yantiqueAvatar border
TS
yantique
Pemerintah RI Tak Sendirian Puasa Rabu 10 Juli. Arab Saudi, Mesir, Jordan & Malaysia
Arab Saudi, Jordania dan Mesir Mulai Puasa Ramadan pada Rabu (10/7)
Selasa, 09 Juli 2013, 07:12 WIB

Bisnis.com, AMMAN - Jordania dan Arab Saudi menetapkan Bulan Ramadan jatuh pada Rabu (10/7/2013), kata Kepala Pengadilan Agama Islam Jordania Ahmad Helayel dan Pengadilan Agama Kerajaan Arab Saudi, Senin (8/7/2013). Di Jordania dan Arab Saudi, rukyat hilal menjadi patokan untuk menetapkan awal Ramadan. Jika hilal tidak terlihat, pihak berwenang menetapkan Bulan Sya'ban digenapkan jadi 30 hari.

Dalam satu rapat untuk mengumumkan awal Ramadan, Helayel mengatakan teleskop dipasang di beberapa lokasi di seluruh Jordania untuk melihat hilal, tetapi hilal sebagai penanda awal bulan itu tidak terlihat, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa pagi (9/7/2013). Di beberapa negara lain Arab dan Islam seperti Turki dan Libya, perhitungan astronomi digunakan untuk menetapkan awal Ramadan, masalah yang mengakibatkan perbedaan pendapat antar-negara dan bahkan antar-umat Muslim.

Di Arab Saudi, Pengadilan Agama Kerajaan dalam satu pernyataan menyatakan, "Besok, 9 Juli akan menjadi hari ke-30 Bulan Sya'ban dan bulan suci Ramadan dimulai pada 10 Juli." Pengumuman Pengadilan Kerajaan Arab Saudi tersebut dilandasi atas keputusan yang diambil oleh Mahkamah Agung, setelah pertemuan di Taif pada Senin. Sama seperti keputusan Arab Saudi, Mufti Nasional Mesir Syeikh Shauqi Abdel Karim Allam, pada Senin malam menetapkan awal puasa Ramadan jatuh pada Rabu, 10 Juli 2013. Pemerintah Indonesia bersama ormas-ormas Islam juga telah menetapkan awal Ramadan pada Rabu, meskipun Muhammadiyah telah memulai puasa pada hari ini.

Mahkamah Agung Arab Saudi mengucapkan selamat kepada semua umat Muslim di seluruh dunia atas kedatangan Bulan Suci Ramadan dan berharap bulan itu akan memperkokoh persatuan umat Muslim serta meningkatkan hubungan di antara mereka. Umat Muslim di seluruh dunia menyambut kedatangan Bulan Suci Ramadan dengan penuh kebahagian dan penghormatan. Semua umat Muslim yang sehat, sudah baligh diwajibkan menjalankan puasa Ramadan untuk membersihkan diri mereka dan menyehatkan mereka, lahir dan batin.
http://www.bisnis.com/m/arab-saudi-j...-pada-rabu-107

Negara-negara Arab Mulai Puasa Rabu 10 Juli
Selasa, 09 Juli 2013, 16:36 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Negara-negara Islam setuju memulai puasa Ramadhan saat Rabu (10/7) atau Selasa (9/7) untuk negara-negara di bagian barat. Mahkamah Agung di Ibu Kota Saudi Arabia mengumumkan hasil pemantauan astrologi di beberapa titik pemantauan hillal atau bulan, Senin (8/7). Keputusan Mahkamah Agung Arab Saudi, diikuti negara-negara mayoritas Muslim lainnya. Iftah atau keputusan Pemerintah Aljazair juga sama. Dikatakan, 1 Ramadhan 1434 belum tiba saat Senin (8/7). Banyak negara-negara lain yang mengikuti hasil pemantauan tersebut.

Bahrain, Mesir, Irak, Yordania, Qatar, Yaman, Lebanon dan Palestina juga tidak melihat Ramadhan saat Senin (8/7). Sedangkan di Libya, Suriah, Sudan, Tunisia dalam pernyataan kenegaraan, akan mengikuti hasil pemantauan di Arab Saudi dan menyatakan waktu shaum akan dimulai pada Rabu (10/7).

