Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

daniindrapradikAvatar border
TS
daniindrapradik
Yuk, Saksikan Meteor Shower Hiasi Langit Malam
NEVADA - Akan ada pertunjukan menarik pada akhir bulan Juli 2013. Pasalnya Bumi sedang mengorbit mendekati lintasan dari serpihan Komet 96P Macholz yang akan terlihat seperti hujan bintang jatuh saat memasuki atmosfer Bumi. Meteor shower ini sudah berlangsung sejak awal Juli hingga akhir Agustus.

Seperti dilansir EarthSky, hujan meteor yang dihasilkan oleh Komet 96P Macholz bernama Delta Aquarids, karena meteor tersebut dapat dilihat dari arah rasi bintang Aquarius.

Tepatnya datang dari arah bintang Skat, sebuah bintang delta dari rasi Aquarius. Delta Aquarids sudah berlangsung sejak tanggal 12 Juli dan berakhir 23 Agustus 2013.

Memang Delta Aquarids adalah hujan meteor minor yang tak terlalu banyak menghasilkan bintang jatuh. Serpihan dari Komet 96P Macholz yang memasuki atmosfer bumi terbakar sehingga menghasilkan cahaya seperti bintang jatuh. Dinamakan meteor shower karena pertunjukan tersebut memang terlihat seperti hujan bintang jatuh.

Pada waktu puncaknya, akan ada sekitar 20 meteor yang jatuh di langit malam setiap jamnya. Puncak pertunjukan itu bisa dilihat pada 27-28 Juli. Butuh tempat gelap yang tanpa polusi dari cahaya lampu kota untuk menyaksikan Delta Aquarids. Tak hanya lampu kota, cahaya bulan juga dapat mengganggu pengamatan hujan meteor.

Waktu terbaik untuk menyaksikannya adalah setelah lewat tengah malam hingga dini hari. Di akhir Juli, bulan akan terbenam selepas tengah malam hingga bisa memperjelas pengamatan.
Spoiler for ilustrasi:

SUMBER
Diubah oleh daniindrapradik 26-07-2013 03:02
0
1.2K
12
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.