Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bhaaawelAvatar border
TS
bhaaawel
Awal Puasa 2013: Pemerintah Tetapkan Rabu 10 Juli
Awal Puasa 2013: Pemerintah Tetapkan Rabu 10 Juli

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah, melalui Menteri Agama Suryadharma Ali, akhirnya memutuskan bahwa awal puasa 1 Ramadan ditetapkan Rabu (10/7/2013).

Hal itu disampaikan Menteri Agama saat memimpin sidang Isbat malam hari ini, Senin (8/7/2013).

"Awal Ramadan 1434 Hijriah bertepatan dengan hari Rabu 9 Juli 2013," ujarnya saat membacakan keputusan seperti yang dilansir beberapa stasiun televisi di Tanah Air.

Sebelum memutuskan hal itu, Menteri Agama mendengarkan masukan dari berbagai kalangan. Majelis Ulama Indonesia (MUI) berpendapat berdasarkan pemantauan di beberapa titik hari ini, Senin (8/7/2013), belum menjadi referensi untuk menetapkan besok Selasa (9/7/20130) sebagai awal Ramadan.

"Hilal 2 derajat tidak ada referensi ini bisa dirukyah. Oleh karena itu, MUI berpandangan informasi hisab ini belum memungkinkan ditetapkan awal Ramadan," ujar Ketua MUI Ma'ruf Amin.

Hisab dan Rukyat adalah perpaduan perhitungan dan obsevasi hilal dan merupakan salah satu cara atau metode untuk penentuan awal bulan.

Pemantauan yang dilakukan Kementerian Agama di beberapa titik hari ini, Senin (8/7/2013), belum melihat adanya tanda-tanda hilal penentuan puasa, sehingga kemungkinan besar awal puasa ditetapkan Rabu 9 Juli 2013.

Kementerian agama memang belum memutuskannya karena baru akan melakukan pertemuan malam ini pukul 19:00 untuk memutuskan hal tersebut.

Namun, hasil pengamatan Tim Badan Hisam Rukyat di Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi pada pukul 15:00 WIB tidak melihat hilal, karena hanya mencatat tinggi hilal pada 0 derajat, 24 menit, 54 detik. Hilal terlihat terbenan pada pukul 17:53:48, seperti dilaporkan Antara.

Di pusat pemantauan hilal di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, Tim Observatorium Bosscha dari ITB Bandung belum berhasil melihat bulan atau hilal.



sumber
0
1.1K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.