Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

madi.notoAvatar border
TS
madi.noto
4 Ruas Tol Trans Sumatera 323 Km Dibangun September
Spoiler for reff:


4 Ruas Tol Trans Sumatera 323 Km Dibangun September

Liputan6.com, Jakarta : Pemerintah memastikan segera membangun 4 ruas tol Trans Sumatera mulai September 2013. Jalan bebas hambatan tersebut akan membentang sepanjang 323,8 kilometer (km).

Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto mengungkapkan, 4 ruas tersebut, antara lain Medan-Binjai, Pekanbaru-Dumai, Palembang-Indralaya dan Bakauheni-Terbanggi Besar.

"Urusan lahan masih dalam proses tapi harus bisa diselesaikan segera. Menteri BUMN (Dahlan Iskan) sudah memastikan bahwa 4 ruas yang akan melewati lahan perkebunan milik perusahaan pelat merah mudah untuk diselesaikan dalam waktu singkat," tutur dia usai Rapat Koordinasi (Rakor) Trans Sumatera di Jakarta, Kamis (11/7/2013).

Ruas Medan-Binjai sepanjang 16,8 km diperkirakan menelan dana Rp 2 triliun, ruas Pekanbaru-Dumai sepanjang 135 km dengan kebutuhan dana Rp 14,7 triliun.

Sedangkan ruas Palembang-Indralaya sepanjang 22 km dengan kebutuhan dana Rp 1 triliun, ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 150 km dengan kebutuhan dana Rp 13,8 triliun.

Menurut Djoko, 4 ruas tersebut dapat segera digarap oleh BUMN yang sahamnya 100% dikuasai negara, yakni PT Hutama Karya (Persero). Namun dalam hal ini, perseroan bisa menjalin konsorsium dengan BUMN lain.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, pemasangan tiang pancang (ground breaking) 4 ruas Trans Sumatera ditargetkan mulai pada September atau Oktober ini.

"Karena lahan dan BUMN yang ditunjuk sudah siap, juga pembangunan ruas ini mendesak, maka ground breaking bisa terlaksana September atau Oktober 2013," tambahnya.

Tahap selanjutnya, kata Hatta, pembangunan megaproyek senilai Rp 10 triliun itu akan diteruskan menjadi 23 ruas sehingga Indonesia bakal mempunyai jalan baru highway high grade sepanjang 2.700 km pada tahun 2020.(Fik/Nur)

Sekarang saatnya sumatera jalan emoticon-Smilie
kalimantan, Sulawesi, Irian sabar dulu ya emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh madi.noto 11-07-2013 07:12
0
1.9K
23
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.