Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

peyotpetotAvatar border
TS
peyotpetot
[Diskusi] Kentang sebagai Pengganti Makanan pokok di Indonesia
Kentang (Solanum tuberosum) merupakan tanaman asli dari pegunungan Andes dan - hoiii gan, kita mau membahas kentang sebagai makanan pokok ... kalo tentang tanaman kentang, kan bisa bisa dibaca di wikipedia ... emoticon-Cape d... (S) - ok .. ok ...,

emoticon-Bingung (S)

eh ... ehm ... begini nih ... kan kita selalu ribut tentang impor beras nih gan, ya jelas dong .. beras adalah makanan pokok sebagian besar penduduk Indonesia. Bahkan yang dulunya tidak makan beras, sekarang malah ikutan makan beras. Padahal, ini yang tidak pernah masuk berita, produksi beras Indonesia itu nomor tiga terbesar di dunia lho ... emoticon-I Love Indonesia (S) cuma ya itu .. yang makan berasnya lebih banyak dari hasil produksi sehingga pemerintah setiap tahun harus impor beras, dan melayani ribut-ribut para komentator abg .... emoticon-Cape d... (S)

Nah .. yang selalu jadi beban pikiran pembuat kebijakan pangan itu adalah mencari bahan pangan alternatif beras yang bisa diterima oleh masyarakat. Karena kemaren kebetulan ada kentang yang terlalu lama disimpan emoticon-Malu (S), sehingga tumbuh kecambah dan ketika gw lempar ke halaman malah tumbuh beneran .. maka gw jadi tertarik mempelajari serba-serbi kentang. Lalu gw terpikir, mengapa kentang tidak mampu dijadikan makanan pokok di negeri ini? emoticon-Bingung (S) Nah, berikut ini kerugian dan keuntungan kentang sebagai makanan pokok ....

Kerugian dulu deh ... yang serem-serem ....

1. Kentang adalah tanaman beracun ... (tuh kan, gw bilang serem ..) Hanya umbinya yang bisa dimakan, dan itu pun harus umbi yang tersimpan di dalam tanah. Umbi yang terletak di atas tanah, atau yang tidak sengaja tersingkap, akan memproduksi racun. Secara umum, bisa dibilang bahwa sel klorophil kentang sekaligus juga memproduksi racun. Jadi bagian yang hijau dari kentang itu pasti beracun. Tapi untungnya dosis racunnya tidak besar, dan perut kita bakalan robek kekenyangan sebelum mulai merasakan dampak racun kentang.

2. Kentang adalah tanaman untuk suhu dingin. Kentang bisa saja tumbuh pada iklim panas (tanaman kentang di halaman gw itu contohnya), tapi umbinya hanya bisa terbentuk pada suhu dingin. Jadi untuk daerah tropis seperti di Indonesia, kentang cuma bisa ditanam di dataran tinggi. Jadi tidak seperti padi, tidak setiap tempat di Indonesia cocok untuk ditanami kentang.

3. Seperti umbi-umbian pada umumnya, kentang relatif mengandung lebih banyak air jika dibandingkan dengan biji-bijian (beras, jagung). Hal ini menyebabkan kentang tidak bisa terlalu lama disimpan (kentang di halaman gw? Itu sempat tersimpan di kulkas selama 2 bulan emoticon-Hammer (S)). Dari literatur yang gw baca, memang usia penyimpanan kentang sekitar 2-3 bulan. Padahal usia panen kentang sekitar 5-6 bulan, tergantung jenis kentangnya.

4. Penduduk Indonesia cenderung menganggap kentang bukan sebagai makanan pokok tetapi lauk nasi. Beda misalnya dengan mi, yang terkadang dianggap makanan pokok pengganti nasi, dalam benak manusia Indonesia, kentang sama sekali tidak masuk dalam kategori makanan pokok.

Lalu ... keuntungannya?

1. Kentang merupakan bahan makanan pokok yang paling tinggi hasilnya jika dihitung dari jumlah kalori yang dihasilkan. Walaupun satu kilo kentang cuma menghasilkan kurang dari separuh jumlah kalori beras, tetapi hasil panen kentang dalam sepetak tanah 5-6 kali lipat daripada hasil panen beras. Jadi untuk tiap petak tanah, kentang sanggup memberi makan lebih banyak orang (tiga kali lipat lebih banyak lho ...).

2. Satu kilo kentang cuma menghasilkan kalori kurang dari setengah kilo beras? Berarti kentang bisa dimanfaatkan untuk program diet, karena untuk asupan kalori yang sama, kita bakalan lebih cepat kenyang jika makan kentang.

3. Perbandingan kandungan natrium (6mg per 100g) dan kalium (421mg) pada kentang memungkinkan kita memenuhi kebutuhan garam tanpa menyebabkan kenaikan tekanan darah. Jadi kentang cocok digunakan sebagai bahan makanan pokok penderita hipertensi. Gandum juga punya profil yang sama, tetapi yang sering dilupakan orang adalah salah satu bahan utama roti adalah soda kue alias natrium bikarbonat.

4. Yang jarang diiklankan kalo kita ngomongin kentang adalah kandungan vitamin C kentang yang lumayan tinggi. Makan seperempat kilo kentang sudah mencukupi kebutuhan harian vitamin C (berdasarkan standar WHO).

5. Kentang itu enak .. cuma butuh garam dan minyak goreng sudah bisa jadi kentang goreng ... Kalo nasi + garam kan ga seenak itu ... emoticon-Big Grin

6. Harga kentang .. eh emoticon-Bingung (S) .. gw jarang ke pasar .. emoticon-Malu (S) ada yang bisa kasih info ga? Terakhir gw ke Carrefour, kentang impor harganya 5000 sekilo, padahal beras rojolele sekitar 9000an.


Dan jangan dilupakan juga .... black campaign ... emoticon-Hammer (S)

1. Biji beras itu mengandung arsenik. Tahu kan arsenik itu apa? Itu tuh, racun tikus yang dipake buat bunuh Munir ... Nah, beras secara alami menyerap kandungan arsenik dari air dan menumpuknya di bagian biji.

2. masih cari-cari .... emoticon-Ngacir
Diubah oleh peyotpetot 06-02-2013 02:06
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
23.2K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.