Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
972
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51335c46e474b4996d000008/mulai-hidup-sehat-solusi-bike2work-di-indonesia-quotjauh-capekquot-bukan-alasan
Melanjutkan hot thread ane Copenhagen, Kota para Goweser Pada thread ane tersebut banyak sekali kaskuser yang mengeluh bahwa di Indonesia sulit menjalankan bike to work dengan berbagai alasan. Alasan
Lapor Hansip
03-03-2013 21:20

[Mulai Hidup Sehat] Buat yang ngeluh Bike2work itu "jauh dan capek", ini solusinya

Past Hot Thread
Melanjutkan hot thread ane



Pada thread ane tersebut banyak sekali kaskuser yang mengeluh bahwa di Indonesia sulit menjalankan bike to work dengan berbagai alasan. Alasan yang paling utama adalah JAUH dan PANAS sehingga capekdan INFRASTRUKTUR belum memadai


Quote:Tentu saja jika kita ingin mencontoh copenhagen yang mampu mengintegrasikan angkutan umum (kereta/MRT) dengan sepeda jelas sulit untuk saat ini. karena kondisi angkutan massal di Indonesia yang belum memadai dan kondisi penuh sesaknya angkutan khususnya komuter dan bus/BRT/transjakarta.

kenapa pemerintah nggak mengembangkan infrastruktur sepeda?
karena masyarakatnya nggak ada yang pake sepeda... udah dibuatin jalur sepeda yang pake sangat minim cuma 1-2 orang. akhirnya jalurnya dipake motor

kenapa masyarakat nggak pake sepeda?
karena pemerintah belum menyediakan infrastruktur yang memadai... jadi susah bersepeda ke kantor.

lahhh mbulet ae tohh?????

Lalu bagaimana caranya?


Saat ini ada dua konsep dalam bepergian yang tengah dilakukan di dunia termasuk indonesia, yaitu car sharing dan bike to work.

Apa itu Car Sharing?
car sharing


Bike To Work/School?
bike2work


Lalu, bagaimana caranya agar masyarakat bisa melakukan bike to work dengan nyaman di Jakarta/Surabaya/Bandung/ kota-kota lainnya?
Ini hanya sebatas ide yang tiba-tiba muncul di kepala TS ya gan. mungkin udah ada yang menerapkan atau belum ane belum tau.
Ide TS adalah....
menggabungkan konsep car sharing dengan bike to work
NEBENGERS + GOWESERS


Bagimana caranya menggabungkan kedua konsep tersebut? inilah caranya!!!
Quote:
Konsep ini memadukan konsep car sharing oleh teman yang paling jauh untuk menjemput teman-temannya yang searah dan menggunakan rumah teman paling dekat ke kantor untuk menjadi shelter / penitipan sepeda. Artinya masyarakat melakukan perjalanan kekantor dengan setengah perjalanan menggunakan car sharing dan setengah perjalanan menggunakan sepeda.

saling menjemput --> rumah temen dijadikan shelter sepeda --> naik sepeda bersama-sama
[Mulai Hidup Sehat] Solusi Bike2Work di Indonesia, "JAUH CAPEK" bukan alasan!! --> [Mulai Hidup Sehat] Solusi Bike2Work di Indonesia, "JAUH CAPEK" bukan alasan!!-->[Mulai Hidup Sehat] Solusi Bike2Work di Indonesia, "JAUH CAPEK" bukan alasan!!

kita lihat ilustrasinya..
[Mulai Hidup Sehat] Solusi Bike2Work di Indonesia, "JAUH CAPEK" bukan alasan!!
disini konsep car sharing digunakan oleh A untuk menjemput teman2nya yaitu B,C,D dan E untuk menuju rumah F. Rumah F ini dijadikan sebagai tempat shelter sepeda atau menjadi tempat penyimpanan sepeda seluruh teman-temannya(A,B,C,D,E) setiap hari. Dari rumah F ini A,B,C,D,E, dan F menggunakan sepeda (bike to work) bersam-sama ke kantor.

rumah F ini dipilih karena jarak rumah ke kantor yang mampu ditempuh menggunakan sepeda artinya faktor jauh dan capek bisa hilang.


