Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

moeismuAvatar border
TS
moeismu
Cara Kerja Peredam Senjata
Pertama, semoga post ini bukan emoticon-Blue Repost
Spoiler for No repsol between us:


Assalamualaikum gan, disini ane mau ngeshare pengetahuan tentang cara kerja peredam senjata aka Silencer

Spoiler for Pistol Ber-silencer:


Pernah nonton film yang ada snipernya? Pembunuh bayarannya? Si tokoh sniper atau pembunuh bayaran berjalan di kegelapan malam, mengendap-endap di lorong. Mengambil senjata dari balik baju, kemudian memakaikan benda bulat di ujung pistolnya. Kemudian bertemu korban, dan "tufhht", bunyi tembakan yang tak lebih keras dari kentut berbunyi. Korban mati, tokoh sniper atau pembunuh bayaran pun kabur entah kemana.

Untuk pertama, coba agan bayangin ini balon.
Spoiler for Balon:


Nah, apabila kita nusuk balon dengan peniti, akan menimbulkan suara keras. Tapi, coba kita membuka balon dan membiarkan udaranya keluar perlahan, suaranya akan pelan (ya sama kayak bunyi kentut pistol tadi.. Eh.. ahahhaa)

Proses ini lah yang jadi dasar di balik peredam senjata. Untuk menembakkan peluru dari senapan, bubuk-bubuk senapan terbakar di belakang peluru sehingga menciptakan dentuman gas panas yang keras.

Tekanan dari gas mendorong peluru turun ke laras senapan. Ibarat kata kita lagi membuka sumbatan botol, "poop". Tekanan di belakang peluru sangat besar, 3000 pound per inci^2 (PSI) sehingga suara ledakannya sangat keras seperti suara yang timbul ketika melepaskan sumbatan botol.

Spoiler for Silencer:


Sekarang coba kita liat peredam senjata di atas. Masangnya di ujung laras kan? Volumenya gimana gan? Lebih gede kan? (dimana-mana yang lebih gede emang lebih enak...Eh lagi... ahahaha..). Nah, pas peredam dipasang, gas yang tertekan di belakang peluru punya ruang lagi untuk mengembang. Ingat gak rumus tekanan gas pas agan SMA dulu...? Makin kecil ruangan makin gedeee tekanannya, tapi makin guedeee ruangan, makin keeeecil tekanannya

So, tekanan dan temperatur gas panas menurun drastis. Nah, pas peluru keluar dari lubang dalam peredam, tekanan yang terlepas jauh lebih rendah, mungkin 60 PSI (gile... dari 3000 jadi 60 ckckckck) sehingga suara yang dihasilkan senapan bunyinya kayak kentut..

Tetapi, sebuah peluru yang berjalan dengan kecepatan supersonik tidak dapat diredam karena peluru menciptakan sendiri ledakan sonik yang kecil. "Desinnnngggggggggggggggg" gitu bunyinya... Peredam cuma bisa menghilangkan suara dari lepasnya sumbatan, tetapi bukan suara desinnnggggggggggg'an peluru.

Segitu dulu dari ane, mungkin agan ada yang mau nambahin.

Sumber
Spoiler for Buka:


Spoiler for Buka!!:


And

Spoiler for Buka!!:


Please comment, rate, and cendol emoticon-Shakehand2 emoticon-Malu
Wassalamualaikum Wr. Wb


UPDATE 190713
Sesuai request agan desolous, ane tambahin videonya, ini agak panjang tapi menurut ane ini paling jelas dan mantap penjelasannya

Spoiler for Buka nih videonye:
Diubah oleh moeismu 19-07-2013 13:52
0
41.5K
185
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.