Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Lord.VillageAvatar border
TS
Lord.Village
( Akhirnya ) Makam Mbah Priok Tak Digusur, Ahli Waris dan Pelindo Capai Kata Sepakat


Jakarta - Keberadaan Makam Mbah Priok di area pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, selama ini menjadi perdebatan. Tapi kini soal itu sudah selesai. Ada solusi dan kesepakatan yang dicapai antara ahli waris dan pihak Pelabuhan Indonesia II.

"Pelabuhan Indonesia II sudah menandatangani kesepakatan dengan ahli waris," jelas Presdir Pelindo II RJ Lino dalam siaran pers yang dibagikan di sela-sela penandatanganan kesepakatan di Makam Priok, Selasa (9/7/2013).

Skema kesepakatan itu yakni Makam Mbah Priok tetap berada di lokasi di area pelabuhan Tj Priok. Makam itu tidak digusur, tetapi dibangun cluster dengan tembok setinggi 3 meter, hingga sampai ke area parkir yang mampu menampung 80 bus peziarah.

Namun, area yang lain di sekitar makam yang diklaim sebagai penyebar Islam di Jakarta itu, yang dahulunya TPU Dobo menjadi milik Pelindo II.

"Para ahli waris memberi jaminan keamanan pembangunan yang dilakukan JICT maupun keamanan pembangunan jalan bebas hambatan oleh Kementerian PU. Kuasa hukum dan ahli waris juga memberi jaminan tidak akan ada pihak lain yang mengaku sebagai ahli waris," jelas Lino.

Pembangunan kawasan pelabuhan ini guna mewujudkan International Ship and Port Facility Security di kawasan Priok. "Demi terpenuhinya standar pelabuhan Tj Priok yang bertaraf internasional," tutur Lino.

Kesepakatan itu ditandatangani 4 Juli lalu, kini kesepakatan diresmikan di Makam Mbah Priok. Hadir pejabat kepolisian, wali kota, dan Kodim Jakarta utara.

"Sebagai pelabuhan harus steril tidak terganggu aktivitas umum. Ini upaya meningkatkan profesionalisme," tutupnya.

Beberapa tahun lalu upaya penertiban Makam Mbah Priok menelan korban jiwa. Sejumlah anggota Satpol PP yang dikerahkan dalam upaya penggusuran makam Mbah Priok menemui ajal. Korban jatuh setelah terjadi bentrokan antara petugas, ahli waris dan peziarah.

[URL="http://news.detik..com/read/2013/07/09/095818/2296495/10/makam-mbah-priok-tak-digusur-ahli-waris-dan-pelindo-capai-kata-sepakat"]Sumber[/URL]

Nah kalau gini kan enak, emang udah lama bangsa kita lupa dengan kata musyawarah untuk mufakat...
Diubah oleh Lord.Village 09-07-2013 16:59
0
5.7K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.