Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

psycho182Avatar border
TS
psycho182
Ini Sebabnya Mulut Bau Naga Saat Puasa
emoticon-Maaf Agan semoga bermanfaat bagi agan-agan yang sedang menjalankan puasa emoticon-Maaf Aganwati



nih gan Selain masalah pencernaan, hal lain yang sering ditemui saat bulan puasa adalah masalah bau mulut. Karena tidak percaya diri, bahkan banyak orang menjadi lebih pendiam karena takut 'mengganggu' lawan bicara. Apa sebenarnya yang menyebabkan mulut menjadi bau saat bulan puasa?

"Ada 3 faktor utama yang bisa menyebabkan munculnya bau mulut saat berpuasa.

Quote:


Quote:


Quote:


Mengapa paru-paru dan saluran pencernaan bisa menjadi penyebab bau mulut? Menurut Prof Heriandi, mungkin saja terjadi infeksi atau radang pada paru-paru. Sedangkan saluran pencernaan sangat erat hubungannya dengan makanan. Menurut penelitian, cairan pencernaan akan tetap keluar meskipun tidak ada asupan makanan selama puasa.

Hal ini akan mempengaruhi lapisan perut sehinga mengakibatkan munculnya bau busuk seperti bau makanan basi. Tak hanya itu, cadangan lemak dalam tubuh juga melepaskan bahan kimia keton yang didorong keluar bersamaan dengan keluarnya nafas, sehingga menambah aroma bau mulut.

Quote:


Selain itu, ada beberapa faktor lain seperti kurangnya air liur yang mengalir ke dalam mulut, pengeringan rongga mulut, dan berkembangnya bakteri di lidah dan gigi juga membuat mulut berbau tidak enak.

"Makanan yang tidak dicerna dengan baik akan menghasilkan asam ke lambung, kemudian akan menimbulkan gas yang dikeluarkan lagi melalui mulut. Ini juga bisa menjadi penyebab munculnya bau mulut saat berpuasa," ujar Prof Heriandi, yang pernah menjabat sebagai Ketua Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (IDGAI).

Ada beberapa contoh makanan yang bisa membuat munculnya bau mulut, antara lain durian, petai, dan jengkol. Ada baiknya makanan ini tidak dikonsumsi saat sahur. Tak hanya makanan, nyatanya menurut Prof Heriandi minum obat maag juga memberi pengaruh. Pada mulut akan tercium aroma seperti aluminium.

Lantas mengapa ada juga orang berpuasa yang tidak memiliki masalah bau mulut? "Orang yang berpuasa tapi tidak bau mulut berarti tidak memiliki 3 masalah tadi. Tidak ada sinusitis atau penyakit hidung, giginya sehat, daya pencernaannya bagus, dan tidak ada infeksi paru-paru," ujar Prof Heriandi.

0
3K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.