rajababulAvatar border
TS
rajababul
Tips Berwirausaha Ala Mahasiswa [Mahasiswa Masuk]
Mahasiswa itu sudah tidak pantas lagi untuk menyusahkan orang tua. Orang tua telah bersusah payah mencurahkan segala tenaga untuk mencari uang demi membiayai kuliah anaknya, berharap nanti anaknya bisa mendapatkan segala hal yang lebih baik dari dirinya. Sebagai mahasiswa, kita tidak boleh menyia-nyiakan segala pemberian dari orang tua kita. Sudah tidak zaman lagi kita hanya bersantai-santai saja menikmati hasil jerih payah orang tua kita. Kita tidak tahu kapan kita bisa membahagiakan orang tua kita kelak, oleh karena itulah mulai dari sekarang satu-satunya cara yang harus dilakukan adalah kita tidak boleh terlalu banyak merepotkan orang tua. Minimal untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kita tidak boleh selalu bergantung pada orang tua, namun lebih baik lagi jika kita bisa membiayai kuliah sendiri hingga lulus. Zaman sekarang tidak mudah mencari uang, tetapi itu bukanlah halangan untuk mahasiswa untuk mencoba meringankan beban keluarganya.



Banyak orang yang mengatakan, “Mahasiswa harus kreatif dan inovatif.” emoticon-cystg
Tentu saja kalimat itu sebenarnya sangat berguna sebagai pendorong bagi kaum mahasiswa untuk maju dan selalu berpikir dengan cara yang berbeda dengan orang lain untuk menghasilkan inovasi-inovasi baru dalam kehidupan sehari-hari. Setelah melihat problematika yang dijelaskan sebelumnya mengenai bagaimana cara meringankan beban keluarga, seharusnya dengan cara berpikir sebagian besar mahasiswa yang bisa dibilang kritis (bisa mengeluarkan kemampuan yang sulit dipercaya apabila dalam keadaan terdesak), sudah tentu banyak sekali solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Intinya adalah bagaimana cara mencari uang, sekedar memenuhi kebutuhan sehari-hari, terutama bagi mahasiswa yang merantau dan tinggal jauh oleh orang tuanya. Salah satu cara adalah dengan menumbuhkan jiwa entrepreneurship (kewirausahaan) dalam diri mahasiswa. Sebab, banyak sekali keuntungan yang dapat diraih dengan menumbuhkan jiwa entrepreneurship, yaitu melatih mahasiswa untuk lebih mandiri, tidak bergantung pada orang lain, melatih mental dalam dunia kerja, dan tentu saja bisa sedikit meringankan beban keluarga.

Sangat besar peluang mendapatkan uang dengan berwirausaha, namun untuk bisa mendapatkan untung yang besar, sekali lagi perlu ditekankan bahwa adanya cara berpikir yang kreatif dan inovatif dalam diri mahasiswa itu mutlak diperlukan dalam bidang entrepreneurship. Mahasiswa yang berpikir kreatif dan inovatif tidak akan pernah kehabisan akal untuk menyalurkan jiwa entrepreneurship yang dimiliki. Dia akan selalu mencari peluang usaha yang dapat meraih untung besar dengan modal sekecil-kecilnya. Masalahnya adalah, tujuan utama seorang mahasiswa adalah mencari ilmu, dia harus fokus pada tujuan tersebut supaya bisa menjadi orang yang berguna kelak. Bila mahasiswa harus fokus pada tujuan tersebut, bagaimana caranya dia bisa mengembangkan jiwa entrepreneurship dalam dirinya? Bagaimana? Hal tersebut bukanlah halangan bagi mahasiswa kreatif dan inovatif. Salah satu cara yang terpikir untuk bisa dilakukan adalah kuliah sambil berwirausaha, atau dengan kata lain bisa dibilang berwirausaha di lingkungan kampus. Hal yang harus dilakukan pertama adalah, melihat besarnya peluang usaha dengan cara mengetahui apa yang diminati dan diperlukan oleh sebagian besar masyarakat kampus. Setelah mengetahui hal tersebut, segera mulailah menawarkan barang/jasa yang diminati dan diperlukan tersebut di lingkungan kampus.

Nah, mungkin dengan melihat manfaat dari berwirausaha di kampus ini bisa semakin menambah motivasi anda untuk berwirausaha di kampus. Silahkan lihat. emoticon-Matabelo

Spoiler for manfaat wirausaha di kampus:


Karena segala hal besar dimulai dari hal yang kecil. Dengan pengalaman berwirausaha kecil-kecilan yang dilakukan di kampus pasti bisa menumbuhkembangkan jiwa entrepreneurship kita, dan bisa jadi dengan berbekal usaha kecil yang telah dilakukan sebelumnya kelak bisa menjadi guru kita untuk menjadi salah seorang success entrepreneur setelah lulus dari kehidupan di kampus dan terjun ke dunia profesi.

Mudah-mudahan thread dari ane berguna bagi agan semua yang masih bergulat dengan kehidupan di kampus ya emoticon-Cool

Spoiler for terakhir.. jangan lupa!!!:


Spoiler for tambahan dari kaskuser lain:

Diubah oleh rajababul 14-06-2013 20:49
0
5.4K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.