Manfaat konsep kombinasi car sharing + bike to work:
Quote:
1. Menghemat biaya, karena menggunakan mobil bersama-sama maka biaya bensin bisa patungan
2. Tidak perlu menunggu pemerintah membangun angkutan umum, infrastruktur, fasilitias sepeda
3. Jauh an Capek sudah bukan jadi masalah, karena bersepeda dilakukan dari rumah teman yang cukup dekat dengan kantor
4. Bersepeda itu keren, bayangin aja mana lebih keren pake sepeda motor 10 juta atau sepeda 10 juta?
5. Sehat, walaupun tidak terlalu jauh, tetapi jika dilakukan rutin setiap hari maka mampu menciptakan pola hidup sehat.
6. Mengurangi polusi, kalau alasan nggak bersepeda dan naik mobil karena polusi, kapan polusinya berkurang?
7. Daripada naik angkot sempit2an dan gak nyaman atau motor mending nebeng naik mobil temen, dijemput, tinggal duduk, nyaman lagi.
8.Menciptakan sebuah pertemanan yang solid dengan rekan kerja/teman kuliah karena berangkat bersama-sama bersepeda bersama-sama


kok TS bisa kepikiran kayak gitu?
Quote:
TS bikin trit copenhagen --> banyak yang ngeluh kantornya jauh --> kepikiran sama sepeda masuk kereta di copenhagen --> kondisi angkutan umum indonesia belum memungkinkan --> kenapa sepedanya harus dibawa2? mending taruh shelter yang cukup deket dg kantor-->dimana shelternya? --> rumah temen yang cukup deket dengan kantor --> gimana caranya ke rumah temen itu? --> nebeng atau car sharing --> kombinasi car sharing + bike2work


masih mikir capek? jauh? males? gengsi?

Quote:
buat yang gengsi???
menurut agan sepeda motor 10jutaan sama sepeda ontel 10 jutaan lebih keren mana?

yuk budayakan hidup sehat baik itu naik angkot ataupun ngegowes


Quote:
jangan lupa komen ya gan!
dan juga di emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star
TS juga nggak menolah kalau dikasih emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)

TS minta maaf karena ilustrasi dibuat pakai paint, jika ada yang berkenan membuatkan ilustrasi yang bagus TS sangat berterima kasih sekali

TS juga bukan goweser atau nebengers (belum di kasih rezeki sepeda dan jarak ke kampus cuma 15 menit jalan kaki), TS cuma mengutarakan ide yang tiba2 terlintas dan sangat berharap bisa diterapin di Indonesia.
TS sangat pro dengan rencana pengembangan transportasi massal khususnya angkot (yang nyaman dan aman)


Quote:
Ayo gan dikomen, di rate bintang 5. biar jadi hot tread, banyak yang tau dan bisa diterapkan dan dibudayakan di Indonesia


sumber:
Quote:
pemikiran pribadi
konsep car sharing dari teman-teman ane kuliah dan wikipedia

