Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rui_xinokudenAvatar border
TS
rui_xinokuden
Upacara Yadnya Kasada di Gunung Bromo
Upacara Yadnya Kasada di Gunung Bromo


Pada 23 - 24 Juli 2013 Gunung Bromoakan dihiasi atraksi budaya menarik yaitu Yadnya Kasada. Acara tersebut dihelat oleh masyarakat adat suku Tengger yang diselenggarakan setiap hari ke-14 bulan Kasada (penanggalan Hindu) sehingga sering pula ritual ini popular dikenal sebagai Kesedo. Kunjungan Anda ke Bromo akan sempurna apabila menyaksikan acara adat yang meriah ini.
Yadnya Kasada dihelat masyarakat Tengger karena mereka merupakan keturunan Pangeran Joko Seger dari Kerajaan Majapahit. Saat Majapahit mengalami kemunduran, sang pangeran dan pengikutnya mengungsi ke Gunung Bromo. Meskipun mayoritas orang Jawa memeluk Islam namun masyarakat suku Tengger masih setia memeluk kepercayaan kuno dengan menyembah Ida Sang Hyang Widi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa), dewa Trimurti, Siwa, Brahma dan Wisnu, dengan unsur-unsur tambahan Animisme dan Buddhisme Mahayana.
Legenda setempat menyatakan bahwa setelah bertahun-tahun menikah, pasangan Roro Anteng dan Joko Seger tidak kunjung dikaruniai anak. Kemudian mereka memutuskan untuk bersemedi di puncak Gunung Bromo dengan harapkan dikaruniai anak. Dewa pun akan memberikan 24 anak namun dengan satu syarat bahwa anak ke-25 harus dijadikan korban dengan cara dijatuhkan ke dalam kawah Gunung Bromo. Syarat tersebut disetujui Roro Anteng dan Joko Seger dan dari cerita inilah tradisi Yadnya Kasada berasal. Tradisi persembahan berikutnya bukan lagi manusia namun digantikan dengan ayam, kambing dan sayuran.
Ketika Yadnya Kasada digelar, orang-orang akan melakukan pendakian ke puncak gunung. Mereka berdoa bersama sembari melemparkan sesaji ke kawah Gunung Bromo berupa sayuran, buah, ternak, bunga, dan bahkan uang. Persembahan ini merupakan bentuk rasa syukur atas kelimpahan hasil pertanian dan peternakan yang diberikan kepada masyarakat suku Tengger. Meskipun berbahaya, beberapa warga rela turun ke kawah untuk mengambil barang yang dikorbankan. Mereka percaya bahwa persembahan tersebut akan membawa keberuntungan.

Upacara Yadnya Kasada di Gunung Bromo


More Photo
Diubah oleh rui_xinokuden 15-07-2013 05:41
0
2.3K
16
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lounge Pictures
Lounge PicturesKASKUS Official
69KThread11.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.