Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

putra2345Avatar border
TS
putra2345
Penemuan-Penemuan yang Ditemukan Oleh Ilmuwan Indonesia
Siapa bilang Indonesia tak dapat berprestasi? Karena buktinya ada beberapa ilmuwan asal Indonesia yang mampu menyumbangkan ilmu dan tenaganya untuk dunia ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan umat manusia. Lantas siapa saja kira-kira ilmuwan-ilmuwan yang berhasil mengharumkan nama bangsa tersebut? Berikut ulasannya.

1. Teori 23 Kromosom (1955)

foto dr joe hin tjio oleh unik segiempat



Selama ini para ahli genetika telah menyebutkan bahwa jumlah kromosom yang terdapat dalam tubuh manusia ada 24 buah. Namun, pernyataan tersebut berhasil dipatahkan oleh soerang ahli Cytogenetic asal Indonesia bernama Dr. Joe Hin Tjio yang berhasil menemukan sebuah fakta yang menyatakan bahwa kromosom manusia ternyata berjumlah 23 buah dalam penelitian yang ia lakukan di laboratorium Institute of Genetics of Sweden’s University of Lund. Dr. Joe Hin Tjio berhasil menghitung jumlah kromosom tersebut secara akurat setelah menyempurnakan teknik pemisahan kromosom manusia pada sebuah preparat gelas yang sebelumnya telah dikembangkan oleh seorang doctor asal Texas University, Amerika Serikat, bernama Dr. T.C. Hsu.

2. Pondasi Cakar Ayam (1961)

foto sedijatmo oleh unik segiempat


Saat Prof. Dr. Ir. Sedijatmo tengah menjabat sebagai salah satu pejabat teras PLN pada 1961, ia diminta untuk mendirikan 7 buah menara listrik bertegangan tinggi yang akan dipasang di daerah rawa-rawa Ancol, Jakarta. Ternyata, pondasi buatannya mampu mengurangi tekanan di bawah permukaan tanah hingga 75 persen. Pondasi yang kemudian dikenal dengan nama pondasi cakar ayam ini lantas juga digunakan di Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, agar landasan dapat menahan beban hingga 2.000 ton atau setara dengan berat pesawat super jumbo jet. Ternyata teknologi yang telah dipatenkan ini juga telah digunakan di Jerman, Inggris, Perancis, Italia, Belgia, Kanada, Amerika Serikat dan Belanda.

3. Ketela Pemadam Api (1979)

foto randall hartolaksono oleh unik segiempat


Penemuan yang berhasil ditemukan oleh Randall Hartolaksono secara tidak sengaja pada tahun 1979 ini merupakan teknologi terbaru yang dapat memadamkan api secara efektif dan sangat ramah lingkungan. Kisah penemuan ini berawal saat Randall tengah melakukan uji coba menggunakan cairan pelumas yang berasal dari kulit ketela pohon. Saat itu, ia tengah menguji cairan tersebut di Queen Marry College-London University, Inggris. Saat cairan yang ia buat tersebut tumpah secara tak sengaja, ternyata cairan tersebut justru dapat memadamkan api yang tengah menyala. Karena penasaran Randall kemudian menelitinya. Dari penelitian lebih lanjut yang telah dilakukan, barulah diketahui cairan tersebut akan mengeluarkan uap dan menyerang api ketika terkena panas. Randall patut berbangga sebab kini temuannya telah digunakan di perusahaan pertambangan di berbagai penjuru dunia untuk mengatasi kebakaran yang terjadi.

4. Teknik Pengeringan Sperma (2000)

foto mulyoto pangestu oleh unik segiempat


Bukan hanya Dr. Joe Hin Tjio saja yang menyumbangkan pikirannya dalam dunia medis. Namun Mulyoto Pangestu yang tengah menempuh pendidikan untuk mengambil gelar Ph.D di Monash University, Australia, ini juga menyumbangkan pikirannya dalam dunia medis. Mulyoto berhasil menemukan teknik pengeringan (evaporative drying) dan penyimpanan sperma dalam ruangan bersuhu kamar pada tahun 2000. Untuk menemukan teknik yang sangat bermanfaat bagi dunia medis ini, Mulyoto tak perlu mengeluarkan banyak dana. Sebab ia hanya menggunakan perlengkapan yang mudah dan berharga murah. Penemuannya kini telah mendapatkan paten di Australia dan telah menjadi milik Monash University.

5. Persamaan Helmholtz (2005)

foto yogi ahmad erlangga oleh unik segiempat


Saat Yogi Ahmad Erlangga tengah menempuh program Ph.D di Delft University of Technology, Belanda, ia mampu membuat banyak perusahaan minyak dunia bergembira ria. Pasalnya, dosen ITB asal Tasikmalaya ini mampu memecahkan persamaan matematika Helmholtz yang dapat digunakan oleh perusahaan minyak untuk menemukan sumber minyak di perut bumi dengan cepat. Rumus tersebut juga sangat berguna dalam industri radar, penerbangan dan kapal selam.

6. Pemindai 4 Dimensi (2006)

foto warsito purwo oleh unik segiempat


Ilmuwan Indonesia terakhir yang dibahas dalam artikel ini adalah Dr. Warsito Purwo Taruno. Dr. Warsito berhasil menemukan teknologi Electrical Capacitance Volume Tomography (ECVT) yang dilengkapi dengan sensor medan listrik statis yang mampu menampilkan gambar 4 dimensi dari perilaku gas dan partikel yang tenagh berada dalam reaktor tertutup. Dengan teknologi ECVT, maka perkembangan riset dan teknologi di beberapa bidang seperti energi, proses kimia, kedokteran, hingga nano-teknologi diperkirakan dapat berubah dengan drastis.
0
2.8K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.