Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

harydjAvatar border
TS
harydj
Mengapa Nyamuk Lebih Menyukai Orang Tertentu?


Kasus ini barangkali pernah Anda lami. Saat berada di kebun atau berkemah, barangkali Anda sering heran melihat seorang teman yang tetap kalem, sementara sobat-sobat Anda lainnya kalang kabut mengusir nyamuk. Tak usah heran karena, menurut penelitian profesor biologi dari Vanderbilt University, L.J. Zwiebel, nyamuk memang punya selera khusus.

Nyamuk, menurut Zwiebel, mendeteksi mamalia incarannya berdasarkan pancaran panas dan emisi karbon dioksida dari tubuh calon mangsanya.
Perempuan hamil dan mereka yang bertubuh besar sering menjadi sasaran empuk nyamuk karena mereka memancarkan panas lebih besar dari
rata-rata orang.Nyamuk tak bisa membedakan kualitas dan rasa darah calon mangsanya. “Mereka juga tertarik pada bau tubuh calon mangsanya... dan itu ada kaitannya dengan bakteri yang ada di permukaan kulit kita,” kata Zwiebel dua hari lalu. Semakin kita berkeringat dan banyak beraktivitas di luar
ruangan, semakin tertarik nyamuk hinggap di kulit kita.

Zwiebel memperingatkan menggaruk bekas gigitan nyamuk bisa memperparah gatal. Sebab, saat nyamuk menggigit korbannya, dia akan meninggalkan semacam ludah dan antipembekuan darah. Tubuh korban akan mengirim antibodi untuk melawan gigitan nyamuk itu. Tapi, jika kita menggaruk bekas gigitan, ludah nyamuk itu malah semakin tersebar dan memperparah rasa gatal.

Penelitian Y. Shirai dan temantemannya pada 2004 membuktikan, nyamuk lebih berselera pada orang bergolongan darah O ketimbang yang bergolongan darah A. Mereka yang bergolongan darah B ada di antara dua golongan darah itu.

source: detik..com
0
10.8K
307
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.