excellentdefendAvatar border
TS
excellentdefend
Koneksi BlackBerry kembali Error.
Spoiler for Sebelumnya No Repsol:




Para pengguna BlackBerry di Indonesia mengeluh, koneksi jaringannya kembali bermasalah. Mulai dari BlackBerry Messenger (BBM), email, dan social media, dikeluhkan error sejak beberapa jam yang lalu.

Keluhan soal masalah jaringan ini mulai ramai disuarakan di sejumlah jejaring sosial. Di Twitter, misalnya, keluhan ngadatnya jaringan mulai terlihat sejak sekitar pukul 21.00 WIB, Selasa (23/7/2013).

"Blackberry error again, again, again, again emoticon-Frownit's make me confused," keluh akun ‏@evaaalestari. "What happen with the RIM in this last recent month? #blackberry error," sahut akun @Amries11

"Capek bgt pk blackberry kerjaannya error mulu, ada sih orang bisa nerima bbm giliran di bales malah x bahkan ke diri sendiri x. Maunya apa." tulis @CC_Amanda.

Pihak BlackBerry Indonesia sendiri saat dikonfirmasi mengaku masih menyiapkan jawaban resmi terkait gangguan jaringan ini.

Gangguan semacam ini tercatat sudah yang kelima kalinya terjadi dalam setahun terakhir.

Tak cuma di Indonesia, koneksi BlackBerry ternyata juga bermasalah di Asia Pasifik. Tim teknis dari BlackBerry Indonesia masih menginvestigasi masalahnya untuk dilaporkan ke BlackBerry regional dan Kementerian Kominfo.

"Delay layanan BlackBerry masih berdampak ke pengguna di Asia Pasifik. Mohon maaf, kami akan update secepatnya. Tks atas kesabaran Anda," demikian ditulis salah satu akun Twitter resmi BlackBerry Indonesia, @BlackBerryBantu.

Jaringan BlackBerry di Asia Pasifik tercatat mulai terganggu sejak dua jam lalu, atau sekitar pukul 21.00 WIB. Diharapkan oleh BlackBerry, masalah jaringan bisa ditanggulangi secepatnya.

Sementara Yolanda Nainggolan, PR Manager BlackBerry Indonesia, saat dikonfirmasi juga mengakui jaringannya masih mengalami kendala. "Saat ini sedang ada service delay dan tim teknis sedang investigasi," jelasnya kepada saya, Selasa (23/7/2013).

Dari hasil investigasi internal, termasuk melakukan pengecekan bersama operator yang menjadi mitra penyelenggara jaringannya di Indonesia, laporan ini akan diberikan secara detail kepada pihak BlackBerry di kawasan regional untuk bantu menginvestigasi.

Kementerian Kominfo telah bertemu dengan pihak BlackBerry Indonesia, membahas masalah tumbangnya jaringan beberapa waktu lalu. Meski sudah lima kali bermasalah tahun ini, vendor asal Kanada itu lolos dari sanksi asalkan tidak diulangi lagi, khususnya saat Lebaran nanti.

"Pejabat BlackBerry Indonesia dan Kanada sudah mendatangi kami menjelaskan kejadian tumbangnya jaringan belum lama ini," ungkap Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo Gatot S Dewa Broto kepada saya, Selasa (23/7/2013).

"Kami minta itu menjadi kejadian yang terakhir, dimana pelanggan seperti mencari tahu sendiri masalah yang dihadapinya," tegas Gatot lebih lanjut.

Sama halnya dengan pemaparan kepada media, pihak BlackBerry juga menjelaskan hal yang sama kepada pihak Kominfo. Dijelaskan, tumbangnya jaringan BlackBerry Internet Service (BIS) dikarenakan ada konfigurasi yang salah dan komponen yang gagal saat BlackBerry melakukan upgrade system untuk maintenance jaringan.

Dalam proses upgrade jaringan BlackBerry ini terjadi salah konfigurasi sehingga sistem tidak berjalan dengan baik. "Dan ini hanya terjadi di Indonesia," kata Maspiyono Handoyo, Managing Director BlackBerry Indonesia, pekan lalu.

Gatot pun menegaskan, pihaknya tidak akan memberi toleransi lagi jika hal semacam ini kembali terulang. "Kami minta jelang Lebaran nanti tidak ada dulu upgrade jaringan karena masyarakat sudah terbiasa berkirim pesan ucapan selamat Lebaran melalui BBM (BlackBerry Messenger). Ini kami wanti-wanti, karena kalau tumbang lagi, kita akan serius terkait sanksi," tegasnya.

BlackBerry ketika mengunjungi Kominfo diwakili oleh dua orang Director Government Relations-nya, Jason Saunderson selaku representasi Asia Pasifik dan Kusuma Lienandjaja yang mewakili Indonesia. "Kami akan lebih intens berkomunikasi dan memberitahu lebih cepat setiap masalah di masa depan ke pemerintah nantinya," kata Kusuma.

Saat ini BlackBerry memiliki sekitar 80 juta pelanggan di seluruh dunia, dimana 15 juta di antaranya datang dari Indonesia. Di Indonesia, BlackBerry bermitra dengan tiga distributor resmi, yakni PT Teletama Artha Mandiri (TAM), PT Comtech Selular (Comtech), dan PT Surya Citra Multimedia (SCM).

Melalui kemitraan ini telah dibangun 56 lokasi BlackBerry Expert Center di beberapa kota besar di Indonesia. Sementara operator yang menjadi mitranya di antaranya Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Hutchison 3 Indonesia, Axis Telekom Indonesia, dan Smartfren Telecom.

BlackBerry sendiri tengah mengalami tekanan kinerja keuangan sehingga terpaksa menutup sekitar 14 pabriknya, termasuk di Malaysia. Saat ini pabrik BlackBerry tersisa di Taiwan, Mexico, dan Hungaria.
Quote:

Spoiler for Jangan Lupa:

Quote:
Diubah oleh excellentdefend 23-07-2013 18:28
0
4.2K
60
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.