Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

smartblues28Avatar border
TS
smartblues28
Modus Baru Penipuan Kerja (WASPADA)
Allahu Rabb, masi anget nih gan cerita ane soalnya baru tanggal 16 juli 2013 kemaren (Rabu malem) ane kena tepu ya kurang lebih 1,6 juta ludes. Pintar sekali para penipu pencari kerja itu memanage dan mengedit surat dan saya terjebak dan menjadi korban.

Singkatnya, beberapa hari lalu ane mengirim lamaran kerja ke salah satu perusahaaan (pt. Angk*s* p*r*) yang kebetulan terpampang di website tetangga (T*k* B*g*s). Berselang 3 hari setelahnya ane dapet sms yang bunyinya ane suruh ngecek email ane bahwa ane sudah lolos dalam pemberkasan. Rapi gan emailnya, 1 bundel kira2 ada 8 lembar, di dalemnya ada tempat interview (Bali), ada manual acara interview dan ada 30 orang di dalem tabel tsb termasuk ane. Ada nama agen travel dan HRD beserta Contak personnya. Ada pula ketentuan-ketentuan lain seperti pengembalian uang transport saat di tempat kegiatan dan lain sebagainya.

Hebat dia maenin psikologis korbannya pake disebutkan di dalemnya suratnya "tidak bisa diwakilkan dan bila tidak hadir maka dianggap gugur". Dia juga ngatur pake agen travel yg katanya sudah menjadi kliennya dalam penyediaan tiket. Habatnya juga (yg menurut ane prmaenan psikologis juga) dia ngirim hari itu dan hari itu pula batas waktu komfirmasi ikut-atau tidaknya kita dalam acara seleksi. Pada kasus saya sekitar jam 9 ni si bangs*t kirim email dan jam 19.00 wib ditutup (sadis).

Ane yang pada waktu itu lgsung percaya dengan segala tepu daya die langsung sms agen travelnya. Namun, message reject melulu, sempet ane diemin dan selepas tarawih ane telp baru bisa dan diangkat. Ane langsung tanya, "apa masih bisa konfirmasi untuk pendaftaran interview?" Dia bales " kenapa baru telp n konfirm skrang?"... Ya, saking polosnya ane gan, ane bilang "dari siang bpk saya sms diriject di telp g diangkat?" (Dia langsung minta maaf ke ane)-hebat die ane dibikin yakin sedemikian rupa.

Selanjutnya, die bilang "sebenernya dah tutup bpk tp yaudah gpp kalo bpk mau konfirm..." Lalu ni orang bilang... Ketentuannya bahwa saya harus membeli ticket jakarta-bali PP dengan biaya sebesar RP. 997.000. Gimana nih pak? Waktunya sudah mepet, kalau bapak mau saya tunggu sampe jam 21.30. Gimana ?terserah bpk" katanya. Tambahnya "kalo bapak setuju nanti setelah bpk kirim uangnya saya akan kirim ticketnya via email"... Oiya pak emailnya yang itukan .bla-bla-bla-bla... (Hebat dia ngeyakinin ane)

Ane gan yg pada waktu itu terobsesi untuk mengikuti proses seleksi interview pt. Sebonafit itu ane langsung bilang iya dan ssiap beli tiketnya (karena ane pikir uang transport toh nanti dikembalikan disana). Singkat kata, ane kirim sejumlah uang dan beberapa saat kemudian si agen travel ini telp ane gan. Katanya "bpk ticketnya sudah dikirim ke email, tolong dicek." Ane yg pd saat itu semangat 45 lgsung cek dan ternyata memang ada email masuk dan benar itu adalah ticket electronic (Tapi BODONG). Ane smakin percaya diri gan.

Lalu, tahap selanjutnya ane sms HRD nya untuk konfirmasi nomor ticket dan kesediaan hadir pd tanggal 18 nya (jum'at). Nggak lama, si HRD gadungan ini telp saya dan bilang... "Okk kalo gitu besok mas sudah bisa berangkat tp mas harus melengkapi 1 syarat lagi yaitu melunasi biaya akomodasi selama di bali sebesar RP. 570000." Ane jawab " lahhhh, dari awal nggak ada pembicaraan kaya gitu mas, bukannya akomodasinya ditanggung perusahaan? Kata ane." Iya bener mas ditanggung tp pake sistem refund." Jawabnya. "Tp terserah mas, syaratnya memang begitu dan harus begitu. Kalo mas mau ta tunggu sampe jam setengah sebelas deh."

