Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AutoBanned.IdAvatar border
TS
AutoBanned.Id
Niat Puasa (alternatif ) -PENTING- Bagi Yang Sering Lupa Niat!

Hati-Mulut-Telinga-Rasa

Menjalankan ibadah dengan tanpa niat ibarat kita kerja disebuah perusahaan besar tanpa prosedur registrasi yang legal. Percuma juga jika seseorang sudah capek kerja seharian tetapi Bos besar tidak menganggap dedikasi dan semangat yang telah kita berikan pada perusahaan itu.

Begitu juga dalam masalah puasa, percuma kita lelah lapar dahaga jika ibadah puasa kita tanpa landasan yang diajarkan sang tauladan ‘Rasulullah’ yang telah bersabda : barang siapa yang tidak menginapkan niat diwaktu malam maka sia-sialah puasanya.

Manusia tidak selamanya sadar dan ingat akan keadaan yang sedang dilakukannya, wajar saja jika dalam satu bulan ada beberapa hari yang lupa tidak menyempatkan diri untuk membaca niat pada waktu malamnya.

Waktu diperbolehkannya niat puasa wajib “Ramadhan” dimulai dari terbenamnya matahari saat magrib tiba sampai lima belas menit menjelang fajar shodiq atau waktu sholat subuh (sebenarnya sampai waktu subuh tiba, dikurangi sedikit buat jaga-jaga [baca :imsak]). Sejatinya para imam masjid dianjurkan untuk melakukan niat puasa bersama makmumnya semenjak sholat magrib selesai, disamping membacakannya bersama-sama setelah sholat tarawih.

Jika orang yang aktiv melakukan shalat tarawih berjamaah saja kadang lupa tidak membaca niat karena ngantuk atau terdiam ketika jammaah membacakan bersama-sama, bagaimana dengan orang yang malas berangkat tarawih karena lelah atau sibuk dengan pekerjaan lain?

Alternatif bagi orang yang mudah lupa atau takut kelupaan adalah dengan membacakan niat yang diucapkan penganut madzhab Maliki, yaitu “Saya niat menjalankan fardhu puasa ramadhan satu bulan penuh karena Allah ta’ala”. Niat ini diucapkan pada malam pertama di bulan Ramadhan tepatnya sore ini sekitar jam 18:00 WIB sampai lima belas menit menjelang waktu subuh tiba.

Niat alternativ ini dimaksud untuk berjaga-jaga jika satu saat nanti kita kelupaan niat dimalam-malam berikutnya otomatis sudah terwakilkan dengan satu niat diatas. Karenanya, setiap malam kita tetap harus membaca niat seperti biasanya: saya niat puasa besok untuk menjalankan fardhu puasa bulan Ramadhan karena Allah ta’ala”

Perbedaan kedua niat
di atas terjadi karena golongan pertama menganggap bahwa puasa bulan Ramadhan adalah satu ibadah yang sama sementara golongan kedua menganggap setiap hari dalam bulan Ramadhan adalah ibadah tersendiri.

= Perbedaaan adalah Rahmat bagi kita emoticon-Kiss
Selamat menjalankan ibadah puasa, ingatkan keluarga kita agar selalu niat puasa saat waktu buka tiba dan ketika sahur. emoticon-Sundul Gan (S)
0
2.9K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.