Sementara bagi komunitas Muslim di belahan dunia bagian barat, waktu 1 Ramadhan akan dimulai saat Selasa (9/7) waktu setempat. Kepala Dewan Mufti Rusia (RCM) Rawil Gaynetdin memfatwakan Muslim Rusia mulai berpuasa saat Selasa (8/7). Begitu juga yang diikuti negara-negara di Eropa, seperti Turki dan Jerman.
http://www.republika.co.id/berita/ra...a-rabu-10-juli

Puasa Ramadhan di Malaysia mulai Rabu
Senin, 8 Juli 2013 21:36 WIB

Kuala Lumpur (ANTARA News) - Umat Islam di Malaysia akan memulai berpuasa Ramadan pada Rabu (10/7), demikian dikutip Bernama, Senin. Pihak Kerajaan Malaysia seperti disampaikan Datuk Seri Syed Danial Ahmad mengumumkan tanggal permulaan puasa bagi negeri-negeri di seluruh Malaysia ditetapkan pada Rabu sesuai perintah dari Yang di-Pertuan Agong (raja Malaysia). Pengumuman ini disiarkan langsung Radio Televisi Malaysia (RTM). Keputusan tersebut disetujui majelis raja-raja berdasarkan rukyah dan hisab.
http://www.antaranews.com/berita/384...sia-mulai-rabu

Menag: 1 Ramadhan jatuh pada 10 Juli
Senin, 8 Juli 2013 20:28 WIB

Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah bersama ormas Islam memutuskan awal puasa jatuh pada Rabu (10/7), berdasarkan Sidang Itsbat yang berlangsung di Gedung Kementerian Agama, Jakarta. "Sidang Itsbat telah memutuskan bahwa 1 Ramadhan 1434 Hijriah jatuh pada Rabu (10/7) 2013, berdasarkan laporan bahwa posisi hilal adalah 0,56 derajat, sangat jauh dari satu bahkan dua derajat," ujar Menteri Agama Surya Dharma Ali saat Sidang Itsbat di Jakarta, Senin.

Selain laporan posisi hilal, Menag mengatakan bahwa putusan tersebut diambil berdasarkan kesepakatan antara Kementerian Agama dan 12 ormas yang menghadiri sidang Itsbat. "Dari 12 pembicara perwakilan ormas Islam, tidak ada satupun yang menolak laporan yang disampaikan bahwa posisi hilal berada pada 0,56 derajat," ujar Menag.

Dengan demikian, lanjut Menag, pemerintah dan ormas Islam menyepakati bahwa terdapat 30 hari pada bulan Sya`ban 1434 H. Menag Surya menyarankan agar keputusan pemerintah tersebut dapat menjadi pemersatu dari keputusan penetapan awal Ramadhan yang berbeda. "Akan tetapi, apabila kebersamaan masih belum bisa diwujudkan dalam penentuan awal Ramadhan, pemerintah tidak akan berputus asa untuk terus melakukan dialog bagi mereka yang masih berbeda," kata Menag Surya.

Kementerian Agama menggelar Sidang Itsbat pada Senin (8/7) untuk menentukan awal Ramadhan 1434 H yang dihadiri perwakilan negara sahabat dan beberapa ormas Islam yang dimulai pukul 17.00 WIB dan berakhir pukul 19.30 WIB. Sidang tersebut dipimpin oleh Menteri Agama Surya Dharma Ali didampingi Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar.
http://www.antaranews.com/berita/384...h-pada-10-juli

-------------------------------

Setidaknya, klaim Muhamamdiyah bahwa metode hisabnya "is the best" kini mendapat 'koreksi' dari negara-negara muslim yang lebih maju ilmu astronominya, dan ulamanya juga terkenal mumpuni. Kagak mungkinlah ulama besar di Arab Saudi, Mesir, Jordan dan negara muslim lainnya, ramai-ramai mendiamkan sebuah kebatilan yang diambil pemerintahnya, bukan?
Diubah oleh yantique 09-07-2013 13:38
0
4.1K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.