Diubah oleh bonekprdna
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 41 dari 49
[Mulai Hidup Sehat] Solusi Bike2Work di Indonesia, "JAUH CAPEK" bukan alasan!!
20-07-2013 09:01
cc Pak Jokowi...
semoga pak jokowi membaca trit ente...lalu kepikiran ide/ambil ide untuk DKI jakarta apa khususnya...dan kalau jadi Presiden nantinya Indonesia pada umumnya
0 0
0
[Mulai Hidup Sehat] Solusi Bike2Work di Indonesia, "JAUH CAPEK" bukan alasan!!
20-07-2013 09:01
kmarin ane liat thread tentang tempat parkir sepeda bawah tanah d jepang..
mungkin dsini bsa dibuat utk menggalakan bike2 work..
hari tanpa kendaraan gt..
jd semua orang pake sepeda.. emoticon-Smilie emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Kaskus (S)
0 0
0
[Mulai Hidup Sehat] Solusi Bike2Work di Indonesia, "JAUH CAPEK" bukan alasan!!
20-07-2013 09:01
ane selalu pake sepeda kalo ke kampus, karena ane gak punya motor walaupun sepeda ane seharga motor tapi ane belum ada niatan beli motor. soalnya masih bisa dijangkau pake sepeda, ngapain beli motor.
kendala utama buat ane kalo naek sepeda, parkirnya itu susah cari yg aman. soalnya sepeda itu paling mudah buat dicuri.
0 0
0
[Mulai Hidup Sehat] Solusi Bike2Work di Indonesia, "JAUH CAPEK" bukan alasan!!
20-07-2013 09:01
emoticon-2 Jempol Mantep banget neh TS buat idenya memadukan car sharing dengan bike to work dipikir pikir lumayan efisien ya dan menghemat biaya juga,tidak ada salahnya dicoba
0 0
0
[Mulai Hidup Sehat] Solusi Bike2Work di Indonesia, "JAUH CAPEK" bukan alasan!!
20-07-2013 09:04
sebenarnya bisa gan....akan tetapi harus dari kita sendiri yang mulai, baru ngajak yang lain....pokoknya ane setuju kampnye pemakaian sepeda... emoticon-I Love Indonesia (S): atau malah jalan kaki aja biar sehat....travel
0 0
0
[Mulai Hidup Sehat] Solusi Bike2Work di Indonesia, "JAUH CAPEK" bukan alasan!!
20-07-2013 09:07
selain menyehatkan, bisa jadi solusi penghematan cadangan minyak kita nih emoticon-Big Grin

memang udah seharusnya mulai digalangkan yang seperti ini. dan ini harus nya dimulai dari pimpinan yang paling tinggi buat mencontohkan nya emoticon-Big Grin
0 0
0
[Mulai Hidup Sehat] Solusi Bike2Work di Indonesia, "JAUH CAPEK" bukan alasan!!
20-07-2013 09:07
gak biasa sepedaan dan mengayuh sepeda. Biasa juga ane diboncengin gan.

Diboncengin sambil dengerin musik. Dapet musiknya dari sini free mp3 download
0 0
0
[Mulai Hidup Sehat] Solusi Bike2Work di Indonesia, "JAUH CAPEK" bukan alasan!!
20-07-2013 09:08
Idenya mantap gan emoticon-2 Jempol
Ane sih udah praktekin gan buat bike to work emoticon-Malu
Semangat semoga pemerintah baca thread ini *ngarep* emoticon-Shakehand2
0 0
0
[Mulai Hidup Sehat] Solusi Bike2Work di Indonesia, "JAUH CAPEK" bukan alasan!!
20-07-2013 09:08
setuju sih, meski agaknya harus berjuang ekstra keras, karena pengguna sepeda di dindonesia adalah minoritas, dan harus melawan mayoritas orang indonesia yang berfikir "praktis" (motor murah, dibuat irit, tersugesti lebih cepat karena bisa nyelip nyelip dan ga cape)

ane juga ke kantor naik sepeda, sebelum sepeda ane ilang. ini salah satu kendala juga. pencurian sepeda, mungkin orang kantor tau kalo kita bersepeda ke kantor, tapi saat mereka lihat sepeda kita hilang, mereka akan berfikir, "sepeda aja bisa ilang, ga ada jaminan lebih baik naik sepeda"

jarak rumah ke kantor ane sekitar 18km. ditempuh dengan waktu sekitar 45menit dipagi hari dengan rute depok-margonda-lenteng-pasar minggu-pejaten-buncit. rute pulang sama, namun pada jam sibuk, waktu yang dibutuhkan lebih banyak, sekitar 1,5-2 jam tergantung tingkat kemacetan.

yang sebagian akan beranggapan, naik sepeda lebih cepat. karena bisa naik trotoar dll. maka sebagian orang itu salah besar secara tata tertib lalulintas. dilematik memang, sebagian berfikir untuk menggunakan hak pejalan kaki dengan anggapan, "gue kan naik sepeda, bukan motor" dan yang idealis akan tetap dijalan macet macetan bersama kendaraan bermotor karena tetap berusaha memegang teguh prinsip harga menghargai. -kalo mau dihargai, hargailah orang lain- meski ane naik sepeda, tapi ane sangat jarang naik ke trotoar dan hal lain yang mengganggu ketertiban umum dan hak pejalan kaki.

