Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tukangonlenAvatar border
TS
tukangonlen
Harga Bawang Merah Capai Rp 40 Ribu per Kilogram
Harga Bawang Merah Capai Rp 40 Ribu per Kilogram
Harga Bawang Merah Capai Rp 40 Ribu per Kilogram


Harga bawang merah kembali mengalami kenaikan. Penyebabnya musim dan makin sedikit petani yang menanam bawang merah. Berdasarkan pantauan di Pasar Pagi, Kota Cirebon, harga bawang merah saat ini sudah mencapai Rp 40 ribu per kilogram. Sekitar tiga hari lalu, harga bawang merah baru Rp 30 ribu per kilogram.

"Namun, sehari setelahnya, harga bawang merah naik menjadi Rp 35 ribu per kilogram dan sekarang malah sudah mencapai Rp 40 ribu per kilogram," kata Nuning, seorang pedagang di Pasar Pagi, Jumat, 5 Juli 2013.

Adapun Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Cirebon, Ali Efendi, saat dikonfirmasi mengungkapkan, meningkatnya kembali harga bawang merah di pasaran karena banyaknya petani bawang merah yang beralih menanam padi. "Padahal sekarang memang sedang panen bawang merah. Tapi, karena jumlah petani yang menanam bawang merah sedikit, jadi hasil panen pun sedikit," katanya.

Beralihnya petani bawang merah menanam padi disebabkan harga jual gabah saat ini cukup tinggi dan kemarau basah yang terjadi saat ini. "Hujan membuat petani akhirnya memilih untuk menanam padi," katanya.

Selain itu, tingginya harga bibit bawang merah ditambah ongkos produksi yang meningkat akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) membuat petani lebih tertarik menanam padi. Ini berakibat pada berkurangnya area tanaman bawang merah di Kabupaten Cirebon. Biasanya, masa tanam bawang merah di Kabupaten Cirebon dimulai pada April dengan luas area 4.000 hektare.

"Tetapi sekarang terjadi pengurangan area bawang merah hingga 50 persen," katanya. Kemungkinan, lanjut Ali, petani baru akan menanam bawang merah setelah hujan berhenti, yaitu sekitar Agustus mendatang.


SUMBERNYA
0
891
4
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.