Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

leylam4ajnunAvatar border
TS
leylam4ajnun
Militer Rebut Kekuasaan Sipil di Revolusi Mesir, SBY Imbau Masyarakat Ambil Hikmahnya

Presiden SBY

Revolusi, SBY Imbau Masyarakat Belajar Dari Mesir
Jumat, 12 Juli 2013 | 04:31 WIB

inilah..com, Jakarta - Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta masyarakat Indonesia belajar dan mengambil hikmah dari revolusi yang terjadi di Mesir beberapa waktu lalu. Seperti diketahui, akibat tuntutan jutaan massa aksi, akhirnya presiden Mesir Muhammad Mursi mundur dari tapuk kepemimpinannya. "Beberapa hari yang lalu kita dikejutkan dengan peristiwa yang terjadi di negara sahabat Mesir. Tentu kita mendoakan semoga prahara politik yang terjadi di Mesir bisa diakhiri dan transisi politik yang terjadi di negeri itu bisa berlangsung secara damai, demokratis dan berdasarkan kehendak rakyat Mesir sendiri," ungkap SBY di Istana Negara, Jakarta, Kamis (11/7/2013).

Tetapi, kata presiden, apa yang disampaikannya menjadi hikmah dari apa yang terjadi di Mesir itu. "Kita menyadari transisi politik di Mesir itu tidak semudah membalik telapak tangan. Banyak bangsa yang mengalami masa yang tidak menyenangkan, painfull, up and down, begitulah perubahan yang besar yang terjadi di negara manapun," jelas SBY.

SBY mengingatkan kejadian reformasi 1997 silam. Seolah memberi sinyal agar masyarakat Indonesia tetap menghormati aturan tanpa perlu ada upaya-upaya impachment. "Begitulah kalau kita melakukan kilas balik dari perjalanan bangsa kita, kita selamat dari perjalanan itu dan dibarengi perjalanan yang tidak kecil. Kita masih ingat semua 15 tahun lalu saat negara kita menajalankan krisis dan kita melakukan reformasi," jelas SBY.

SBY mengatakan, jika dikaitkan dalam ajaran Islam, sebetulnya kita punya keteladanan yang agung yaitu Rasullulah. Beliau memimpin perubahan besar pada zamannya yang berhasil. "Mengapa perubahan besar itu berhasil, karena Rasulullah dalam memimpin perubahan mengajak semua kecuali yang memerangi rasullulah," katanya. Kata Presiden, adakalanya Rasullulah harus mengalah untuk mencapai keseimbangan. "Bukan perubahan revolusioner yang besar tetapi perubahan yang bertahap dari cita-cita dari jaman kegelapan ke perubahan yang dipenuhi cahaya iman. Itulah hakekat reformasi dan hakekat demokrasi yang mengemban tugas perubahan yang besar," tandasnya.
[url]http://nasional.inilah..com/read/detail/2009406/revolusi-sby-imbau-masyarakat-belajar-dari-mesir#.Ud9BPNLfCfc[/url]

"Ikhwanul Muslimin" Menang dan Kadernya jadi Presiden ...
Militer MESIR pun mulai Gerah & Kebakaran Jenggot ...

Quote:


TNI AD janji tak akan pernah kudeta pemerintah Indonesia
Senin, 8 Juli 2013 14:16:38


Kostrad. ©2013 Merdeka.com

Presiden Mesir Muhammad Mursi digulingkan oleh pihak militer. Tentara Mesir pun menutup stasiun TV dan bentrok dengan pendukung Mursi. Terkait kejadian tersebut, TNI Angkatan Darat menegaskan kejadian serupa tak akan terjadi di Indonesia. "Yang jelas ingin saya tegaskan, TNI AD tidak memiliki tradisi untuk melakukan kudeta. Jadi sudah sangat jelas," kata Kepala Staf TNI AD Jenderal Moeldoko, Senin (8/7).

Moeldoko menambahkan pihaknya selalu mengimbau seluruh prajurit agar tidak berpolitik. TNI AD harus netral menghadapi tahun politik 2014 mendatang. Tugas tentara adalah menjaga keamanan jika dibutuhkan. Pengalaman di Mesir bisa menjadi pelajaran bagi Indonesia. Jangan sampai kejadian serupa terjadi. "Kami pada prinsipnya menekankan tentara harus netral, kalau tidak netral harus menghadapi risiko," kata Moeldoko
http://www.merdeka.com/peristiwa/tni...indonesia.html

KSAD: TNI AD Tak Bakal Kudeta Presiden Seperti di Mesir
08/07/2013 13:18


Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Moeldoko (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta : Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jendral Moeldoko menegaskan kudeta yang dilakukan militer Mesir tidak akan terjadi di Indonesia. Sebab, tidak ada sejarahnya TNI AD melakukan kudeta kepada Presiden yang memimpin. "Yang jelas saya tegaskan TNI AD tidak memiliki tradisi untuk kudeta. Jadi sudah sangat tegas," kata Moeldoko usai acara Silaturahmi TNI AD dengan beberapa tokoh masyarakat di Balai Kartini, Jakarta, Senin (8/7/2013).Menurut dia, tugas utama TNI adalah mengamankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "Oh, tidak akan, jangan berharap untuk itu (kudeta)," tegasnya.
http://news.liputan6.com/read/633343...perti-di-mesir

---------------------------

Himbauan Pak SBY itu sudah baik, tapi masih perlu dilengkapi lagi dari sudut pandang lainnya, agar pencerahan untuk rakyat Indonesia bisa lengkap, bisa melihat dari semua aspek. Perhatikan saja itu, kudeta militer terhadap rezim Mursi yang menang secara demokratis melalui Pemilu ala Barat, kayaknya tak lepas akibat Presiden Mursi berasal dari partai Islam fundamentalis yaitu partai 'Ikwanul Muslimin'. Mereka baru menang januari 2012 dan Presiden Mursi belum diangkat 1 tahun jadi Presiden, sudah di kudeta oleh militernya. Kasus itu juga pernah terjadi di Turki ketika partai Islam Fundamentalis menang pemilu. Pelajarannya buat kita? Hati-hati aja kalau partai fundamenalis Islam kayak PKS menang pemilu, bukan tidak mungkin hal yang sama akan terulang disini seperti halnya Mesir.


emoticon-Sorry
Diubah oleh leylam4ajnun 12-07-2013 00:29
0
3.1K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.