pada hukumnya, ada pasal yang menyebutkan derajat paling tinggi dalam berlalulintas adalah pesepeda dan pejalan kaki. kembali lagi, kita orang indonesia masih kurang dalam bersikap. meski pejalan kaki, atau pun pesepeda, saat merasa terganggu dengan kendaraan lain di jalanan, mereka akan tetap menunjukkan emosinya, entah dengan memukul atau dengan memaki. tidak ada yang bisa dikatakan benar dalam hal ini.

saat seseorang sudah akan memutuskan untuk bersepeda, sebetulnya ada banyak hal yang ia belum ketahui dan harus ia ketahui sebelum bersepeda dijalan raya. misal, berjalan disisi kiri jalanan, mengguanakan perlengkapan yang wajib digunakan seperti helm, rem, lampu, berjalan dengan baik tanpa se enaknya mengerem dan berbelok sembarangan. lebih baik diam jika ada kendaraan dijalurnya yang melawan arah. ini prinsip. jika hanya menunjukkan bersepeda ke kantor, tapi tetap berperilaku seprti kendaraan kebanyakan, maka akan sia sia saja.

sudah menahun ane bersepeda ke kantor dan kemana saja jika memungkinkan. ane berfikir sederhana, jika masih bisa ditempuh dengan sepeda, buat apa dengan kendaraan. ane pakai kendaraan seperti mobil jika dan hanya jika dalam keperluan tertentu seperti bersama keluarga, menghadiri acara penting,atau mengangkut barang yang sifatnya tidak bisa diangkut sepeda. tapi mindset ini sangat sulit diterapkan, mengingat gaya hidup orang indonesia kebanyakan yang mengutamakan gengsi itu di peringkat pertama, dan gengsi di peringkat kedua, lalu gaya di peringkat ke tiga.

akan ada selalu orang orang yang bilang, "naik sepeda itu kan cape" atau "ga repot apa ganti baju abis keringetan gitu", sekali lagi, kembali ke orangnya masing masing. ini bukan kepada gaya hidup, ini kebiasaan. jika kebiasaannya dari kecil, sekolah diantar, kuliah dibelikan kendaraan, maka dalam pikirannya sudah tidak adalagi pemikiran, "kenapa gak sepedahan aja ya" sangat sulit. sedikit punya uang, beli kendaraan. ditambah dengan iklan yang sangat menarik dan promo pembayaran yang sangat kompetitif dan memudahkan. seluruh dunia tahu kita bangsa yang sangat konsumtif, kenapa pabrikan2 automotif dunia mendirikan plan bahkan sebagian besar investasinya di sini tak lain tak bukan adalah karena pasar indonesia untuk penjualan kenadaraan bermotor sangat menjanjikan, meningkat terus menerus tanpa ada penghalang, bahkan didukung oleh pemerintah.

agan agan sekalian, maap kalo ane jadi curhat panjang lebar, kenapa? karena ane merasakan sendiri bagaimana rasanya, bagaimana dilemanya jadi pengendara sepeda. dari cacimaki, panas terik, hujan lebat, dan peluh keringat yang menjadi garam bercampur debu dan gas dari pembuangan kenalpot kendaraan, semuanya ane alami sendiri dijalan raya. sindiran halus sampai tatapan mata sinis karena berjalan lebih lambat dari pengguna jalan yang lain, dipepet kopaja, angkot dan kendaraan lainnya, harus berhenti menunggu lampu merah dibelakang knalpot kendaraan2, semua harus dijalani oleh para pesepeda dan yang akan memutuskan untuk bersepeda.

di denmark, belanda, dan negara negara eropa lainnya memang udara jauh lebih baik, karen amereka sebagai negara maju bisa memproduksi dan mengembangkan barang barang dan teknologi yang bisa memperbaiki taraf hidup minimal pada skala negaranya masing masing. mereka membuat barang yang dijual untuk warganya sendiri. karena terlihat jelas mereka negara maju, dan kita negara berkembang.