Adduhhh, ane pusing gan, kalo tau begini ane mah ogah nih. Tp ane pikir, uang ane ud masuk 997000 masa nanggung. Singkat kata ane lanjutin dan ane konfirmasi in bahwa ane sudah kirim sejumlah uangnyya ke rekening yg disarankan hrd. Nggak lama si HRD ini, telp ane katanya "iya ni ud masuk akomodasinya mas, tolong liat emailnya ya sudah saya kirim kartu tesnya kesana... Nanti tolong dinamai sendiri aja, sm kasih pas foto 2x3 1 lembar.

Pas ane cek email ane, emang bener ada email masuk dan bener pula isinya kartu tes. Ane berasa lega jam stengah 12 malem karena dah ane beresin semua syaratnya. Itu artinya besok (kamis 17 juli 2013) ane tinggal berangkat ke bandara sukarno-hatta dan menuju bali.

Sepanjang malem ane ga bisa ridur gan, ampe saur ane kaga bisa tidur juga, ampe subuh ga bisa tidur juga, ampe matahari melotot mata ane msh melotot juga. Lah, ini kenape kaga ngantuk2 ni mata. Karena gelisah terus ane iseng2 buka laptop ane baca2 lagi bundel email yang dikirim ke dia satu2...

Ane mulai curiga pas ane liat, nah loooo, ini PT sebesar ini koq nggak ada no telp kantornya, semua HP semua. (Satu ane curiga), yang kedua di ticket pulang ane liat minggu jam 13.00 tp koq dimanual acara yang ada dibundel surat pemberitahuan acara terlampir sampe jam 16.00 sore (dua kecurigaan ane). Ane makin curiga, ane periksa lagi atu2... Walahhhh... Sepertinya ada nggak beres nihhhh.

Mulailah ane yakin bahwa ane sudah tertipu. Ane brosing2 juga banyak yang temen2 yang buka thread tentang penipuan beginian (astagfirullahal adziiim). Saya tak sangka bahwa saya tertipu begitu cepat.

Ditengah2 mata mulai ngantuk, pikiran kalut, saya coba pancing nih si HRD dengan sms... "Bapak, bagaimana keberangkatan hari ini? Syarat apa lagi yang harus saya penihi atau bawa untuk proses nanti?" Hp ane pun g terlihat ada balasan cepat dri si hrd. Skitar stengah jam bunyilah hp saya, ternyata si hrd neraka ini sms " oiya, saya dapat pesan dari atasan katanya semua calon harus membayar jaminan kecelakaan kerja sejumlah RP. 1.250 000-," . Belum sempet ane bales ni hrd ngibul telp ane... Intinya sama bahwa ane diharuskan membayar sejumlah uang lagi. Langsung aja ane bilang pelan namun tegas "Mas, اَللّهُ maha adil, pasti mas bakalan tuai apa yang mas tanam". Dia langsung tutup hpnya...

Dah, ane ud yakin bahwa ane ditipu. Buat agan-agan yang lagi galau mencari kerja, ane harap kudu hati2 dengan modus2 penipuan dan agan harus jeli benar jangan sampe apa yg ud ane alami agan2 alamin.

Pelajaran yang ane bisa petik dari kejadian ini adalah:
1. Lain kali kalo dapet panggilan kerja liat nomor kantornya
2. Usahakan cari sumber-sumber website terpercaya untuk mengirim aplikasi lamaran
3. Hati2 dengan permainan psikologis para penipu.
4. Banyak baca threat, karena penipuan modusnya terus berkembang.

‎​‎​​‎​​emoticon-Winkoº°˚°ºok!!!emoticon-Wink itu aja ya gan, mudah2an kita dapet memetik dan mengambil hikmah dari tiap kejadian (amin)- terima kasih kaskus emoticon-Smilie
0
2.8K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Melek Hukum
Melek Hukum
7.6KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.