Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jakartapeduliAvatar border
TS
jakartapeduli
Pria Cina ini punya solusi jitu atasi macet di Jakarta loh :D
Kemacetan di DKI Jakarta sudah memprihatinkan. Terlebih saat jam berangkat dan pulang kerja, mudah ditemukan kepadatan kendaraan di sejumlah ruas utama Ibu Kota, mengular hingga berkilo-kilo meter.

Berbagai upaya telah dilakukan Pemprov DKI Jakarta untuk menangani penyakit akut tersebut. Mulai dari integrasi jalur Transjakarta dengan Kopaja, hingga pemberlakuan contra flow. Namun, masih saja kemacetan terjadi.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), menggelar rapat penanggulangan kemacetan dengan Dinas Perhubungan dan sejumlah lurah camat di Balai Kota, pada Rabu (10/7) kemarin. Dalam rapat tersebut, terungkap gagasan Ahok untuk mengatasi kemacetan.

Berikut empat solusi kemacetan Ahok yang dihimpun merdeka.com:

1. PKL dilarang duduki jalan, PKL harus KTP DKI

Ahok heran melihat ulah pedagang kaki lima di Jakarta. Mereka semena-mena menggunakan trotoar untuk menggelar lapak dagangan. Terlebih ketika datang Satpol PP mengusir, para pedagang tersebut seolah berada di pihak yang benar dengan melakukan perlawanan.

Kepada para camat, Ahok memerintahkan supaya dilakukan pembersihan para pedagang di trotoar dan memindahkannya ke lokasi dagang yang telah disediakan. Selain itu, untuk mengantisipasi adanya permasalahan selama penempatan, Ahok meminta supaya seluruh PKL ber-KTP Jakarta.

"Kalau anda duduk di jalan saya (Pemprov DKI), anda melanggar Perda. Anda melanggar peraturan haknya orang. Saya kira, kita hajar saja," kata Ahok .

2. Habisin pembeli di pinggir jalan, tilang!

Menjamurnya pada pedagang di trotoar, tak lepas dari kebiasaan malas warga Jakarta. Ahok mengatakan, warga Jakarta yang berkendara tentunya akan cenderung malas membeli sesuatu di dalam pasar. Dia akan lebih memilih memarkir kendaraan di pinggir jalan, dan membeli barang di trotoar. Hal inilah yang membuat lalu lintas macet.

Untuk kasus seperti ini, Ahok mendesak supaya polisi bertindak tegas dengan memberi sanksi tilang. "Caranya habisin pembeli. Jadi kalau dia berhenti, tilang. Kita minta Pak Polisi, Polantas untuk tilang. jadi siapa pun yang berhenti di situ, tilang. Ngotot berhenti jajan di situ, itu tilang, lama-lama dia pasti akan kapok," terang Ahok .

3. Jorok enggak apa-apa, yang penting lancar

Lalu lintas di sekitar Pasar Minggu ketika pagi hari selalu macet. Angkot dan kopaja yang ngetem sembarangan, ditambah pedagang sayuran yang berjubel, menambah runyam lalu lintas.

Terkait itu, Ahok menginstruksikan supaya para pedagang di trotoar diberi tenggat waktu jualan sampai pukul 07.00 WIB. Dengan catatan, kalau keberadaan mereka tak mengganggu pengguna jalan.

"Selama kepadatan lalu lintas masih baik, sampai jam tujuh enggak apa-apa. kalau masalah elok tidak elok, tak masalah, Jakarta sudah jorok begitu, yang penting sudah lancar. Kecuali jam tujuh sudah buat macet, terpaksa kita dorong tiap bulan bersihkan," terang Ahok .

4. Sentralisasi pedagang dari luar daerah

Jakarta masih menjadi magnet untuk warga dari daerah. Terlebih pada bulan Ramadan, banyak orang dari luar Jakarta memadati jalanan Ibu Kota, menjadi pedagang musiman di pinggir jalan. Kondisi itu tak pelak membuat lalu lintas macet.

Ahok memiliki rencana jangka panjang, menyelesaikan permasalahan itu. Menurutnya, Pemprov akan menjadikan PRJ Monas sebagai salah satu pusat perdagangan.

"Bank DKI buka di Bandung sama di Solo, cari anak muda mana yang produk bikin kreatif. Enggak punya modal, dipinjamin modal. Dagang ke mana? Kita siapin Monas nanti untuk showroom. Begitu kamu ngetop, silakan sewa toko sendiri. Jadi untuk pemula, kita siapkan tempat," terangnya.

http://www.merdeka.com/jakarta/4-sol...ar-daerah.html

Ayo pak ahok segera atasi kemacetan jakarta, hajar saja semua orang yang buat macet di jakarta... ane sebagai warga jakarta selalu dukung langkah pak ahok atasi macet di jakarta

salam Jakarta


0
10.5K
128
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.