panas? pasti. jika langsung berfikir seperti itu maka dia tidak akan bisa tahan bersepeda. ini sudah ada dialam bawah sadarnya. bisa dipastikan akan berfikir sisi negatifnya dan apa apa yang jadi penghalang sebelum melakukan apa apa. berfikirlah dengan kata, "SEHAT".

motivasi untuk melakukan hal lain yang lebih baik itu berbeda beda. ane bukan dari keluarga atlit yang sangat wajib berolahraga. ane cuma ingin coba merasakan apa yang dirasakan tukang becak, tukang roti keliling, tukang kerupuk yang harus bekerja mencari nafkah dengan sepeda. sekali lagi, akan lebih banyak orang yang tidak sepaham dengan ane, sebagian akan berkata "itu sih salah mereka, kenapa bego, ga mau belajar, ga mau sekolah tinggi" mana yang lebih buruk, bekerja dengan ikhlas dan sungguh sungguh meski dengan kerja keras dan caci makian, atau bekerja dengan derajat tinggi, bayaran tinggi, kekuasaan tinggi, tapi hanya punya sebelah mata untuk digunakan?

itu hanya salah satu hal yang membuat ane mau bersepeda, selain dari kecil ane memang kemana mana naik sepeda. ada juga yang motivasinya karena ingin kurus, itu baik. yang tidak disadari orang lain adalah, saat orang yang memiliki motivasi untuk bersepeda karen ingin kurus, dia dalam perjalanannya meuju kurus akan merasakan manfaat yang lebih dari sekedar ingin menjadi kurus. percayalah. dia akan merasa lebih sehat, punya anyak teman, bisa merasakan apa yang tidak dirasakan orang kebanyakan bahkan sampai tingat dia akan merasa dunia ini akan lebih baik jika tanpa asap kendaraan.


akhir kata, untuk para pesepeda, apapun profesinya yang ane rasain, duduk diatas sadel dan duduk diatas kursi pengendara kendaraan bermotor, jauh lebih menyenangkan duduk diatas sadel. dibelakang stang. angin yang menerpa wajah, suara suara sekitar yang belum tetntu bisa didapatkan saat anda tidak bersepeda.

cape itu relatif, rasa sakit itu sementara.

tubuh manusia sejatinya dibuat dengan segala hal terbaik untuk bisa menghadapi kerasnya dunia, hanya mausia saja yang beslu berusaha mencari kemudahan sampai lupa jika dia memiliki hal yang lebih berharga. kesehatan.

buat ane, badan ini adalah hadiah terbaik dari Tuhan. harus digunakan dan dirawat dengan sebaik baiknya. secara optimal dan tidak di sia sia kan.

berkendara dengan kenaraan memang mudah, dan nyaman.. namun bersepeda adalah lebih baik kepada diri sendiri dan lingkungan.

berfikirlah untuk selalu menjadi yang baik, bukan untuk menjadi lebih sulit.

apa yang anda lihat seringkali anda tidak bisa rasakan, karena mata kepala adalah yang pertama melihat, baru kemudian mata hati.

bersepedalah jika memang kalian ingin, dan hentikan saat badan kalian sudah merasa tidak mampu lagi bersepeda.


ane mohon maaf kalo ada kata kata yang gaenak dihati agan agan sekalian, ane siap di bata, di banned, ato diketawain.

jika pendapat ane bisa buat agan lebih baik, ane ucapkan terimakasih.

