Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kemenkeulibAvatar border
TS
kemenkeulib
Membaca Perlambat Penurunan Kekuatan Otak

Ilustrasi


Rutinitas dan keseringan membaca ternyata memiliki pengaruh positif dalam membantu menjaga memori otak bekerja hingga usia tua.

Para peneliti di Rush University Medical Centre, Chicago, Amerika Serikat, menemukan kegiatan yang mempromosikan stimulasi mental seperti membaca buku dan mengerjakan teka-teki silang pada usia berapa pun dapat memperlambat penurunan kekuatan otak. Ini menjadi bukti terbaru bahwa orang yang kerap melatih sel abu-abu mereka dapat terlindung dari penurunan mental.

"Studi kami menunjukkan bahwa melatih otak Anda dengan mengambil bagian dalam kegiatan seperti ini di seumur hidup seseorang, dari masa kanak-kanak sampai usia tua, penting untuk kesehatan otak di usia tua," ungkap Dr Robert Wilson dari Rush University Medical Centre di Chicago, AS.

Penelitian itu melibatkan 294 orang di atas usia 55 yang diberi tes kognitif setiap enam tahun sampai kematian mereka pada usia rata-rata 89. Mereka juga menjawab kuesioner tentang apakah mereka membaca buku, menulis atau berpartisipasi dalam kegiatan lain terkait dengan rangsangan memori masa kanak-kanak, remaja, usia pertengahan dan usia mereka saat itu.

Setelah mereka meninggal, otak mereka diperiksa untuk bukti tanda-tanda fisik dari demensia, seperti lesi. Diungkapkan bahwa orang yang kerap merangsang otak mereka baik pada awal dan akhir hidupnya memiliki tingkat lebih lambat dari penurunan memori dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan kegiatan serupa di seluruh hidup mereka.

Sumber

www.perpustakaan.depkeu.go.id
Diubah oleh kemenkeulib 08-07-2013 09:56
0
1.3K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.