Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AgungSatriawanAvatar border
TS
AgungSatriawan
Menulis Bersama Cerita Zombie


UPDATE: Agan2, naskah ane diterima penerbit, jadi ane ga lanjutin tulisan-tulisan ane. Tapi ane persilakan agan-agan untuk melanjutkan kegiatan ini. Terimakasih untuk semua yang sudah ikutan atau sekadar baca. Mudah-mudahan ada jumpa dalam hobi ngezombie kita ini. emoticon-Smilie

Halo, Agan dan Aganwati .

Ane mau ngajak agan2 bikin cerita bersama nih. Dengan ini kita bisa memenuhi dua hobi sekaligus, yaitu menulis dan membaca. Semakin banyak yang ikutan, semakin banyak ceritanya. Semakin banyak ceritanya, semakin berwarna ceritanya.

Bagaimana cara ikutannya? Gampang, Gan. Agan tinggal membaca tulisan Ane. Dengan membacanya, Agan akan mengetahui temanya. Selanjutnya, Agan tinggal ikutan nulis sesuai dengan kreatifitas, imajinasi, dan kemampuan menulis Agan. Mudah-mudahan nantinya hasil menulis ‘patungan’ kita bisa jadi novel bersama. Kan seru tuh, kaskuser punya novel bersama.

Dalam ‘proyek’ pertama ini, ane mengajukan tema tentang zombie. Itu berarti naskah kita berkategori fiksi. Kenapa zombie? Karena Ane hobi dengan tema ini. Ane suka main, nonton, atau baca, game, film, bacaan yang temanya zombie. Jadi Ane kepikiran untuk bikin cerita zombie yang settingnya di Indonesia, meskipun tidak tertutup bersetting global nantinya.

Apa sih manfatnya ikutan nulis bersama ini? Banyak, Gan. Terutama buat yang hobi baca dan nulis. Karena jadi bahan hiburan dan latihan. Hasrat menulis Agan bisa tersalurkan di ‘proyek’ ini. Begitu pun hobi membaca Agan. Selain itu juga menjadi ajang berbagi tentang dunia penulisan. Jadi buat Agan2 yang mau jadi penulis, atau sudah menjadi penulis, bisa bergabung untuk berbagi. Berbagi itu indah, Gan. emoticon-Smilie

Kedepannya akan ada tema-tema yang bisa kita sepakati dan tulis bersama lagi. Yang penting kita selesaikan satu tema, baru ke tema berikutnya.

Oke, Gan, langsung aja kita fokus ke profil naskah:

Nama Kegiatan : Menulis bersama.
Kategori : Fiksi.
Tema : Zombie.
Judul : Zombie Aedes.
Setting : Indonesia.
Spoiler for Sinopsis:


Demikian tema dari Ane, Gan. Selanjutnya Ane akan mulai dengan tahap awal. Sebelumnya kita sepakati aja, Gan. Bahwa desain besar naskah ini adalah plot standar, yaitu: Pengenalan tokoh, pengenalan masalah, konflik, klimak, dan anti-klimak.
Nah, sekarang kita ada di tahap awal, yaitu pengenalan tokoh, yang sekaligus bisa menjadi pengenalan masalah. Saat wabah baru menyebar. Ane akan mulai tahap ini dari berbagai setting tempat. Dan agan tinggal ikut menulis tahap ini. Kalau nggak ada yang ikut, ya jadi novel sendiri. Hehehe.
Untuk ikut nulis, terserah agan settingnya di mana. Mau di sekolah, kantor, kampus, pabrik, komplek perumahan, pasar, mall, jalanan, atau ruang terbuka seperti pantai dan gunung. Lebih asyik kalau setting tempatnya ada di dunia nyata. Apalagi lingkungan Agan sendiri. Lebih asoy menghayalnya. Jangan lupa, Gan. Penulisannya sesuai kaidah Bahasa Indonesia yak. Jangan ngasal apalagi ngalay. Di sini ane juga berperan jadi editor. Sambil ane belajar aja, Gan. Sukur-sukur ternyata sama-sama belajar.

Untuk masalah legal, semua cerita yang Agan tulis tentu jadi milik Agan sendiri. Bisa Agan ambil alias minta hapus dengan kasih tau Ane. Untuk tema, hak mutlak ane. Agan berhak mengembangkan tema, selama ane anggap nggak menganggu tema awal. Kalau mau bebas, Agan bisa bikin tema sendiri dan mengajak ane dan kaskuser lain untuk join. Kalau kedepannya ada nilai ekonomi, kita obrolin lagi, Gan. Yang pasti, sekarang kita bersenang-senang dulu dalam dunia penulisan.

Untuk diskusi kita gunakan postingan ane yang ini ya, Gan. Untuk naskah fiksinya sendiri ada di link yang ini:
http://www.kaskus.co.id/post/51da52e...cb170963000002

Selamat klik link di atas, Gan! Ayo mulai ceritanya. Ane tunggu tulisan Agan/Aganwati.
Selamat membaca dan menulis.

TS

Spoiler for Karaketristik Zombie:


Diubah oleh AgungSatriawan 22-12-2014 06:38
0
9.7K
103
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.