salam goweser.emoticon-Kiss
0 0
0
[Mulai Hidup Sehat] Solusi Bike2Work di Indonesia, "JAUH CAPEK" bukan alasan!!
20-07-2013 09:09
menurut ane ga mungkin gan
soalnya geografis indonesia yang amat sangat gede
banyak temen2 kuliah, sekolah n kerja juga banyak yang jauh2 dari rumahnya, klo konsep agan diterapin dijamin pada males
0 0
0
[Mulai Hidup Sehat] Solusi Bike2Work di Indonesia, "JAUH CAPEK" bukan alasan!!
20-07-2013 09:10
ane pengen ngantor pake sepeda, tapi sepedanya belom punya
emoticon-Sorry
0 0
0
[Mulai Hidup Sehat] Solusi Bike2Work di Indonesia, "JAUH CAPEK" bukan alasan!!
20-07-2013 09:10
gw cuma pake sepeda dari sd s/d smp..
sma ganti vespa.. kuliah pake bebek.. iya ya.. harus didukung nih...
0 0
0
[Mulai Hidup Sehat] Solusi Bike2Work di Indonesia, "JAUH CAPEK" bukan alasan!!
20-07-2013 09:12
ane ga kepikiran car sharing gtu gan, kalo d jakarta gatau dah.. egonya pada tinggi, cek aja kalo lg macet "1 ORANG 1 MOBIL, 1 ORANG 1 MOTOR" bayangn aja polusinya.. kalo 1 MOBIL 5 ORANG + 1 ORANG 1 SEPEDA ane jamin 10-20 thn k dpan jakarta mulai bersh udaranya
0 0
0
[Mulai Hidup Sehat] Solusi Bike2Work di Indonesia, "JAUH CAPEK" bukan alasan!!
20-07-2013 09:12
1st day ngontel to work: sampe kantor keringetan bro, jadi bau seharian
besoknya bawaa baju cadangan.. lama kelamaan jadi males nyuci cz per hari ada 3 baju yg kotor.. emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
[Mulai Hidup Sehat] Solusi Bike2Work di Indonesia, "JAUH CAPEK" bukan alasan!!
20-07-2013 09:12
Keren sih emang kalo berangkat sekolah rame-rame naik sepeda.. tapi sayang ane didaerah cilacap jalan nya naik turun terus jerawatan lagi.. emoticon-Ngakak emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak bakal rusak doang sepedanya.
0 0
0
[Mulai Hidup Sehat] Solusi Bike2Work di Indonesia, "JAUH CAPEK" bukan alasan!!
20-07-2013 09:14
suatu saat kalau fasilitasnya udh terpenuhi emoticon-Ngakak
misal jalan untuk sepeda sendiri emoticon-Embarrassment
0 0
0
[Mulai Hidup Sehat] Solusi Bike2Work di Indonesia, "JAUH CAPEK" bukan alasan!!
20-07-2013 09:15
emoticon-Cendol (S)
0 0
0
[Mulai Hidup Sehat] Solusi Bike2Work di Indonesia, "JAUH CAPEK" bukan alasan!!
20-07-2013 09:18
ah tetep aja males gan emoticon-Big Grin
0 0
0
[Mulai Hidup Sehat] Solusi Bike2Work di Indonesia, "JAUH CAPEK" bukan alasan!!
20-07-2013 09:20
problem ane sih sebenar ny karena d daerah ane pegunungan mas bro ,,, berangkat ny enak turun ,,, pulang ny buju buneng ngos2 an wkwkwkwk

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
[Mulai Hidup Sehat] Solusi Bike2Work di Indonesia, "JAUH CAPEK" bukan alasan!!
20-07-2013 09:22
Quote:Original Posted By gijimu
ane pengen banget gan bisa bike 2 work kek gini di Indonesia..
tapi lokasi tempat tinggal ke tempat kerja ane jauh gan, kira2 kurang lebih 10 km gitu, uda gitu banyak banget angkot yg suka ngebut2an n truk2 gede yg nyetirnya ugal2an..
salah dikit tinggal nama ane.. emoticon-Matabelo
uda gitu ortu ane pun ga ngijinin karena hal diatas emoticon-Sorry


gan, jarak rumah ane sama kampus juga kurang lebih 10 km gan, ane mesti ngelewatin jaur daan mogot yang terkenal rawan kecelakaan, tapi ane pake sepeda ko gan, itu have fun aja asal kitanya mau dan juga kita mesti kenal sama sepeda kita, kalo kata tsubasa bola adalah teman, kita jadiin sepeda itu teman gan... ane jamin ga bakal ada kendala deh gan... ane udah sekitar 6 bulan ko bersepeda gan...
0 0
0
Halaman 41 dari 49
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia