KULONUWUN
Apa yang Harus Dilakukan jika Listrik Padam?
Om, tante, agan dan aganwati semua, Listrik padam memang menyebalkan, Namun sebelum melapor ke Kantor PLN, perhatikan dulu hal-hal sebagai berikut:
Quote:
1. Silahkan keluar rumah, perhatikan atau tanyakan apakah tetangga Anda ikut padam atau tidak.
Jika tetangga ikut padam, berarti gangguan bukan di instalasi rumah Anda, atau bukan berhubungan dengan pemakaian listrik di rumah Anda.
Quote:
2. Jika tetangga Anda padam, dicek lagi apakah banyak yang padam sampai satu kompleks
Jika hanya beberapa rumah yang padam, berarti ada gangguan di SR (sambungan rumah) atau di JTR (jaringan tegangan rendah) atau di gardu (salah satu pengaman gardu putus) atau trafo di gardu rusak.
Quote:
Untuk nomor 1 dan 2, silahkan telepon kantor PLN atau telepon 123, mohon disiapkan ID Pelanggan rumah Anda untuk memudahkan petugas PLN mencari rumah Anda.
Dalam hal ini pihak PLN TIDAK mengetahui ada gangguan di sekitar rumah Anda jika Anda tidak melaporkan.
Quote:
3, Jika yang padam satu atau lebih perumahan di sekitar rumah Anda atau malah satu kelurahan yang padam, berarti ada gangguan pada penyulang / feeder.
Quote:
Untuk nomor 3 ini, silahkan tunggu sampai 5 menit, biasanya pihak PLN akan mencoba menghidupkan SEKALI lagi, usaha tersebut ditandai dengan lampu menyala.
Jika langsung padam lagi, maka berarti ada gangguan penyulang. Sebenarnya jika TIDAK PERLU dilaporkan-pun ke pihak PLN, pihak PLN tetap bisa mengetahuinya. Jika tetap menyala, berarti ada dahan pohon, kerangka layang-layang, atau burung / kelelawar yang menempel dan menyebabkan GANGGUAN SESAAT.
Jika tidak ada usaha menghidupkan sekali lagi, berarti daerah Anda sengaja dipadamkan. Biasanya ada pekerjaan / pemadaman terencana seperti yang telah dipublikasikan di surat kabar atau radio lokal. Atau ada pekerjaan emergency / SANGAT MENDESAK seperti kabel yang terbakar, trafo mengeluarkan api, tiang hampir roboh, atau ada kebakaran di suatu daerah dan listrik ke arah tersebut harus segera dipadamkan.
Anda bisa memeriksa dahulu di surat kabar, website PLN atau di Twitter, apakah sudah ada jadwal sebelumnya.
Jika memeriksa di Twitter, cari dengan hashtag pemadaman##YY dengan XX sebagai tanggal dan YY sebagai bulan (misalnya #pemadaman0102 artinya pemadaman di tanggal 1 bulan 2).
Quote:
4. Jika rumah tetangga tetap menyala dan hanya rumah Anda sendiri yang padam
Periksa MCB (Mini Circuit Breaker) didalam rumah Anda. MCB didalam rumah biasanya merupakan pembagi saluran ke kamar-kamar atau ke ruangan-ruangan tertentu, untuk memudahkan pembagian beban dan penanganan gangguan instalasi bangunan. Jika salah satu padam, segera naikkan kembali, jika tidak bisa atau masih padam, maka ada gangguan instalasi di rumah Anda, bisa berupa short circuit salah satu peralatan listrik, atau short circuit di instalasi rumah. SHORT CIRCUIT INSTALASI RUMAH BISA MENYEBABKAN KEBAKARAN DI RUMAH ANDA.
Jaringan instalasi rumah, bukan menjadi tanggungjawab PLN. Tanggung jawab PLN hanya sampai pembatas (MCB) dan kWhmeter
Jika MCB didalam rumah tidak turun, cek MCB milik PLN yang terpasang di dinding luar rumah Anda. Jika turun / padam, berarti rumah Anda OVERLOAD. Anda bisa mengurangi pemakaian dan bisa dengan pengajuan penambahan daya ke PLN.
Jika Anda merasa pemakaian listrik Anda tidak banyak namun MCB PLN tetap turun, bisa jadi MCB PLN sudah lemah / tua. Anda bisa mengajukan penggantian MCB ini (GRATIS) disertai perhitungan beban di rumah Anda.
Quote:
Catatan :
a. Biasakan mengingat atau menyimpan nomor ID Pelanggan Anda, bisa di dompet, komputer, laptop atau di HP (Mobile Phone), karena jika padam, Anda bisa segera menggunakannya untuk melaporkan gangguan. Disamping itu juga bisa digunakan untuk membayar rekening listrik jika ada ATM atau loket di dekat kita jika kita sedang berpergian.
b. Telepon Call Center 123 (atau [Koder Area] + 123 jika memakai HP), JANGAN menelepon nomor telepon apapun selain nomor 123.
c. Melaporkan gangguan dengan cara memaki petugas yang menerima telepon tidak menyelesaikan masalah. PLN tidak pernah sengaja memadamkan listrik tanpa alasan yang jelas, atau PLN merasa senang jika ada gangguan. Walau Anda memaki atau memarahi mereka, tidak serta merta listrik segera menyala.
d. Jika banyak gangguan yang terjadi, petugas PLN MEMPRIORITASKAN DAERAH YANG PALING BANYAK PADAM untuk segera diselesaikan terlebih dahulu, dibandingan dengan menyelesaikan satu atau dua pelanggan yang padam.
e. Jangan memberikan tips kepada petugas PLN.
f. Jika Anda ingin bertanya tentang pasang baru, perubahan daya atau pelayanan yang lainnya, jangan tanya ke petugas gangguan atau pencatat meter, silahkan langsung datangi ke kantor PLN atau bisa melalui Call Center 123. Hal ini untuk menghindari kesalahan informasi atau Anda diarahkan ke calo.