jakartapeduliAvatar border
TS
jakartapeduli
Kebohongan sang menteri pencitraan
itoday - Penyebab kecelakaan mobil Tucuxi yang dikendarai Menteri Negeri BUMN Dahlan bukan karena rem blong.

Demikian dikatakan pengamat otomotif dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Zainal Arifin kepada itoday, Senin (7/1) menanggapi pernyataan Dahlan Iskan bahwa penyebab kecelakaan mobil Tucuxi akibat rem blong.

Menurut Zainal, daerah yang dilewati Dahlan Iskan saat mengendarai mobil Tucuxi menanjak, menurun dan pasti menggunakan rem untuk mengurangi laju kecepatan kendaraan.

"Kalau kita amati gesekan antara kampas rem, tromol apapun dan bergesekan, pasti akan menimbulkan panas, dan membakar material itu sendiri. Kalau dari panas dan membakar, menyebabkan kampasnya mengeras, dan mau direm dengan apapun tidak bisa. Itu bukan rem blong namanya," ujarnya.

Selain itu, kata Zainal, mobil Tucuxi yang harganya cukup mahal tidak dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan. "Harga yang segitu harusnya teknologi yang diberikan dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan, seperti antilock braking sistem (ABS) Airbag dan lain sebagainya. Seharusnya Tucuxi dilengkapi seperti itu," paparnya.

Zainal menyesalkan Dahlan Islan yang melakukan uji coba mobil Tucuxi sejauh 1000 km tetapi kendaraan yang dipakai belum mendapat sertifikat uji kelayakan.

"Harusnya mobil Tucuxi itu mendapat uji kelayakan terlebih dulu. Di negara-negara maju mobil yang ikut uji coba mengikuti standar yang telah ditetapkan. Menurut saya Pak Dahlan terlalu berani mengambil resiko dengan test drive mobilnya itu," pungkas Zainal.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Dahlan Iskan yang mengendarai mobil Tucuxi mengalami kecelakaan di Jalan Raya Solo-Magetan, Dusun Ngerong, Desa Dadi, Kecamatan Plaosan, Magetan, Jawa Timur, Sabtu (5/1).

Dahlan mengaku sengaja menabrakkan mobil ke sisi tebing karena rem blong. Untungnya, Dahlan dan mekanik yang mendampinginya, Ricky Elson, selamat.

http://www.itoday.co.id/politik/tucu...n-iskan-bohong

wah belum jadi presiden saja sudah hobby bohong dan pencitraan, gimana kalo udah jadi presiden?..
Ohiya gimana ya tuh kelanjutan proyek tucuxi?. kok hilang gtu aja?.

salam Jakarta
0
1.6K
8
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.