Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rewteetAvatar border
TS
rewteet
Sidak Denny Indrayana ke Lapas Seperti Show
JAKARTA - Rangkaian inspeksi mendadak (Sidak) Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkum HAM) Denny Indrayana ke sejumlah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) harus dipertanyakan.

Alasannya, meski sudah dilakukan sidak kenapa masih bisa terjadi kerusuhan di Lapas Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara (Sumut).

"Sidak Denny Indrayana ke sejumlah Lapas selama ini tak lebih dari show yang jelas-jelas tidak menyelesaikan persoalan," kata anggota Komisi III DPR Bambang Soesatyo, melalui rilis yang diterima, Jumat (12/7/2013).

Dijelaskannya, Denny sama sekali tidak peduli dengan terjadinya potensi perlawanan napi di Lapas Tanjung Gusta.

"Dari data atau catatan yang bisa dipelajari, Potensi rusuh atau perlawanan warga binaan di Lapas Tanjung Gusta sesungguhnya sudah terlihat begitu nyata. Sebab, Lapas itu dihuni 2.660 narapidana dan tahanan, padahal kapasitas tampungnya hanya 1.054 narapidana," jelasnya.

Menurutnya, orang bodoh sekali pun paham dan sadar bahwa penampungan yang melebihi kapasitas selalu mengandung risiko alias bom waktu. "Dan, bom waktu di Lapas Tanjung Gusta sudah meledak Kamis malam waktu setempat," tambahnya.

Petugas Lapas, kata dia, tidak bisa sepenuhnya menanggung kesalahan yang ada. Mereka dipersiapkan untuk mengawasi dan melayani 1.054 napi, bukan 2.660 Napi dan tahananan. "Saya yakin, manajemen LP Tanjung Gusta sudah mengeluhkan masalah ini, tetapi tidak ditanggapi Kemenkumham. Mengawasi dan melayani lebih dari 2.500 napi dan tahanan bukanlah pekerjaan sederhana. Apalagi, beberapa di antaranya berstatus Napi teroris," terangnya.

Politikus Parttai Golkar ini pun, mempertanyakan apa saja hasil sidak Denny ke sejumlah Lapas. Kalau rangkaian kunjungannya produktif, kelebihan kapasitas di Lapas Tanjung Gusta mestinya sudah dibenahi sehingga perlawanan warga binaan tidak terjadi.

"Fakta kerusuhan di Lapas Tanjung Gusta menjadi bukti bahwa rangkaian sidak Denny selama ini hanya menjadi ajang pertunjukan yang tidak produktif," tegasnya.
(cns)

sumber

g "bapaknya" g"anaknya sama2 hobi show, padahal masalah LP di indonesia sudah jelas kapasitas sudah tidak memadai. sebaiknya para napi yang hukumannya dibawah tiga tahun disuruh kerja rodi aja. biar g, penuh penjara
0
1.9K
22
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.