Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Buat agan yang mau jadi penulis atau penerbit buku, ini gan prosedur-prosedurnya

ihsan.creationAvatar border
TS
ihsan.creation
Buat agan yang mau jadi penulis atau penerbit buku, ini gan prosedur-prosedurnya
Halo gan.
Semoga tambah cihuy ngaskusnya walaupun lagi puasa.

Nah, ane pengen share nih pengalaman ane waktu jadi penulis buku.
Siapa tau agan-agan juga ada yang tertarik jadi penulis.

Begini gan alurnya.
Awalnya tuh agan harus udah siap dengan naskah agan. Topiknya bisa ditentuin sebelum agan ketemu penerbit atau penerbit yang tentuin waktu nawarin ke agan untuk dibikinin buku.
Nah abis itu, tahapannya:
1. Seleksi naskah
- Penerbit akan menyeleksi naskah yang agan bikin, klo menurut penerbit udah layak materinya, naskah agan lolos tahap 1.

2. Jika penerbit cocok dengan naskah tsb maka akan dibuat surat perjanjian jual beli naskah
- Nah di sini nih tahapan yang paling menarik, kenapa? karena di tahap ini kita bisa bicarain masalah pembayaran (uang). Nanti agan akan ditawari bentuk-bentuk pembelian naskah, biasanya sih cuma 2, royalti atau jual putus.
- Bentuk Royalti yang dimaksud di sini adalah penerbit menggunakan sistem royalti dalam menghargai karya seorang penulis buku. Besaran royalti itu bervariasi antara penerbit satu dengan penerbit yang lainnya. Masing-masing penerbit memiliki policy masing-masing. Namun, besaran standar royalti penerbit di Indonesia adalah 10 % dari harga jual eceran (bruto) per bukunya. Ada juga yang hanya mematok 5 % dan 7%.
- Bentuk Jual Putus, maksudnya penerbit menerapkan sistem jual putus (flat). Besaran angka yang dipatok untuk sistem jual putus ini umumnya berkisar antara Rp 1,5 juta sampai Rp 15 juta, bisa juga lebih, tergantung ketebalan buku, proyeksi pasar, dan kredibilitas penulis. Sistem jual putus ini menguntungkan penulis yang membutuhkan dana segera karena terdesak kebutuhan. Kelemahannya, jika buku itu meledak di pasaran, sang penulis buku itu tidak dapat menikmati kesuksesan itu. Penerbitnyalah yang meraup untung besar.

Dari pengalaman, selain 10% dari harga bruto, ada pula beberapa penerbit yang mematok royalti 15 %, namun dihitung dari harga bersih (netto) per bukunya. Harga bersih itu sendiri adalah harga jual buku dikurangi biaya marketing atau rabat maksimal distributor sebesar 55%.

3. pembacaan ulang dan pendalaman materi
- Pada tahapan ini naskah agan udah masuk ke penerbit. Penerbit akan melakukan pembacaan ulang dan pendalaman materi dari naskah yang agan bikin. Tim editor penerbit akan melakukan editing awal untuk naskah agan.

4. layout
- Tahapan ini juga ada penerbit. Penerbit akan melakukan layout naskah yang udah direvisi sama editornya biar naskah agan keliatan ciamik waktu dibaca. Dari proses ini bisa ketauan jumlah halaman sebenernya dari naskah yang agan bikin.

5. editing terkait isi materi dan tata bahasa, termasuk sumber pusaka. minimal editing 3 kali
- Ini juga tahapan di penerbit. Isi materi dan tata bahasa akan dicek ulang oleh tim editornya penerbit. Penerbit yang bagus itu, akan mengecek naskah sampe 3 kali pengecekan untuk memastikan semuanya bener, mulai dari nama penulis, tata bahasa, penggunaan titik koma, dan sebagainya gan.

6. setelah buku siap cetak, terlebih dahulu dikonfirmasikan ke penulis terkait isi materi (penulis bisa mereview buku sebelum dicetak) dan menginformasikan ke penulis bentuk utuh buku yang akan dicetak.
- Pada tahapan ini, naskah hasil editing penerbit akan dikasih lagi ke penulis untuk direview lagi. Agan bisa bandingin perubahan2 yang dilakukan sama penerbit terhadap naskah yang dulu agan bikin. Agan juga bisa mengajukan perubahan klo ada isi materi yang menurut agan penting ditampilin, tp diilangin sama penerbit. Atau bisa juga ada kesalahan kata-kata dan lainnya yang perlu direvisi lagi sama penerbit biar tambah mantap buku agan yang akan dicetak.
Klo udah cocok semua, naskah siap dicetak dan diedarkan ke distributor dan toko-toko buku.

7. selama masa penjualan, penerbit wajib melaporkan berapa penjualan (untuk bentuk royalti).
- Klo agan dapet penawarannya bentuk royalti, penerbit wajib memberikan laporan penjualan buku. Ini terkait pembayaran yang akan agan dapet.


Mungkin segitu aja gan penjelasan dari ane.
Semoga bermanfaat dan semoga agan-agan bisa jadi penulis terkenal. emoticon-Smilie

Salam damai untuk semua penulis.

Selamat puasa juga buat yang berpuasa.
Polling
0 suara
Agan tertarik jadi penulis?
1
2K
20
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.