Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tenagadalam.orgAvatar border
TS
tenagadalam.org
Bangun Sahur Bikin Kurang Tidur? Ini Siasat Agar Tidak Mengantuk
Cukup banyak hasil riset yang menyebutkan, pola tidur yang buruk berpengaruh sangat signifikan pada menurunnya produktivitas dan kesehatan. Apalagi di bulan Ramadan ini, ketika mereka yang berpuasa harus bangun dinihari untuk makan sahur.
Tentunya, waktu tidur yang idealnya delapan jam setiap hari, jadi sulit terpenuhi. Berikut tips menjaga pola tidur di bulan Ramadhan dari Maria Margaretha, Medical & Scientific Dept. Head SOHO Group dalam keterangan pers tertulisnya kepada Tribun, hari Minggu (21/7/2013):

1. Geser jam tidur di malam hari

Usahakan untuk tidak begadang saat bulan puasa, apabila memungkinkan segeralah tidur setelah salat tarawih. Misalnya jam 21.00 selesai, usahakan langsung tidur. Jangan melakukan kegiatan-kegiatan lain yang bisa mengurangi jam tidur.
Jika sebelum bulan puasa Anda memiliki kebiasaan untuk berjalan-jalan sepulang kantor hingga malam hari, maka sebaiknya kebiasaan tersebut dihentikan terlebih dahulu. Ini dilakukan agar jam tidur Anda tetap tercukupi untuk beraktivitas keesokan harinya.

2. Tidur setelah sahur

Sempatkan untuk tidur walaupun hanya sebentar saat setelah sahur. Hal ini penting untuk mencegah tubuh menjadi ngantuk saat berkendara menuju tempat kerja.
Selain itu, rasa mengantuk juga menjadi penyebab meningkatnya angka kecelakaan saat berkendara. Sehingga ada baiknya untuk menyempatkan tidur setelah makan sahur.

3. Tidur siang

Sempatkan juga untuk tidur siang di sela-sela waktu istirahat, misalnya setelah salat zuhur. Meskipun terlihat beberapa menit tidak berpengaruh, nyatanya menyempatkan tidur selama lebih kurang 20 menit justru memberi pengaruh yang luar biasa terhadap tubuh.

4. Lakukan peregangan

Meregangkan badan dapat membantu kerja aliran darah ke seluruh tubuh, terutama pada bagian kepala. Lakukan peregangan secara teratur. Anda bisa meregangkan tubuh dengan cara yang sederhana ditambah memberi pijatan pada area...

tips agar puasa gak lemes dan lupa dengan rasa laper: perbanyak aktifitas yang membuat hati seneng, asal jangan melanggar dari norma2 agama, misal nya klo agan suka game, silahkan main game aja tapi ingat sholat 5 waktu harus latihan untuk ikhlas melaksanakannya, klo ga ridho pasti bakal merasakan capek dan lelah plus laper, iya kan?? he..he..
aktifitas lainnya nonton film yg lucu2
Diubah oleh tenagadalam.org 23-07-2013 02:02
0
1.7K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.