Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gendut_kumisAvatar border
TS
gendut_kumis
LOUNGE KERETA API MODELLING - Gabung ngobrol dan diskusi
Selamat datang di Forum Modelling Kereta Api/Indonesia Train Modelling Community


Hi, Indonesia Railraoder's
Penjelasan seputar Modelling Kereta Api

Modelling Kereta Api adalah mainan yang berbentuk kereta api didalam layout tentunya didalam layout ada bangunan2 dan aksesoris berupa rumput , pohon tanah, hewan manusia dan otomobil yang berbentuk hampir asli mirip seperti aslinya dengan berbeda ukuran./skala, sebenarnya ada banyak skala tapi inilah yang paling popular:
  • G untuk Garden, ini skala 1:24 untuk mainan di halaman terlalu besar kalo kita punya ini, tapi kalo TK di Indonesia punya malah bagus yah…cita2 nya gitu.
  • O, mempunyai perbandingan 1:45, kebanyakan di inggris
  • HO atau Half O mempunyai skala 1:87, ini yang recommended untuk mainan indoor, didalam kamar kita punya layout kereta api, wow!!!emoticon-2 JempolSeru kan.
  • N mempunyai skala 1:160, skala ini kebanyakan digemari penghobi jepang, cocok juga untuk pajangan, tamu akan heran kalo liat pajangan kereta api kita bisa bergerak dan bersuara…..emoticon-Selamat


Untuk menjalankan kereta ini diperlukan konsul control, kita bisa menjalankan kereta tidak hanya maju dan mundur, tapi berikut fungsi lampu, horn dan sebagian yang canggih sudah ada effek suara dari kereta waktu sedang di jalankan, misal kereta akan menjalankan dynamic break ketika akan mengurangin kecepatan dan ketka berhenti kereta akan menjalankan suara fan cooling dan pompa compressor………..canggih kan….emoticon-Toast
Nich penampakan dari mainan ini….
Spoiler for ITMC:


Spoiler for konsul:


Sekarang ini ada 3 macam jenis pengontrolan:
  1. AC analog : system pengontrolan menggunakan arus AC alternating Current, dan untuk maju mundur dari loco dengan prinsip pembalikan sudut fasa kapasitor yang ada di konsul. Besar tegangannya tidak begitu besar sih….jadi gak shocked ke manusia nya, masih aman.
  2. DC analog: system pengontrolan dengan arus Direct Current, yang di keluarin dari konsul control dengan mengatur amplitudonya jadi kereta bisa menambah lajunya, sedangkan prinsip maju mundurnya cumin konsul membalik polaritas saja, belakangan ini system ini kembali dikembangkan dengan fungsi efek suara lampu serta uap,…tergantung perintah dari konsulemoticon-Mewek
  3. DCC (Digital Command Control) system ini bisa dibilang termodern dari system yang diatas, lebih cenderung ke arah elektronik, jadi di loco terdapat board PCB untuk menjalankan fungsi otomatis efek suara dan lampu serta uap kalo steam dengan perantara konsul DCC dan momentum dari loco pula…..pokoknya cangih deh

Kelebihan hobby ini:
  1. Menarik dan detailnya mirip dengan aslinya..
  2. Flexibel banget, bisa jalan dan dikontrol dengan semau kita.
  3. Banyak pelajaran elektronik dan mekanik jadi bisa mendidik anak2 disekitaran SD keatas, bahkan anak2 cenderung menyukai kereta api lho…..hehehe
  4. Banyak bentuknya dari mulai loco uap/steam sampai Diesel dan Listik.
  5. Bisa memodifikasi sesuai keinginan kita mau jadi full DCC dengan efek lampu dan suara serta uap dengan smoke generator atau DC analog saja ditambahin sound generator.
  6. Kalo merakit dan mendesain layout sesuai dengan cita2 anda.Banyak pelajaran elektronik dan mekanik jadi bisa mendidik anak2 disekitaran SD keatas, bahkan anak2 cenderung menyukai kereta api lho…..hehehe.emoticon-Kaskus Banget


kekurangannya adalah :

  1. Dibilang mahal, gak juga kok, nabung dan bisa untuk anak kita, masih terjangkau dan worth banget.
  2. Tingkat ketrampilan dalam modifikasi perlu kesabaran..
  3. Masih memerlukan ruangan tidak seperti simulator, tapi rasain sensainya ketika pegang konsul dan menjalankan kereta loco sendiri di layout yang real.


Status di model kit:
•\tReady-to-Run model kit telah terakit dan siap untuk dimainkan, umumnya sudah dilengkapin roda dan coupler(sambungan) dari pabriknya.
•\tShake-the-Box kit lebih sederhana dan perlu dirakit terlebih dahulu sebelum dimainkan, tapi tidak susah untuk merakitnya, biasanya model ini loco yang skala besar dan loco yang mempunyai kerumitan tertentu, misal loco uap atau kelas swicther.
•\t Craftsman Kits model ini membutuhkan level yang tinggi untuk merakitnya, tenang ajah di model kereta api ini, tidak ada status seperti ini, lmodel kit kereta api umum dan standarnya RTR (Ready To Run).


Cara bermain di Layout membutuhkan :
1.Stater set : yang didalam ada rangkaian rel dan satu loco disertai beberapa rolling stok, dan di
2.\tListik untuk catu daya konsul menjalankan loco.
3.\truangan untuk bermain di dalam rumah….heheh jangan diluar nanti kepanasan dan kehujananan.

Beberapa merek Model kereta api ini:
NMRA:
Bachman US,ATHEARN, MTH, ATLAS,INTERMOUNTAIN,BROWSER,dll
NEM:
PIKO,ROCO,TRIX,MARKLIN,PRAISER,HORNBY,RIVARROSI,dll

Banyak yah, tapi jangan kuatir mereka semua standar kok, jadi selama modeling kereta api anda mengacu pada NMRA ( Amerika) dan NEM ( Europe ) maka mereka sama, kecuali di bentuk couplernya.

emoticon-Cape deeehhPERINGATAN
" Hobi modeling Kereta api ini bisa menyebabkan kecanduan dan semangat berlebih jadi bagi waktu anda dengan keluarga dan waktu istirahat ”


LIHAT CUPLIKANYA DARI YOUTUBE POST KE -12 BAWAH


sementara sekian dulu adanya...yang laen daftar yah biar kenalan...heheh
ini YM aku kalo ada yang pingin konsultasi masalah tekniknya:

[url=ymsgr:sendIM?adhi_nahar][IMG]http://opi.yahoo.com/online?u=adhi_nahar&m=g&t=21%5d[/IMG][/url]
FB : IndonesaiTrainModelCommunity
Link online : IndonesiaTrainsModel

LIST RECOMENDED SELLER DAN ANGGOTA URUNREMBUG ADA DIPOSTING BAWAH YAH...
Diubah oleh gendut_kumis 31-10-2012 07:49
0
228.3K
3.1K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Model Kit & R/C
Model Kit & R/CKASKUS Official
312Thread792Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.