah bentuknya sama dengan yang ada saat ini? Widiyo masih enggan bercerita banyak. Namun ia sedikit memberi bocoran jika bentuk dari bangku taman yang akan datang nanti sedikit berubah dari yang ada saat ini.

"Ada inovasi baru. Sudah didiskusikan bahan dan bentuknya seperti apa," ungkapnya.



2. Wi-Fi

Lima taman sudah tersedia akses Wireless Fidelity (Wi-Fi) gratis sejak 2012 lalu. Lima taman itu yakni Taman Langsat, Taman Suropati, Taman Ayodya, Taman Situ Lembang dan Taman Menteng. Kabarnya, kecepatan aksesnya sebesar 40 Mbps.

Direncanakan akan ada 14 taman lagi yang akan dipasang akses internet gratis tersebut.

"Pak Gubernur ingin hampir semua taman harus ada agar jadi smart city. Warga bisa mengakses dengan mudah. Solo ada masa Jakarta eggak ada. Padahal infrastruktur lebih baik di Jakarta," ucap Wagub Ahok usai rapat dengan Telkom di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (29/10/2012).

3. Sarana Bermain Anak

Taman-taman yang tersedia di Jakarta akan 'disulap' menjadi tempat bermain anak yang mengasyikkan pada Oktober 2013 mendatang. Jokowi akan membangun taman percontohan itu di Waduk Riario, Jakarta Timur, kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, dan Taman BMW di Jakarta Utara.

"Nanti public space itu dimulai bulan Oktober," kata Jokowi di Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (11/7/2013).

Selain untuk bermain, Jokowi akan membuat taman di Jakarta sebagai sarana edukasi untuk anak dan keluarga. Setiap pohon yang ditanam di taman akan ditandai dengan penanda khusus.

"Kapan ditanam, umurnya berapa, nama latinnya apa, kegunaannya apa. Itu untuk mengedukasi anak serta masyarakat secara umum," ujar Wagub Ahok di Balaikota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (11/7/2013).

[url]http://news.detik..com/read/2013/07/29/111151/2317100/10/0/gebrakan-fasilitas-taman-ala-jokowind771104bcj[/url]

salut deh buat gebrakan taman ala pak jokowi.. semoga di era jakartabaru , jakarta bisa menjadi provinsi yang manusiawi, berbudaya, aman , tentram, hijau dan sejuk...

maju terus pak jokowi, rakyat jakarta senantiasa mendukung tiap langkah & kebijakan jakartabaru

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)

salam Jakarta
0
2.4K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.