Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

maburmaburAvatar border
TS
maburmabur
Festival Gamelan Yogyakarta 2013




Spoiler for mudah-mudahan tidak repost:


Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) adalah event tahunan yang sudah pasti ditunggu-tunggu oleh para pencinta gamelan, atau yang lebih akrab disebut gamelanlovers. Event yang setiap tahunnya menyuguhkan para pemusik sekaligus pelestari musik gamelan.
Yogyakarta Gamelan Festival dirintis oleh salah seorang seniman senior (alm) Sapto Raharjo. Beliau adalah seorang komposer musik gamelan kontemporer yang karya-karyanya sangat spektakuler. Almarhum yang akrab disapa Mbah Sapto ini mulai berkiprah di dunia musik gamelan semenjak ia bergabung di Arena Budhaya tempatnya berlatih tari dan karawitan semasa mudanya. Dari situlah ia mulai mencari ilmu tentang musik dan penciptaan karya-karya tari, teater, dan musik. Beliau pernah menggelar pentas-pentas musik karyanya pada tahun 1975 dengan judul Opera 2302 (merupakan sebuah iringan musik untuk teateral musik), pada tahun 1978 dengan judul Yogyharmonik 78 (sebuah karya musik heavy metal, ada yang menyebutnya Musik Sepur Tabrakan), pada tahun 1980 ia mementaskan Yogyharmonik 80, dan banyak lagi pementasannya yang almarhum kisahkan pada bukunya yang berjudul Mendaki Samudera Bunyi: 50 Tahun Sapto Raharjo Beresonansi (Pustaka Misty, Juli 2005). Komunitas Gayam16 sendiri ia bentuk dari sebuah rumah di kawasan Jl. Gayam No. 16, Yogyakarta (tepatnya di sebelah barat Radio Geronimo) bulan Oktober 1988. Disinilah sebuah proses panjang pengelolaan YGF ini dimulai.
Awalnya masih menjadi satu kegiatan dengan Festival Kesenian Yogyakarta(FKY). Tahun 1999 Sapto Raharjo dipercaya mengelola FKY XI dan bermacam festival. Menjadi narasumber pada berbagai seminar festival pun menjadi kebiasaannya. Sehingga banyak jaringan komunitas pengelola festival yang ia temui yang selanjutnya bisa mengantarkannya untuk sharing ilmu ke Belanda pada April 2000 setelah bertemu seniman musik dan teater Belanda di Ensemble Gending dan Gaudeamus Foundation. Dengan partisipasi merekalah YGF terwujud hingga sekarang.
18th Yogyakarta Gamelan Festival 2013 - The International Gathering of Gamelan Players and Gamelan Lovers. Acara ini akan diselenggarakan selama dua hari. Bagi Updaters yang berada wilayak Jogja dan sekitarnya yang ingin menghadiri acara ini, berikut informasinya:
•18th Yogyakarta Gamelan Festival 2013
•Sabtu - Minggu Tanggal : 6 - 7 Juli
•Lokasi Pasar Ngasem Jl. Polowijan, Patehan, Kraton, Yogyakarta
•Pukul 07.30-23.00 WIB.

Quote:


Quote:


Spoiler for jangan lupa:

Spoiler for harapan ts:


Spoiler for Kunjungi juga:
Diubah oleh maburmabur 11-07-2013 08:33
0
2.2K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.