Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tukangonlenAvatar border
TS
tukangonlen
Dituding Pro Nazi, Soldaten Kaffee Bandung Tutup
Dituding Pro Nazi, Soldaten Kaffee Bandung Tutup
Dituding Pro Nazi, Soldaten Kaffee Bandung Tutup


Sebuah kafe bergaya Nazi Jerman di Bandung, Soldaten Kaffee der Kommandantur Gross, tutup usaha sejak sepekan lalu. Pemiliknya, Henry Mulyana, mengatakan penutupan itu karena pemberitaan media massa yang tidak benar. "Berawal dari berita yang tidak sesuai dengan keterangan saya waktu wawancara," ujarnya, Sabtu, 20 Juli 2013.

Pada berita sebuah harian berbahasa Inggris, kata Henry, ia disebutkan mengklaim tidak ada bukti Nazi telah melakukan kejahatan kemanusiaan terhadap bangsa Yahudi. "Itu tidak benar. Saya katakan sekali lagi, saya percaya dan yakin holocaust itu pernah terjadi," katanya.

Henry yang didampingi kuasa hukumnya menyatakan ia telah menjadi korban dari pemberitaan sepihak. Ia menuding ada unsur rekayasa dan pelintiran berita yang bertujuan untuk mencari sensasi. "Kami minta hak jawab ke media tersebut, kalau tidak dimuat kami akan laporkan ke Dewan Pers," kata kuasa hukum Henry, Rohman Hidayat.

Menurut Rohman, berita miring soal pemilik dan kafe bergaya Nazi itu telah menyebar ke belasan koran asing, seperti di Amerika Serikat dan Israel. Henry juga mengaku mendapat kecaman dari pihak luar negeri, serta telepon bernada marah dari beberapa orang. "Seolah-olah Henry itu penganut Nazi," kata Rohman.

Karena sudah dicap negatif, Henry memutuskan untuk menutup usahanya. Kecemasan berikutnya yaitu ditolak ke sejumlah negara karena dianggap pendukung Nazi. "Padahal, Nazi di kafe itu cuma jadi seni, bukan penyebaran ideologi," ujar anggota Reenactor berusia 35 tahun itu. Kafe bergaya Jerman itu dibuka pada 2011 di Blok A 46 Pasirkaliki Hyper Square, Bandung.

SUMBERNYA
0
3.4K
45
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.