Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dewa.jsAvatar border
TS
dewa.js
Keunikan Huruf Rusia
Bahasa Rusia sangat unik untuk dipelajari. Keunikannya antara lain dari huruf-huruf bahasa itu sendiri sejak pandangan pertama. Huruf-huruf tersebut bukan huruf latin, Arab, China, Jepang atau Sansekerta.

Para tamu asing, termasuk peserta "Minggu KTT APEC 2012" di Vladivostok, Rusia (2-9 September 2012) yang baru pertama kali mengenal dan melihat huruf Rusia cukup bingung. Jangankan tahu artinya, cara mengucapkannya saja harus berpikir beberapa saat.

Selama perhelatan APEC ini, salah kata Rusia yang sering terlihat jelas adalah ???? [ATES]. Kata APEC dan ???? ini selalu bersandingan. ???? merupakan kependekan dari APEC dalam bahasa Rusia. Tetapi tetap saja ada orang yang masih bertanya-tanya kata apa itu dan apa artinya.

Dalam bahasa Rusia terdapat 33 huruf. Beberapa keunikan dalam huruf tersebut antara lain terdapat huruf yang sama dengan huruf latin baik diucapkan maupun ditulis seperti "A", "M", "O" dan "T". Selain itu, terdapat huruf yang sama dengan huruf latin, tetapi berbeda dalam pengucapan, seperti "?" [v atau w], "E" [ye], "H" [n], "P" [r] dan "C" [s]. Keunikan lainnya adalah huruf yang seperti "R" terbalik, yaitu "?" [ya], "N" terbalik, yaitu "?" [i], dan angka "3" [z]. Belum lagi huruf-huruf lainnya yang seperti aneh dilihat, karena tidak ada dalam huruf latin, seperti "?" [b], "?" [g], "?" [d], "?" [zh], "?" [p], "?" [f] dan "?" [e].

Huruf-huruf bahasa Rusia tersebut adalah:
??-[Aa] ??-[Bb] ??-[Vv/Ww] ??-[Gg] ??-[Dd] ??-[Ee/YEye] ??-[YO/yo]
??-[ZHzh] ??-[Zz] ??-[Ii] ??-[Yy] ??-[Kk] ??-[Ll] ??-[Mm] ??-[Nn]
??-[Oo] ??-[Pp] ??-[Rr] ??-[Ss] ??-[Tt] ??-[Uu] ??-[Ff] ??-[KHkh]
??-[TSts] ??-[CHch] ??-[SHsh] ??-[SHCHshch] ??-tanda lunak ??-[Yy]
??-tanda keras ??-[Ee] ??-[YUyu] ??-[YAya]

Kalau setiap huruf mempunyai bunyi, itu hal biasa. Keunikan lain dalam huruf Rusia adalah terdapat huruf yang tidak berbunyi, yaitu "?" (???? – [?’??’]/dyen' (hari)) dan "?" (????? – [a??’??]/aby'om (volume)). Terdapat pula satu huruf memiliki dua bunyi, seperti "?" [ya] (??????/Rassiya (Rusia)) dan "?" [yu], dan satu bunyi terdiri dari gabungan huruf, seperti bunyi [?’]/sh'emoticon-Wink dalam gabungan huruf "??"/zhch (???????/muzhchina– ??[?’]???/mu[sh'i]na (laki-laki).

Huruf cetak berbeda dengan huruf tulis atau huruf sambung, khususnya dalam penulisan huruf kecil. Sebagai contoh, huruf cetak "?" [v/w] dalam bahasa Rusia seperti huruf tulis "b" dalam bahasa Indonesia, "?" [d] - "g", "?" [i] - "u", "?" [r] - "?" dan "?" [t] - "m".

Bagi orang asing yang sudah terbiasa dengan huruf latin cukup sulit untuk menghafal huruf-huruf Rusia dalam waktu singkat. Sering kali tertukar antara huruf latin dan huruf Rusia baik dalam pengucapan atapun penulisan, misalnya huruf B, H, P dan C.

Ada lagi salah satu huruf yang unik, yaitu huruf yang menyerupai angka 61. Huruf tersebut adalah huruf "?", huruf ke-29. Misalnya pada kata "?????" (oddykh/liburan). Pengucapanya mungkin cukup sulit. "?" kedengarannya seperti [eui], seperti contoh pengucapan kata "Euis".

selanjutnya silahkan Sumber
0
5.3K
50
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.