Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • BUSET DAH! Dahlan heran sulitnya Bulog dapat izin impor daging sapi

master1972Avatar border
TS
master1972
BUSET DAH! Dahlan heran sulitnya Bulog dapat izin impor daging sapi
BUSET DAH! Dahlan heran sulitnya Bulog dapat izin impor daging sapi

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menilai keterlambatan Badan Urusan Logistik (Bulog) dalam merealisasikan impor daging tahun ini disebabkan sulitnya faktor perizinan.

"Iya karena izinnya sulit," kata Dahlan dalam perjalanan menuju pabrik Baterai Lithium, PT Nipress Tbk di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/7).

Dahlan menjelaskan, Kementerian BUMN menginginkan daging impor Bulog bisa tiba sebelum puasa. Menurut Dahlan, Bulog sebenarnya sudah mengajukan izin semenjak tiga bulan sebelum Ramadan.

"Tapi izin tidak keluar-keluar. Izin keluar dekat bulan puasa. Dan sekarang Bulog didesak untuk mendatangkan dengan cepat, padahal kan tidak bisa beli hari ini besoknya datang," kata Dahlan.

Dahlan mengatakan bahwa masalah perizinan merupakan problem yang selalu dihadapi saat melakukan impor. Padahal, kata dia, pemerintah ingin menjaga inflasi.

"Jangan sampai harga BBM naik, anak sekolah masuk, bulan puasa tiba jadi inflasi tinggi, ditambah harga-harga (daging sapi) naik, yang seharusnya bisa dihindari. Tapi tadi itu izinnya ya susah," kata dia.

Sebelumnya Perum Bulog berencana akan memasok sebanyak 3 ribu ton daging sapi melalui impor. Sekitar 200 ton di antaranya akan didatangkan lewat udara dan seribu ton lainnya didatangkan melalui jalur laut. Sementara sisanya belum diputuskan akan didatangkan lewat jalur mana.

"Paling tidak 200 ton dulu, sehingga sebagian masyarakat sudah bisa menikmati harga daging yang lebih murah," kata Direktur Utama Bulog Sutarto Alimoeso.

Bulog memastikan perizinan karantina bandara dari kementerian pertanian segera didapat sehingga sudah bisa mengimpor 200 ton daging sapi pada pekan depan.

Menteri Pertanian Suswono mengakui kelambanan pihaknya dalam mengeluarkan izin Karantina untuk daging sapi impor. Alasannya, Kementan sedang mencari celah aturan untuk itu lantaran Bulog sudah lama tidak mengimpor daging.

"Karena dagingnya masuk Soekarno-Hatta, maka ini perlu izin instalasi karantina bandara. Untuk izin ini kita ingin mempercepat Bulog tanpa harus melanggar aturan, seharusnya selesai hari inilah," kata Suswono.


sumber: http://www.merdeka.com/uang/dahlan-h...or-daging.html
0
1K
7
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.