Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bullgaAvatar border
TS
bullga
Menkum HAM: Anggaran Rp 1 Triliun untuk Perbaikan LP Masih Kurang


Jakarta - Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin menilai anggaran Rp 1 triliun untuk perbaikan lembaga pemasyarakatan (LP) masih kurang. Terutama untuk LP yang mengalami masalah over capacity.

"Kalau seluruh Indonesia, bisa dibayangkan. Dengan rata-rata 100 persen jelas kurang. Seperti Medan, Tanjung Gusta. Di Langkat sudah selesai. Bisa digeser ke sana, di Medan juga bisa ditampung," ujar Amir usai rapat dengan Presiden SBY di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (13/7/2013).

Amir mengatakan anggaran sebesar Rp 1 triliun tersebut selama ini dimanfaatkan untuk pembangunan LP baru dan perbaikan LP. Amir mengakui masalah over capacity ini dialami oleh hampir seluruh LP di Indonesia. Bahkan LP lain masih banyak yang lebih parah dari LP Tanjung Gusta.

"Seluruh Indonesia, kapasitas yang sekarang ini napi ada 162 ribu. Rata-rata over kapasitasnya 100 persen," imbuhnya.

Sebelumnya Presiden SBY geram dengan Menkum HAM Amir Syamsuddin terkait lambannya penanganan insiden LP Tanjung Gusta Medan.

"Terpaksa saya sampaikan ketidaksenangan saya terhadap sejumlah isu. Apa yang saya sampaikan ini penting, kritikal," ujar SBY saat memimpin rapat di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (13/7/2013). SBY memberi arahan dengan nada rendah namun tegas.

Soal LP Tanjung Gusta, lanjut SBY, dirinya justru tahu lebih dulu dari media massa dan sejumlah televisi internasional yang sudah meliputnya. SBY berharap informasi tersebut harusnya lebih cepat sampai kepada dirinya dari para jajaran menteri, bukan dari media.

"Dibanding informasi yang saya dapat dari sistem. Harus sama cepatnya, bahkan kalau bisa lebih cepat. Saya juga ikuti pemberitaan di sosmed, sehingga realtime bisa tahu," jelasnya.

"Saya tunggu respons terhadap reaction time itu kurang cepat, daerah, pusat, Medan dan kita. 10 Jam tanpa official statemen, tidak harus lengkap, tapi keluarkan statement," lanjutnya.
Spoiler for SUMBER:


akan kah menjadi bahan korupsi emoticon-I Love Indonesia (S)
0
854
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.