• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Rarity (Tingkat Kelangkaan) dan membedakan kartu Yugioh Ori (Asli) & Fake (Palsu)

SolixinAvatar border
TS
Solixin
Rarity (Tingkat Kelangkaan) dan membedakan kartu Yugioh Ori (Asli) & Fake (Palsu)
Semoga Bermanfaat,,,
Dirangkum dari berbagai sumber


1. Rarity
Seperti yang kita tahu, ada beberapa rarity atau tingkat kelangkaan dalam permainan kartu Yu-Gi-Oh! ini. Untuk gambar, tersedia dalam album Deviantart saya (http://aolady.deviantart.com/gallery/44642986) Berikut jenis dan keterangan singkatnya :

a. Common

[url]http://aolady.deviantart.com/art/RarityS E N S O Rmon-383814476[/url]
merupakan tingkat rarity terendah. Ciri-cirinya adalah : gambar tidak "berkilau" karena efek foil, dan tulisannya pun berwarna hitam (untuk monster/synchro) dan putih (untuk spell/trap/Xyz/Fusion)

b. Rare

http://aolady.deviantart.com/art/Rar...Rare-383815061
Ciri-ciri kartu dengan rarity ini adalah tulisannya yang berwarna perak berkilau. Gambarnya sama seperti kartu common, tidak ada efek foil atau apapun.

c. Super Rare

http://aolady.deviantart.com/art/Rar...Rare-383815890
Ciri-ciri kartu super rare ini, gambarnya berkilau oleh efek foil, dan tulisan yg seperti pada rarity common, tercetak biasa tanpa ada efek berkilau atau embossed.

d. Ultra Rare

http://aolady.deviantart.com/art/Rar...Rare-383817356
kartu Ultra Rare memiliki gambar berkilau karena efek foil dan tulisan berwarna emas

e. Ultimate Rare

http://aolady.deviantart.com/art/Rar...Rare-383818076
Mirip dengan Ultra Rare, hanya saja ada efek embossed pada foil gambar kartu, sehingga kartu tersebut tampak seperti memiliki relief. Selain itu, level (pada kartu monster) juga berkilau dan ber-embossed. Kartu-kartu Ultimate Rare keluaran booster baru memiliki frame yang di-emboss juga, sementara keluaran booster lama framenya tidak di-emboss

f. Secret Rare

http://aolady.deviantart.com/art/Rar...Rare-383818598
Tulisan pada kartu Secret Rare berwana putih berkilau, dan gambarnya memiliki efek "bergaris" atau "miring-miring" karena foilnya. (di OCG, "garis-garis"nya membujur dan melintang sehingga terlihat seperti kotak-kotak)

g. Ghost Rare

http://aolady.deviantart.com/art/Rar...Rare-383821382
rarity "hantu" atau "luntur" (lol) ini memiliki ciri khas berupa foil yang istimewa, karena jika dilihat sekilas, kartu ini akan tampak sebagai "kartu foil putih biasa" atau, mengutip quote legendaris seseorang, "kartunya luntur kak". Padahal jika dilihat dari depan, gambar kartu tersebut baru kelihatan, berwarna putih dan memiliki efek tiga dimensi.

Ada beberapa variasi rarity, seperti pada Battle Packs dan Gold Rare 5, yaitu :

h. Gold Rare

http://aolady.deviantart.com/art/Rar...Rare-383820994
ditemukan dalam : Gold Series
Mirip dengan Ultra Rare, gambarnya berkilau karena foil dan tulisannya berkilau warna emas, hanya saja ditambah dengan frame kartu dan frame gambar yang berkilau keemasan dan keterangan level (pada kartu monster) yang juga berefek foil.

i. Black/White Rare

Black Rare : http://aolady.deviantart.com/art/Var...Rare-383821844
diperkenalkan pada : Battle Pack: Epic Dawn (BP01)
sekilas, kartu dengan rarity ini terlihat seperti kartu common karena gambarnya tidak holo. Namun jika kita lihat tulisan namanya, akan terlihat bedanya, yaitu tulisan nama kartu yang di-emboss berwarna hitam(monster/spell/trap) atau putih (extra deck)

j. Starfoil Rare

http://aolady.deviantart.com/art/Var...Rare-383822102
diperkenalkan pada : Battle Pack: Epic Dawn (BP01)
Seluruh kartu dilapisi dengan foil yang akan berkilau membentuk bintang jika terkena sinar. Gambarnya sendiri tidak holo atau diberi efek lain, dan tulisannya juga seperti kartu common. Varian Starfoil, Mosaic, dirilis di BP02

k. Mosaic Rare
diperkenalkan pada : Battle Pack: War of the Giants (BP02)
Mirip sekali dengan starfoil rare, hanya saja foilnya akan berkilau membentuk kotak-kotak seperti mozaik jika terkena sinar. Ciri lainnya sama seperti starfoil rare.

