for.publicAvatar border
TS
for.public
Indonesia dan animasi ( kebohongan yg semakin menjadi2 )
Postingan ini dibuat untuk memberikan sedikit gambaran tentang animasi di indonesia dan bukan untuk merendahkan para animator yg ada. Seringkali kita melihat postingan2 mengenai betapa hebatnya animator2 indonesia dan betapa banyak karya nya di hollywood. Hampir semua pemberitaan itu sebenarnya sangat menyesatkan. Berikut beberapa penyesatan2 yg terjadi :

1. Animasi Indonesia sudah mampu bersaing dengan Hollywood.

Adakah film indonesia yg benar2 mampu bersaing dengan hollywood ? Saya rasa tidak. Kalau memproduksi karya2 yang meniru2 hollywood sih banyak. Beberapa dari anda mungkin menyangkal bahwa sudah ada orang2 indonesia yg terlibat dalam produksi film2 hollywood.. well..ok...berapa banyak orang indonesia yg terlibat ?

Seringkali saya melihat..postingan "10 orang Indonesia yang menembus Hollywood"...apakah 10 orang indonesia ini mewakili 230 juta lebih penduduk indonesia ? Lebih masuk akal kalau dibilang 10 orang ini kebetulan orang indonesia.

2. Iron man 3, Transformers, Shrek, Tintin, Upin & Ipin adalah hasil karya orang Indonesia.

Postingan seperti ini biasanya menyebabkan artist yang terlibat produksi film2 tersebut menjadi malu. Bagaimana mungkin film2 tersebut diproduksi semata2 oleh orang indonesia ? Malahan artist yang diberitakan terlibat dalam produksi film2 tersebut kebanyakan bukan animator.

3. Hasil karya bangsa indonesia diminati di luar negeri

Nggak terlalu juga sih. Kalaupun iya, lebih dikarenakan di luar sudah kehabisan ide dan akhirnya asal ambil ide2 yg ada di pasar. Animasi di indonesia memiliki kemiripan ide dengan malaysia dimana mereka selalu ingin menunjukkan ciri khas negaranya..yaitu setting kampung yg hampir selalu ada dalam tiap tv series/film..Tidak mengherankan bila orang2 di luar masih menganggap orang2 indonesia/malaysia masih hidup di atas pohon.

4.Upin & Ipin sebenarnya dari Indonesia

Saya rasa sih tidak. Walaupun iya, apakah kalian begitu bangganya dengan hasil / kualitas upin & ipin ? Sangatlah mengherankan patokan yg dipakai animasi di indonesia adalah upin ipin, mengingat betapa rendah nya kualitas animasi upin ipin.

5. "Ternyata TV series A/B/C/D/...diproduksi di Indonesia"

Memang ada beberapa tv series dari luar yg dikerjakan di sini. Namun jika dilihat dari kualitasnya..bisa ditarik kesimpulan bahwa indonesia hanya kebagian project2 kecil dan berkualitas rendah.


Banyaknya postingan2 ngawur ini akhirnya akan melahirkan persepsi yang ngawur juga. Salah satu contoh, beberapa hari yg lalu saya membaca bahwa sebuah sekolah mentargetkan bahwa tahun 2015 indonesia sudah bisa membawa masuk setidak nya 1 film ke hollywood...Bagi saya ini sangatlah tidak realistis.Dibutuhkan paling tidak 2 tahun untuk membuat film animasi..itupun dengan kualitas asal jadi ( yg tidak mungkin diterima di hollywood ). Alasan lainnya adalah tidak adanya kesadaran bahwa belum cukup nya tenaga animator di indonesia. Dibutuhkan ratusan artist yang terbagi2 untuk menjadi animator, concept, etc..etc ( yg notabene di indonesia dianggap semuanya animator ). Bagaimana mungkin indonesia mampu membuat film dengan skala sebesar itu ? Ini juga seperti point 2 di atas...jika 1-2 orang terlibat dalam produksi suatu film seperti iron man / tintin...lantas apakah kemudian bisa dibilang kalo film tersebut adalah hasil karya orang indonesia ? 1-2 orang indonesia diantara ratusan artist2 dari negara lain ?


Demikian sedikit penjelasan dari saya. Sekali lagi postingan ini dibuat untuk meluruskan kesalahpahaman yg terjadi berulang kali dan jika terus dibiarkan akan merugikan masyarakat.
0
9.7K
122
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.