Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gen1usclanAvatar border
TS
gen1usclan
[Hot] Perang Ramadhan, Koalisi Arab vs Israel..!!
Spoiler for No Repost:

[Hot] Perang Ramadhan, Koalisi Arab vs Israel..!!
[Hot] Perang Ramadhan, Koalisi Arab vs Israel..!!
Perang Yom Kippur mendapatkan nama demikian karena tanggal dimulainya perang tersebut (6 Oktober 1973) bertepatan dengan hari Yom Kippur, hari suci dari umat Yahudi. Negara-negara Arab memulai perang pada tanggal tersebut dengan harapan bisa memanfaatkan kelengahan Israel yang para personil militernya sedang berlibur & berpuasa. Menariknya, bukan hanya kaum kaum Yahudi Israel yang sedang berpuasa pada hari itu. Para personil militer negara-negara Arab yang beragama Islam juga melaksanakan puasa karena tanggal tersebut juga bertepatan dengan bulan Ramadhan sehingga perang tersebut juga dikenal dengan nama lain "Perang Ramadhan". emoticon-Cape d... (S)


Negara-negara koalisi Arab (Mesir, Suriah, Lybia) menyerbu Israel secara tiba-tiba. Di dataran tinggi Golan, garis pertahanan Israel yang hanya berjumlah 180 tank harus berhadapan dengan 1400 tank Suriah. Sedangkan di terusan Suez, kurang dari 500 prajurit Israel berhadapan dengan 80.000 prajurit Mesir.


Pada permulaan perang, Israel terpaksa menarik mundur pasukannya. Tetapi setelah memobilisasi tentara cadangan, mereka bisa memukul tentara invasi sampai jauh di Mesir dan Suriah. Israel berhasil "menjinakkan" payung udara Mesir yang ternyata lambat dalam mengiringi gerak maju pasukkannya, dengan langsung mengisi celah (gap) antara payung udara dengan pasukan yang sudah berada lebih jauh di depan. Akibatnya beberapa divisi Mesir terjebak bahkan kehabisan perbekalan. Sementara di front timur, Israel berhasil menahan serangan lapis baja Suriah.emoticon-Cape d... (S)

Melihat Mesir mengalami kekalahan, Uni Soviet tidak tinggal diam. Melihat tindakan Uni Soviet, Amerika Serikat segera mempersiapkan kekuatannya. Kemudian, Raja Faisal bin Abdul Aziz dari Arab Saudi mengumumkan pembatasan produksi minyak. Krisis energi muncul dan negara negara industri kewalahan lantaran harga minyak dunia membumbung tinggi. Dua minggu setelah perang dimulai, Dewan Keamanan PBB mengadakan rapat dan mengeluarkan resolusi 339 serta gencatan senjata dan dengan ini mencegah kekalahan total Mesir.

Secara total 2.688 tentara Israel tewas dan kurang lebih 7.000 orang cedera, 314 tentara Israel dijadikan tawanan perang dan puluhan tentara Israel hilang (17 di antaranya bahkan sampai tahun 2003 belum ditemukan). Tentara Israel kehilangan 102 pesawat tempur dan kurang lebih 800 tank. Di sisi Mesir dan Suriah 35.000 tentara tewas dan lebih dari 15.000 cedera. 8300 tentara ditawan. Angkatan Udara Mesir kehilangan 235 pesawat tempur dan Suriah 135.

Ini Ceritanya panjang bro, tapi dirangkum biar singkat..
Kesimpulannnya:
1. Negara-negara Arab tidak menghormati "bangsa" lain yang sedang berpuasa
2. Justru "menzalimi" orang yang berpuasa
3. Beraninya keroyokan
4. Sudah keroyokan malah babak belur sendiri
5. Salute buat Israel


Sourcehttp://id.wikipedia.org/wiki/Perang_Yom_Kippur
Diubah oleh gen1usclan 14-08-2013 17:55
0
5.1K
24
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.