l. Gold-Ghost Rare
diperkenalkan pada : Gold Series: Haunted Mine (GLD5)
Literally Gold Rare + Ghost Rare. Gambar kartu "luntur" alias foil putih seperti umumnya Ghost Rare dan frame yang berwarna keemasan seperti halnya Gold Rare


m. Parallel Rare

diperkenalkan pada : Hobby League (HL) dan Duel Terminal

penjelasan diambil dari http://www.kaskus.co.id/thread/00000...-rarity-guide/ (credit to om Ari)

Mewah dibanding rarity lain karena kartu yang dilapis foil dan sejenis lapisan tertentu yang membuat seluruh permukaan artworknya memiliki efek hologram berbentuk garis/kotak. Selain itu, artworknya holo dan nama kartu dicetak dengan warna emas. Memiliki ketebalan kartu yang lebih padat dibanding rarity lain dan lebih licin bagai plastik karena lapisan foil dan hologram tersebut. Oh yah, to be noted, biasanya serinya HL (Hobby League)

Penjelasan tentang Parallel Rare lebih jauh dapat ditemukan di http://yugioh.wikia.com/wiki/Explana...Parallel_Rares


2. Cara Membedakan Kartu Original dan Non-Original (Fake)
Sekarang kan menjamur banget nih yang jual kartu fake, malah di forum sebelah (oke... Kaskus) ada aja yang jual kartu fake tapi bilangnya kartu original. Nah! Gimana dong caranya biar kalian gak ketipu? Daripada marah-marah nyalahin ketidaktahuan penjual mending simak yang ini dulu. Berikut beberapa ciri kartu Fake :


Note : cara mengenali kartu ori juga bisa dilihat pada situs berikut : http://www.yugiohcardguide.com/fake-yugioh-cards/

a. Semuanya 1st edition
Semua kartu fake, terutama yang keluaran baru, memiliki tulisan first edition di kanan bawah kotak gambarnya.

Untuk yg ori, OCG ga ada 1st/limited, sementara TCG ada 1st edition dan limited edition. selain 2 "edisi" ini, ya unlimited edition namanya.

b. Hologram Perak atau Tidak Sama Sekali!
Untuk yang KW1 atau malah KW Super, semua kartu 1st Edition DAN memiliki hologram perak di pojok kanan bawah kartu (kalo TCG ori... hologramnya emas, kalo itu 1st ed). untuk KW-KW sekian, malah ga pake hologram-pojok-kanan-bawah.

c. Kualitas gambar
Kartu ori jelas lebih terang dan terasa lebih "seimbang" kontrasnya, jika dibandingkan dengan yang fake.

d. Penulisan Nama
Penulisan nama dalam kartu fake terkadang sungguh simple, yakni dengan me-romaji-kan huruf kanji dan diartikan mentah-mentah ke bahasa Inggris.
Contoh,
Fabled Raven → Fiend/Demon Roar God (dari 魔轟神, Magoushin) Raven. "Magoushin" sendiri jika diartikan literal memang berarti "Demon Roar God" dalam bahasa Inggris.

e. Kualitas Holo
Kualitas kartu "Ultra Rare" dengan kartu Ultra Rare (fake dan ori) jelas berbeda. Biasanya kartu holo fake seluruh permukaan kartunya holo dan gambarnya tidak sejernih kartu holo ori

f. Font
Kartu fake sekarang tulisannya memang sudah sama dengan kartu ori (karena itu, saya menyarankan untuk kroscek "1st edition" dan holo-pojok-kanan-bawah dulu). Namun, untuk kartu fake keluaran lama, terutama yang KW Super atau KW 1, font-nya menggunakan Times New Roman dan terlihat lebih boros space.

g. Bahan
Kartu fake jika dipegang rasanya lebih tebal, sementara kartu asli (yang TCG) jika dipegang terasa tipis, lentur, dan "rapuh" (karena takut lecek). Sementara kartu OCG lebih tebal dan licin saat dipegang.

Buat duelist-duelist senior, mungkin bisa membantu , , , emoticon-Blue Guy Cendol (L)
uNTUK KOMENT DAN PERTANYAAN, LANGSUNG KESINI AJA GAN
SINI
Diubah oleh Solixin 13-09-2013 06:25
0
23.9K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.