Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

echadesireAvatar border
TS
echadesire
tablet mengeluarkan buih jika di masukan ke air :bingungs
kenapa tablet-tablet seperti red**on,prote*al,CD* vit c dan bla3 kalo di masukan ke air bisa berbuih?emoticon-Bingung

gini gan penjelasanya... semoga ga emoticon-Blue Repost



Tablet - tablet tersebut dinamakan tablet effervecent, jika bersentuhan dengan air maka terjadi reaksi pembuihan. Buih yang keluar tersebut adalah gas karbondioksida yang dihasilkan dari reaksi antara asam organik dengan garam turunan karbonat. Gas korbondioksida ini membantu mempercepat hancurnya tablet dan meningkatkan kelarutan zat aktif. Selain itu gas korbondiokasida ini juga memberi rasa segar seperti halnya pada minuman kaleng berkarbonasi. Di samping menghasilkan larutan yang jernih, tablet juga menghasilkan rasa yang enak karena adanya karbonat yang membantu memperbaiki rasa beberapa obat tertentu. maka dari itu tablet ini di terima baik oleh masyarakat.

Campuran asam (asam sitrat, asam tartrat, dan garam asam (sodium dihidrogen phosphate, garam sitrat)) dan Natrium bikarbonat, yang jika dilarutkan dalam lingkungan berair akan bereaksi menghasilkan karbondioksida yang berasal dari penguraian basa bikarbonat akibat penetralan oleh asam. Reaksinya cukup cepat dan biasanya selesai dalam waktu 1 menit atau kurang. emoticon-Matabelo

Dalam proses pembuatanya memakai metode khusus karena dalam tablet ini terdapat dua bahan yang tidak dapat tersatukan yaitu garam natrium bikarbonat dan asam organik sebagai penghasil karbondioksida. apalagi kalo ada air gan. suhu tempat penyimpanan juga harus stabil.

Selain itu ada beberapa zat zat tambahan dalam proses pembuatanya yaitu
zat pengisi, agar komponen gas dalam jumlah besar. contoh zatnya : sakarum album, sorbitol instant, manitol FG, lactose fast flo, emdex, dextrose dan sukrosa.
zat pengikat : bahan yang membantu menyatukan satu bahan dengan bahan lainnya. Makin banyak pengikat yang ditambahkan biasanya akan memperlambat waktu hancur tablet effervescent dalam air. Asam sitrat yang dapat larut sebagian dalam etanol dan isopropanol dapat berfungsi sebagai pengikat pada saat pelarutnya diuapkan.
bahan pelincir : agar pada saat pengempaan (cetakan) tdak terjadi atau mengurangi gesekan selama proses. contoh bahanya : NaCl, natrium asetat dan d-l-leusin.
zat pemanis juga di tambahkan dalam pembuatan ini supaya ga terlalu pahit gan di gunakan bahan sorbitol dan sukrosa




gimane gan?

nih ane kasi video slowmotion-nya
[YOUTUBE]


yuk di emoticon-Rate 5 Starskalian ijo-nya gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)
[/youtube]
Diubah oleh echadesire 10-07-2013 02:50
0
6K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.